Social Icons

Pages

Friday, August 31, 2007

Kelainan Letak Ari-Ari Pada Bayi


Kelainan letak ari-ari atau yang lebih sering disebut plasenta previa ini harus diwaspadai sejak dini dan ditangani sebaik mungkin. Karena akibat dari kelainan ini tidak hanya membuat sang ibu menderita kesakitan, tapi juga bisa menyebabkan kematian termasuk bayi yang dilahirkan.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr. F.X. Eric Soeroso, Sp.OG mengungkap kelainan letak plasenta (ari-ari) atau sering disebut plasenta previa ini merupakan suatu keadaan dimana plasenta atau ari-ari terletak di jalan lahir. Sehingga bayi tidak bisa lahir lewat jalur bawah atau normal. "Untuk kasus ini bayi harus dikeluarkan melalui operasi sesar," katanya.

Dokter Eric mengatakan, akibat dari kelainan letak ari-ari ini cukup fatal. Tidak hanya menyebabkan kesakitan dan kematian pada sang ibu, tapi juga menyebabkan kematian pada bayi akan dilahirkan. "Plasenta previa ini salah satu penyumbang terbesar terjadinya morbilitas atau kesakitan dan kematian pada ibu dan bayi," jelasnya.

Disebutkannya, penyebab plasenta previa secara pasti sulit ditentukan. Tapi ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terjadinya plasenta previa, misalnya bekas operasi rahim (bekas sesar atau operasi mioma), sering mengalami infeksi rahim (radang panggul), kehamilan ganda atau kembar, dulunya pernah plasenta previa, atau kelainan bawaan rahim. "Biasanya diagnosa plasenta previa ini baru bisa diketahui atau ditentukan setelah usia kehamilan 28 minggu," ulasnya.

Mengenai gejala klinis dari plasenta previa ini, Dokter Eric mengatakan agak sulit untuk diketahui sedini mungkin. Tapi biasanya ditandai dengan terjadinya pendarahan di rahim. Bisa juga dilihat dari bagian bawah janin yang tidak masuk pintu atas pinggul. "Selain itu mungkin juga karena kelainan letak bayi, misalnya bayinya sungsang," tambahnya.

Untuk pencegahan kelainan ari-ari atau plasenta previa ini, tergantung pada jenis kelainan yang dialamin. Kalau masih tergolong plasenta marginalis atau letak rendah, bayi masih mungkin dilahirkan secara normal atau jalur bawah. "Tapi kalau sudah plasenta previa, bayi harus dilahir lewat operasi sesar," tukasnya.

Thursday, August 30, 2007

Kulit Kaki Kering dan Pecah-pecah


Sering mengalami kulit kaki kering dan pecah-pecah? Tentunya hal ini tidak membuat Anda merasa percaya diri menggunakan sepatu terbuka. Padahal, trend sepatu saat ini model terbuka. Namun, mau bagaimana lagi kalau kulit kaki kering dan pecah-pecah. Karena persoalan ini kerap sekali terjadi, tidak hanya pada kaum wanita tetapi juga kaum pria.

Sebenarnya, perawatan kaki tidaklah sulit, hanya saja mesti dilakukan secara rutin. Untuk perawatan kaki kering, Meike, Beauty Consultan menuturkan, gunakan foot lotion yang mengandung emollient atau aloe vera setiap malam.

''Selain menggunakan lotion, coba untuk memijat kaki setelah mengoleskannya, agar peredaran darah bisa lancar,'' tuturnya. Ia melanjutkan, untuk menghaluskan tumit pecah-pecah, gosoklah pada bagian yang pecah dengan alat penghalus telapak kaki.

Biasanya alat penghalus telapak kaki ini berbentuk batu apung atau penghalus kaki khusus yang dijual di toko kecantikan, ketika Anda mandi. Alat ini akan mengelupaskan kulit-kulit kering pada tumit. Setelah itu lanjutkan dengan mengoleskan foot lotion yang mengandung pelembab atau baby oil. Lalu kenakan kaus kaki lembut ketika Anda berangkat tidur. ''Penyebab kulit kaki maupun tumit kering dan pecah-pecah, bisa dikarenakan kelembaban yang tinggi dan kita jarang menggunakan sandal. Sehingga telapak kaki jadi bersentuhan dengan lantai. Bisa menyebabkan kulit kaki pecah-pecah,'' ungkapnya.

Selain itu, juga ada beberapa orang yang kakinya mudah berkeringat, Ia menjelaskan, bagi yang kakinya mudah berkeringat, dikarenakan memakai flat shoes, sehingga tak jarang membuat kaki menjadi mudah berkeringat dan menimbulkan bau yang tak sedap.

''Sebaiknya gunakan sepatu model terbuka, jangan sering memakai sepatu model tertutup,'' terangnya. Ia melanjutkan, pemakaian sepatu atau alas kaki yang menyempit di bagian depan, atau sepatu berhak tinggi yang membuat tekanan di telapak kaki tidak merata akan menimbulkan penebalan pada kulit yang lazim disebut kapalan.

Penyebab penebalan kulit lainnya dikarenakan gangguan dari tulang metatarsal, ketidaknormalan cara berjalan serta obesitas atau kegemukan. Terkadang, kaki merupakan bagian yang sering diabaikan, karena terletak di bawah dan nyaris dalam kondisi selalu tertutup. Padahal kulit juga perlu dirawat agar senantiasa terlihat indah. Sayangnya kita baru mulai sadar merawat bagian bawah tubuh ini setelah muncul keluhan yang dirasa mengganggu.

"Kaki mempunyai tugas yang berat, dimana sebagian bagian tubuh yang menyangga seluruh badan. Sebaiknya mulailah merawat mata kaki ke bawah. Karena pada bagian ini yang harus diperhatikan. Sebab wilayah itu yang sering bersinggungan dengan alas kaki yang digunakan sehari-hari," ujarnya.

Akibat sering terjadi gesekan antara kulit kaki dengan alas sandal atau sepatu yang digunakan, menyebabkan kapalan (callus). ''Selalu rawat kaki menggunakan krim atau lotion perawatan kaki, terutama sehabis mandi untuk memberikan kelembaban,'' pungkasnya.

Belanja di Ramayana Dapat Tiket Zone 2000


Zone 2000 merupakan tempat permainan anak, yang bisa ditemukan di Ramayana dan Robinson yang terletak di Lantai II. Di bulan September ini, Zone 2000 bekerjasama dengan Ramayana dan Robinson memberikan tiket bagi konsumen yang berbelanja di Ramayana dan Robinson. ''Di bulan Septemer, Zone 2000 bekerjasama dengan Ramayana dan Roinson untuk memberikan 40 tiket zone yang bisa ditukarkan suvernir yang ada di Zone 2000,'' papar Herman Agus, Supervisor Regional Wilayah Batam dan Tanjungpinang.

Cara mendapatkan tiket Zone 2000 ini, Herman menerangkan, konsumen berbelanja di Ramayana dan Robinson dengan jumlah pembelian, untuk fashion Rp200 ribu ataupun di swalayannya Rp100 ribu.

Dimana tiket yang diberikan ini bisa ditukarkan langsung suvernir yang ada di Zone 2000 ataupun di kumpulkan terlebih dahulu. Suvernir di Zone 2000 ini termasuk banyak pilihannya. Untuk nilai 40 tiket, konsumen bisa menukaran untuk perlengkapan alat tulis, atau aksesoris, maupun makanan. ''Jumlah tiket 2 saja, bisa ditukarkan disini. Karena minimal jumlah tiket untuk ditukarkan suvernir dua buah tiket,'' terangnya.

Selain bekerjasama dengan Ramayana dan Robinson, Zone 2000 juga menghadirkan permainan baru. Dimana permainan ini merupakan permainan untuk menghibur keluarga.
Disini ada permainan baru, seperti permainan drum, tembak-tembakan dan masih ada beberapa permainan lainnya," terangnya. Ia melanjutkan, permainan yang ada di Zone 2000 diperuntukan bagi anak-anak yang berusia tiga tahun hingga dewasa.

Disana tersedia permainan-permainan yang membutuhkan ketangkasan dan juga hiburan, misalnya saja kereta api yang cocok untuk katagori anak berusia 3 tahun hingga 12 tahun. ''Zone 2000 akan menghadirkan permainan mandi bola yang lebih luas, dengan ukuran 74 x 5,'' ujarnya.

Apalagi harga tiket di Zone 2000 ini lebih murah dibanding tempat lain. Karena permainan yang ada di Zone 2000 bisa dinikmati dengan membeli koin seharga Rp1.000. ''Harga koin disini murah, dan permainannya pun selalu baru. Biar konsumen tidak bosan bermain,'' ungkapnya.

Tidak hanya itu, di Zone 2000 juga ada program 'family day' setiap bulan sekali. Dimana, bagi anak yang berulang tahun bisa merayakan ulang tahunnya di Zone 2000. Syaratnya sangat mudah dan hanya diperuntukan untuk playgroup dan TK. "Persyaratannya sangat mudah untuk mengikuti 'family day'. Tinggal daftarkan langsung ke Zone 2000 dengan maksimal 30 anak," pungkasnya.

Acara 'family day' ini tidak dipungut biaya dan masing-masing anak akan mendapatkan snack yang disediakan Zone 2000. Selain itu, Zone 2000 akan menyediakan tempat, serta akan membuat permainan khusus bagi anak-anak yang datang dalam program 'family day', dimana permainan tersebut akan menghibur.

Pakai Aksesoris, Penampilan Jadi Beda

Tidak heran, bila wanita sangat menyukai benda yang bernama aksesoris, yang terdiri dari kalung, gelang, bros dan anting. Apalagi hampir semua wanita menggenakan benda satu ini. Untuk menambah penampilan agar terlihat lebih menarik dan berbeda.

Sehingga tidak heran, bila benda yang bernama aksesoris ini menjadi salah satu benda koleksi para wanita selain tas dan busana. Bentuk dan modelnya yang berbeda-beda dan bisa dikenakan kapan saja, sesuai dengan aktifitas yang dilakukan.

''Saya sangat senang mengumpulkan aksesoris bros dan kalung, tidak perlu mahal, yang penting indah kalau dikenakan," ujar Eka, pegawai swasta. Masih kata wanita asal Surabay itu, dengan menggunakan aksesoris bisa membuat penampilan jadi berbeda.

Apalagi tempat kerja-nya. Semua pegawai menggenakan seragam. Sehingga, untuk terlihat berbeda. Namun, tetap terlihat menarik. Dirinya cukup menyematkan sebuah bros pada busana kerjanya. Dengan begitu, penampilannya jadi berbeda dengan kawan-kawan sekantornya. Hal senada juga diungkapkan Dewi, SPG di salah satu mall di Jodoh, menggunakan aksesoris bisa membuat penampilan jadi lebih menarik dan menyenangkan.

''Di rumah, saya mempunyai beberapa aksesoris, tidak banyak. Namun, bisa dipakai bergantian tergantung kegiatan yang akan dilakukan," tuturnya. Lanjutnya, saya lebih senang mengkoleksi kalung dan anting-anting. Karena, lebih simple dan menarik untuk dikenakan.

Tentunya, setiap wanita berbeda kebutuhannya terhadap aksesoris. Namun, hampir tidak bisa dipungkiri. Bahwa aksesoris merupakan salah satu kebutuhan yang dicari para kaum hawa. Baik remaja maupun dewasa. Benda satu ini, menjadi salah satu kebutuhan untuk menunjang busana maupun penampilan.

"Saya membeli aksesoris kalung dan anting-anting, tidak harus yang terbuat dari emas. Kalung dan anting-anting yang terbuat dari manik-manik dan juga stenlis juga sama bagusnya," ujar wanita berambut panjang itu. Masih katanya, asalkan bisa menyesuaikan kegiatan yang sedang dilakukan, aksesoris seperti kalung dan anting-anting bisa nampak elegan dan modis bila dikenakan.

Sebab, para wanita yang sangat memperhatikan penampilan, selalu ingin berusaha tampil se-modis dan se-trendi mungkin. Sehingga, alternatif penunjang fashion adalah aksesoris. Jadi, tidak perlu heran, secuek apapun wanita terhadap penampilannya. Pasti, di rumahnya tersimpan berbagai macam aksesoris yang bisa dikenakan, kapan saja sesuai kebutuhan.

Selain itu, model dan bentuk aksesoris tidak ada matinya dari tahun ke tahun. Sehingga, tidak heran bila aksesoris seperti kalung, gelang dan anting menjadi salah satu benda koleksi para wanita.

Wednesday, August 29, 2007

PlayStation Portable Sony Terbaru


Perkembangan teknologi tidak hanya diperuntukan untuk produk rumah tangga maupun urusan kantor. Tetapi juga permainan untuk anak-anak maupun remaja. Seperti keluaran produk terbaru dari Soni yaitu PlayStation Portable yang biasa disebut PSP. ''PSP Soni tidak hanya bisa digunakan untuk bermain game, tetapi juga dilengkapi dengan MP3 dan juga kamera,'' papar Amir, karyawan Canon Elektronik.

Kamera yang terdapat pada PSP tidak dijual bersamaan, melainkan terpisah. Kamera PSP ini kapasitasnya 1.3 megapixel. Sehingga gambar yang dihasilkan sangat jernih. Selain itu kameranya juga bisa diputar-putar. ''Hasil jepretan gambarnya sangat jernih dan mudah digunakan,'' tuturnya.

Selain itu, PSP ini tidak hanya bisa digunakan bermain game sendiri. Tetapi juga bisa dimainkan secara online. Karena dilengkapi dengan internet. Namun, internetnya harus yang Wi-Fi atau wirless (tanpa kabel). Karena menggunakan internet di PSP ini tidak susah. Sebab begitu ada jaringan, maka PSP ini akan langsung terhubung dengan jaringan internet.

Disamping itu, musik yang dikeluarkan PSP dari Soni sangat nyaring dan enak di dengar. Karena PSP ini dilengkapi dengan speaker luar. Jadi tidak membutuhkan head set. Namun, PSP keluaran terbaru dari Soni ini tidak dilengkapi dengan internal memori. ''PSP ini tidak dilengkapi dengan internal memori. Pengguna harus membeli eksternal memori. Ekternal memori PSP ini menggunakan memori stick berkapasitas 4 GB sehingga penggunanya dapat menyimpan sekitar dua setengah jam video atau 40.000 buah foto,'' terangnya.

Ia melanjutkan, Untuk program PSP Go!Cam ini juga dibundel dengan Go!Edit, sebuah paket software editing yang memungkinkan penggunanya menyimpan dan mengedit foto, video dan klip audio melalui PSP, serta menambahkan efek suara dan grafis. Go!Edit juga memungkinkan penggunanya meng-upload hasil kreasi mereka ke internet langsung dari PSP.

Tidak hanya itu, kelebihan PSP ini layarnya lebih lebar, dengan ukuran 4,5 inch. Sehingga pengguna bisa bermain game atau menonton film dengan nyaman. Apalagi PSP ini sangat ringan untuk dibawa-bawa. Serta pilihan warnanya yang banyak. ''PSP ini pilihan warnanya lebih banyak, putih, silver, hitam, pink dan biru. Selain pilihan warna, aksesorinya juga yang paling lengkap dibanding yang lain,'' ungkapnya.

Harga PSP ini dipatok Rp2,5 juta. Dengan harga Rp2,5 juta Anda sudah mendapatkan satu buah PSP, Memori stik 2 GB, VMD, 10 permainan dan head set. ''Bila ingin beli PSP-nya saja juga bisa, harganya Rp2.050.000,'' tukasnya.

Marbella Residence, Fasum Dekat Cluster


PT Putra Karyasindo Prakarsa (PKP) kembali menghadirkan perumahan terbaru yang berlokasi di Batamcentre. Perumahan ini baru di launching tiga bulan lalu dan diberi nama Marbella Residence. Developer perumahan ini tetap memilih perumahan dengan desain minimalis moderen. ''Perumahan Marbella Residence ini terdapat tiga pilihan rumah, tipe 38, 50 dan 62. Untuk tipe 38 dan 50, jumlah kamar tidurnya ada dua kamar, sedangkan tipe 62 kamar tidurnya ada tiga,'' papar Parmo, Marketing Marbella Residence.

Keistimewaan perumahan ini, Parmo menuturkan, terdapat pada fasilitas umum (Fasum) yang berada di depan pintu gerbang perumahan Marbella Residence. Biasanya untuk fasilitas umum suatu perumahan terletak di tengah-tengah ataupun dibelakang perumahan. Berbeda dengan Marbella Residence, devolopernya memilih lokasi fasumnya berada di depan pintu gerbang keluar masuknya hunian.

''Begitu hunian Marbella Residence masuk, langsung bisa datang ke club house. Karena lokasi club house dekat dengan pintu gerbang,'' ujarnya. Ia melanjutkan, luas ukuran fasum di Marebella Residence ini 29 x 92 meter, yang terdiri dari kolam renang, arena tempat bermain dan juga club house untuk hunian.

Tidak hanya itu saja, karena di Marebella Residence juga menyediakan fasilitas umum yang tidak dibangun apa-apa. Dimana fasum satu ini bisa digunakan hunian untuk melakukan acara di fasum satu ini. Misalnya, BBQ maupun olahraga. Lokasi fasum ini terletak di bagian belakang perumahan.

Jumlah bangunan perumahan untuk seluruh tipe di perumahan Marbella Residence berjumlah 432 unit. Yang terbagi dalam beberapa kali tahap pembangunan. Untuk tahap pertama, jumlah rumah yang terjual hingga saat ini sudah mencapai 20 persen. Apalagi lokasi perumahan ini dekat dengan jalan raya dan menggunakan sistem gerbang satu pintu atau cluster. ''Perumahan ini lantainya menggunakan bahan dari keramik, dan plafondnya terbuat dari Gypsum dan pada saat selesai pengerjaannya di cat,'' terangnya.

Sedangkan untuk atap menggunakan metal roof atau spandek dan perumahan ini sudah tersedia listrik PLN genset sebesar 6 amper dan setiap titik lampu hanya menggunakan fiting (tanpa bola lampu). Dan juga supply air dari ATB atau pengembang. Selain itu, lokasi perumahan ini memudahkan akses hunian untuk melakukan aktifitas. Lingkungan lokasi perumahan ini sudah terbentuk karena lokasi perumahan ini dekat dengan SMA 3.

Tuesday, August 28, 2007

It's Shopping Time


Jangan Lupa Buat Daftar Belanja

Siapa coba yang tidak senang belanja di mall maupun di swalayan. Tentunya, tidak ada seorang pun yang tidak senang belanja ya. Karena, bagi sebagian wanita belanja itu ibaratkan bersenang-senang. Namun, bukan berarti wanita yang senang belanja itu identik dengan wanita pemboros lho. Karena, untuk memenuhi kebutuhan dapur maupun pribadi, baik wanita maupun pria pasti harus menyempatkan diri untuk berbelanja di mall ataupun swalayan terdekat.

Waktu yang tepat untuk shopping time adalah disaat baru menerima gaji. Kenapa? Karena, ini merupakan momen yang paling pas untuk mengisi kulkas dan memenuhi kebutuhan lainnya, yang sangat diperlukan. "Saya paling senang kalau belanja di mall, karena sebelum belanja saya biasanya window shopping dulu, sama anak-anak," ujar Ima, wiraswasta.

Menurut Ima, window shopping merupakan salah satu hiburan yang murah dan meriah. Melihat barang-barang, seperti baju, sepatu dan sebagainya merupakan hiburan tersendiri bagi kaum wanita.
Acara cuci mata ini tentu saja memiliki syarat, yaitu tidak gampang lapar mata, melihat barang langsung ingin dibeli. Untuk mengantisipasi lapar mata ini, ada baiknya, sebelum pergi ke mall atau pusat belanja, Anda harus membuat daftar belanja terlebih dahulu.

"Awalnya memang ribet banget. Tetapi, dengan membuat list belanja apa saja yang dibutuhkan, ternyata memudahkan saya untuk mengisi keperluan rumah," ungkapnya.
Diakui wanita penyuka film drama itu, sebelum membuat perencaan, dirinya sering membeli barang yang masih tersedia di rumah. Biasanya, di rumahnya selalu tersedia stok pasta gigi, sabun mandi, sabun cuci baju.

"Bila ada kelebihan biaya belanja, hal ini biasanya karena saya suka membeli camilan yang memang tidak dianggarkan sebelumnya. Namun jumlah itu pun tak banyak,''ujarnya.

Begitu juga dengan, Alisa (22) karyawan PT di Bengkong, membuat daftar belanja, memudahkan dirinya untuk mengatur keuangannya. "Membuat perencaan belanja itu menyenangkan, biasanya saya selalu melebihkan harga per items," ujarnya sambil tersenyum. Lanjut, wanita berkacamata itu, misalnya, harga sampho Rp15 ribu, maka ia akan membuatnya menjadi Rp18 ribu. Hal ini dilakukan, agar bila sewaktu-waktu harga barang naik atau tidak sesuai perencaan, ia tidak kaget lagi.

Disamping membuat daftar belanja, biasanya wanita berkulit sawo matang itu, tidak pernah membawa ATM atau pun jumlah uang yang banyak. Dengan begitu, keinginan untuk membeli barang yang belum dibutuhkan bisa diminimalis. Karena, uang yang dibawa pas-pasan. Selain itu juga, barang yang dibeli juga merupakan barang yang stok di rumah sudah habis.

Sekali-kali, membeli barang yang diinginkan dan diluar perencanaan tentu saja tidak salah. Karena, Anda telah berhasil menahan diri untuk membeli barang yang 'tidak terlalu penting' saat ini. Asal jangan keterusan aja, pastinya.

Wajah Berjerawat dan Pori-pori Terbuka


Jangan Cuci Muka Pakai Air Panas

Terkadang memang menyebalkan kalau kulit wajah berjerawat. Apalagi jerawat yang timbul tidak mau hilang-hilang dari wajah dan sering membuat perasaan jadi kurang nyaman dan kurang percaya diri. Memiliki wajah berminyak, pastinya membuat kulit wajah gampang terkena jerawat.

"Wajah berminyak banyak faktornya, bisa saja terjadi karena hormon dan karena makanan yang banyak mengandung minyak, sehingga membuat wajah jadi lebih berminyak," papar Meike, Beauty Consultan Star Beauty and Nail Mega Mall, beberapa waktu lalu.
Masih katanya, karena banyak berminyak sehingga pori-pori wajah terbuka dan bisa menyebabkan terjadinya jerawat.

Nah, bila jerawat sudah terlihat pada wajah. Tidak usah buru-buru panik bagi anak remaja. Karena jerawat terkadang memang datang pada saat hormon sedang meningkat. Hal-hal pertama dan umum yang harus dilakukan usai beraktifitas, mencuci wajah atau membersihkan wajah dengan air dan sabun.

Memang terdengarnya sangat sederhana, namun kalau tidak melakukannya langsung, bisa membuat debu yang menempel akibat beraktifitas bisa berubah menjadi jerawat. Karena wajah kotor terkena debu dan keringat.

"Gunakan produk pembersih muka yang sesuai dengan jenis kulit dan jangan suka gonta-ganti produk kecantikan," terangnya. Masih katanya, bagi yang pori-pori yang terbuka jangan suka menggunakan air panas pada saat membasuh muka, karena membuat pori-pori akan semakin terbuka lebar.

Gunakan air dingin pada saat membasuh muka, merupakan pilihan yang tepat. Sebab air dingin akan membuat pori-pori wajah tertutup. Kemudian, gunakanlah masker untuk membuat wajah lebih bersih, serta untuk menghilangkan jerawat. "Masker tradisonal bisa dibuat sendiri, gunakan bahan dari youngert tanpa rasa dan madu asli sebagai bahan untuk masker," ujarnya.

Ambil youngert satu sendok makan dan madu satu sendok teh, lalu dicampur. Sebelum menggunakan masker ini, lebih baik wajah dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan toner yang khusus untuk menutup pori-pori wajah. ''Lebih baik bagi wajah berjerawat dan pori-pori terbuka dengan memilih toner dan pelembab yang mengandung bahan dasar dari air," pungkasnya.

J.CO Donuts and Coffee


Sekarang ini, Batam dijadikan tempat yang pas untuk berbisnis, terbukti dengan banyaknya toko kue yang ada di Batam. Meskipun baru berdiri dua minggu di Batam, J.CO Donuts and Coffee, telah mendapatkan tempat di masyarakat Batam.

''Konsep J.CO ini semi cafe, pembeli bisa menikmati donat disini. Tempatnya di cat dengan warna orange kecoklatan,'' ujar Reza, PR Manager melalui Erwin, Asisten Managar J.CO. Masih kata pria bertubuh tinggi itu, ada 22 jenis donat di JCO dengan beberapa macam pilihan rasa dan dua pilihan bentuk glazzy dan assorted.

Tentunya bagi pengemar donat, J.CO bisa menjadi salah satu pilihan alternatif. Selain mendapatkan lokasi yang nyaman disudut. Harganya pun relatif murah dan bervariasi. Tergantung pada pilihan Anda. ''Harga donat untuk glazzy Rp5.000 sedangkan assosted Rp5.5500,'' terangnya.

Lanjutnya, yang paling banyak dipilih masyarakat Batam dan Jakarta, donat dengan bentuk glazzy. Konsep J.CO pun tidak jauh dengan konsep-konsep toko roti yang ada di Batam. Yaitu, dengan open kitchen. Sehingga, customer atau pelanggan, bisa megetahui langsung cara pembuatan donat. Selain itu sampai akhir tahun, setiap pembelian donat. Anda akan mendapatkan satu donat gratis, dengan syarat membawa kupon donat, yang dibagi-bagikan pegawai J.CO di dekat counter J.CO.

Monday, August 27, 2007

Cabut Gigi Tak Bikin Buta


Kesadaran masyarakat untuk menjaga dan merawat kesehatan di sekitar mulut dan gigi sangat rendah. Hal ini terbukti dengan lebih seringnya seseorang datang ke dokter saat kondisi gigi sudah parah, harus ditambal atau dicabut. Parahnya lagi, mereka malah takut giginya dicabut, karena khawatir akan mengalami kebutaan pada mata, karena terinfeksi ketika pencabutan dilakukan.

Mitos yang berkembang ini telah tertanam dibenak masyarakat, yang ujung-ujungnya tentu saja kesehatan di sekitar mulut ini terabaikan. Padahal jika mengalami sakit gigi terus menerus justru akan berakibat pada kesehatan lainnya, terutama jantung.

''Tidak ada hubungannya mencabut gigi saat sedang sakit dengan kebutaan,'' kata Drg Darmayani Siregar, dokter spesialis gigi Klinik Griya Medika. Menurutnya antara urat syaraf mata dengan gigi itu tidak sama. Jadi pendapat mencabut gigi saat sakit itu cuma mitos.

Ia juga memaparkan, saat gigi meradang, hampir seluruh anggota tubuh terasa sakit. Terutama sekali pada bagian mata, kepala dan telinga. ''Kalau gigi kita sakit pasti kepalanya juga ikutan sakit. Kadang telinga dan anggota tubuh yang lain juga ikutan nyeri. Hal itu disebabkan, syaraf-syaraf yang ada dalam tubuh kita saling berhubungan. Dan hal itu terjadi tidak hanya ketika sakit gigi saja,'' paparnya.

Mencabut gigi saat sedang sakit sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan, kata Darmayani, hanya saja harus melihat kondisi gigi terlebih dahulu. ''Kalau infeksinya sudah sangat parah hingga mengeluarkan darah dan nanah, jelas tidak mungkin dicabut. Karena darah dan nanah itu telah menghambat urat syaraf dan peredaran darah.

Sehingga saat dibius pun akan tetap menimbulkan rasa sakit. Karena alasan inilah, ketika gigi sakit atau bengkak itu para dokter tidak mau mencabutnya,'' jelasnya panjang lebar.

Kalaupun akan dicabut, lanjutnya, selama dua atau tiga hari harus meminum antibiotik dulu. ''Agar kuman disekitar gigi dan gusi yang bengkak itu bisa dimatikan,'' tukasnya.

Hindari Osteoporosis Dini


OSTEOPOROSIS atau keropos tulang merupakan penyakit kronik yang ditandai dengan rendahnya massa tulang. Antara pembentukan dan penghancuran tulang tidak seimbang, sehingga menjadi rapuh, mudah retak bahkan patah. Dan osteoporosis ini bisa mulai terjadi sejak usia muda, yakni 30 tahun.

Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik, dr. Fisher Iwan, SpRM, mengatakan semua orang berpotensi untuk terkena osteoporosis atau tulang keropos. "Pada usia 30 tahun saja, gejalanya sudah mulai tampak. Di usia ini pembentukan dan penghancuran tulang telah mulai tidak seimbang. Sehingga terjadi osteoporosis dini," katanya.

Dokter yang akrab disapa Fisher ini menyebutkan, osteoporosis ini bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan. "Kalau diusia muda (30 tahun ini red,) pria dan wanita sama-sama berpotensi untuk terkena koropos tulang. Tapi saat memasuki usia 40 tahun ke atas, osteoporosis itu lebih banyak diderita oleh kaum wanita," terangnya.

Alasannya sebut dokter yang praktek di Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam ini, karena faktor hormonal. Dimana produksi hormon estrogen atau zat pembentukan tulang mulai menurun. "Karena melahirkan, hormon estrogen bisa berkurang. Mengakibatkan kehilangan atau berkurangnya bahan-bahan atau massa tulang, sehingga terjadi osteoporosis," jelasnya.

Ia juga mengatakan, osteoporosis ini apalagi pada usia muda agak sulit di deteksi. Karena tanda-tandanya tidak terlalu kelihatan. " Penyakit ini hampir tidak menimbulkan gejala yang jelas. Seringkali, osteoporosis justru diketahui ketika sudah parah. Misalnya, seseorang terpeleset ringan, tetapi tulangnya patah di bagian lengan atau pinggang," paparnya.

Tapi kilahnya, yang paling sering dirasakan oleh penderita osteoporosis adalah rasa nyeri dibagian pinggung. Terus sering juga terjadi patah-patah kecil pada tulang. "Terkadang juga disertai nyeri pada pangkal paha. Serta perubahan bentuk tulang, misalnya bungkuk karena kerangka tulang memendek atau bengkok," terangnya.

Wajah Berjerawat, Gunakan Kadar Pemutih Rendah


Sebel dengan urusan jerawat, ingin wajah putih. Meskipun wajah berjerawat tetap saja menggunakan pemutih wajah. Dengan moto, biar saja berjerawat asal putih. Itu hal yag salah. Tunggu dulu, sebelum menggunakan obat pemutih, wajah berjerawat harus diobati. Biar tidak iritasi.

Meike, Beauty Consultan Star Beauty and Nail menuturkan, sebelum menggunakan pemutih jerawat, harus mengobati jerawat yang timbul pada wajah. Biar tidak iritasi. "Apalagi mengonta-ganti obat jerawat atau produk pembersih wajah. Sangat tidak dianjurkan, karena wajah jadi kebal dengan berbagai macam produk. Selain itu, pilihlah produk yang mengandung bahan dasar air," ungkapnya.

Memang tidak ada salahnya, mempunyai keinginan wajah tampak putih, bersih dan segar. Namun, semuanya itu tidak bisa dilakukan dalam satu tahapan sekaligus. Menggunakan pemutih wajah pun, tidak bisa asal sembarangan. Karena bisa menyebabkan kulit wajah jadi lebih sensitif. Meike mengungkapkan, kebanyakan customer memang ingin putih dengan jalan cepat. Namun, itu tidak baik pada wajah.

Karena itu, ia selalu memberikan pengertian dan penjelasan kepada customer. Kebanyakan customer yang bermasalah pada jerawat, begitu facial lebih memilih facial whitening atau pemutih wajah. Ini yang salah kaprah. Seharusnya, memilih facial untuk perawatan wajah berjerawat. Setelah jerawat kering, baru bisa menggunakan whitening.

Produk whitening pun tidak bisa asal pakai. Karena harus disesuaikan dengan kadarnya. "Produk pemutih ada beberapa pilihan kadar pemutih, rendah, sedang dan tinggi. Jadi sebelum memilih produk pemutih, harus dilihat dulu kadar pemutihnya," jelas wanita berkulit putih itu. Masih katanya, pada saat proses penyembuhaan jerawat atau jerawat sudah mulai kering. Baru boleh menggunakan cream pemutih wajah dengan kadar yang rendah.

Karena di wajah masih ada jerawat dan sedang dalam tahap penyembuhaan. Sehingga tidak boleh langsung menggunakan cream pemutih dengan kadar tinggi. Begitu, wajah sudah terbiasa menggunakan pemutih. Baru, tingkatkan ke kadar sedang. Setelah itu ke kadar yang tinggi.

Biar bagaimana pun juga, pemutih itu mengupas kulit wajah agar terlihat lebih putih. Dengan cara yang bertahap, tidak akan membuat kulit jadi iritasi atau merah-merah begitu terkena sinar matahari. "Kalau mau cantik harus bertahap, karena tidak ada yang bisa dilakukan secara instan. Kalau pun ada, hasilnya jadi tidak maksimal," pungkasnya.

Sunday, August 26, 2007

Soul Garden, Makanan Khas Korea


Cukup Bayar Sekali, Makan Sepuasnya

Bagi pengemar masakan Korea, kini tidak perlu repot mencari menu masakan khas Korea. Karena di Soul Garden, yang terletak di BCS Mall menyediakan aneka masakan Korea. Apalagi khusus untuk menu daging, Soul Garden mendatangkan daging langsung dari luar atau daging ekspor. Sehingga tidak mengubah cita rasa makanan daging di Soul Garden.

''Soul Garden ini merupakan konsep restoran buffe, dimana pengunjung restoran cukup bayar sekali untuk bisa makan sepuasnya,'' tutur Hendrik, Manager Soul Garden. Ia menjelaskan, menu masakan yang disediakan sebagian masih mentah dan ada yang sudah bisa langsung dimakan.

Sebagaian masakan disana masih mentah, sehingga konsumen bisa memasak sendiri sesuai dengan selera. Tidak perlu kuatir, karena makanan seperti daging, ayam, sayuran dan sebagainya sudah dibumbui. Tinggal konsumen sendiri ingin diolah seperti apa makan yang dipilih tersebut. Misalnya saja direbus (steamboat) atau di panggang (barbeque). ''Kami sudah menyediakan alat untuk memasak makanan yang dipilih,'' ujarnya.

Alat memasak yang berupa kompor gas, yang sudah menyatu di tengah meja ini didesain khusus dari luar negeri. Sehingga memudahkan konsumen untuk memasak dan menyantap hidangan, sesuai dengan selera sendiri.

''Konsumen cukup membayar Rp54.500 untuk week day dan Rp62.500 untuk weekday dinner. Untuk weekend, konsumen hanya perlu membayar Rp62.500 pada jam makan siang. Sedangkan makan malam Rp69.900 per orang,'' papar Hendrik. Ia menambahkan, harga tersebut masih belum termasuk pajak dan servis.

Namun dengan harga Rp54.500 pada hari biasa dan makan malam Rp62.500, maupun harga yang sudah ditetapkan pada akhir pekan, Anda sudah bisa menikmati aneka makanan yang disajikan dalam bentuk buffe. Dimana tiap hari menu yang disajikan, tidak pernah ketinggalan daging segar, ayam. Selain itu juga ada aneka seafood, sedangkan untuk sayuran. Ada berbagai macam, seperti lalapan, jamur, dan sup. Dan juga buah-buahan segar.

''Menu sayuran dan seafoodnya tiap hari berbeda, dan satu lagi khusus untuk bakso kami buat sendiri. Dan semua makanan disini tidak mengandung bahan pengawet, semuanya fresh dan sehat,'' ujarnya.

Sedangkan untuk minuman, pengunjung cukup membayar Rp7.500++. Dengan harga segitu, konsumen bisa minum sepuas-puasnya. Minuman yang disajikan antara lain, aneka soft drink, apple tea, orange juice dan aneka rasa ice cream. ''Kami juga menyediakan ruangan VIP, minimal untuk enam orang. Untuk memakai ruangan VIP tidak dipungut biaya tambahan,'' tukasnya.

Soul Garden banyak dikunjungi konsumen penggemar makanan Korea. Tidak hanya warga Batam saja, tetapi juga turis manca negera. Selain harganya terjangkau, juga mutu dan kualitasnya tidak kalah dengan restoran yang berada di hotel bintang empat.

Rumah Bellavista Residence, Bergaya Mexico


Perumahan Bellavista Residence menawarkan konsep hunian rumah bergaya latin, ala Mexico. Dimana perumahan ini menawarkan hunian dengan kenyamanan tempat tinggal, karena menggunakan sistem cluster atau gerbang satu pintu. Dan juga panorama indah dan berkelas.

Perumahan Bellavista Residence ini menyediakan dua pilihan rumah yaitu tipe 97 dan tipe 127. Dimana masing-masing tipe disediakan tiga varian atau tiga pilihan warna. Dan dibangun dengan konsep dua tingkat. Perbedaan tipe rumah Bellavista ini terdapat pada luas kavling dan jumlah kamar.

Untuk tipe 97, Liva Chua, Marketing Perumahan Bellavista Residence menuturkan, perumahan ini dibangun diatas kavling 6 x 18, dengan 3 kamar tidur Sedangkan tipe 127 dibangun diatas kavling 8 x 18, dengan 4 kamar tidur. ''Kamar tidur untuk tipe 127 dua di Lantai dasar dan dua di Lantai I. Dan tipe 97 kamar tidurnya 1 di bawah dan dua diatas,'' terangnya.

Dari segi bahan bangunan rangka atap rumah menggunakan kontruksi baja ringan. Dan untuk genting, developer perumahan Bellavista Residence menggunakan genting kemarik berglazur atau mengkilat, tahan cuaca, jamur dan anti bocor. Untuk lantainya menggunakan keramik dengan corak exotis.

Sedangkan kusan dan daun pintu plus jendela utama menggunakan kayu kapur oven dengan finishing cat melamic warna kayu. Dan untuk toiletnya menggunakan kloset duduk, ada wastafel dan shower. Rumah tipe 97 dan tipe 127 ini dibangun dalam bentuk tingkat, dimana bahan tangga yang digunakan terbuat dari besi tempa atau wrought iron. Begitu juga dengan bahan untuk balkon depan. ''Untuk catnya, kami memilih cat berkualitas, sehingga catnya tahan cuaca dan dengan warna spesial yang tidak ada dipasaran,'' ujarnya.

Untuk berlokasi, perumahan Bellavista Residence ini sangat strategis, didalam perumahan Angger Mas Batamcentre yang telah terbentuk struktur lingkungannya. Dan lokasi pembangunannya diketinggian, sehingga panoramanya indah dan tentunya bebas banjir. ''Perumahan ini menggunakan sistem cluster, dengan penjagaan sekuriti berlapos non stop 24 jam. Dengan tiga shift jaga,'' ujarnya.

Apalagi row jalan lingkungan di perumahan ini paling kecil row 11 M, terdiri dari badan jalan 6 M dan bahu jalan kanan kiri 2,5 M. Tidak hanya itu, utilitas menggunakan kabel tanam bawah tanah dan saluran lingkungan tertutup, dicover oleh taman lingungan yang dikelola oleh devisi eslate. ''Hunian tidak perlu repot untuk merawat taman depan dan fasilitas taman median aktif. Karena untuk urusan perawatan kebun, pihak pengembang telah menyediakan devisi estate. Untuk menjaga kebersihan dan keasrian taman,'' terang wanita berkulit putih itu.

Untuk fasilitas umum bagi hunian perumahan Bellavista Residence, developer PKP menyediakan fasilitas Family park yang dilengkapi dengan swimming pool dan play ground. ''Fasilitas yang tersedia di perumahan Bellavista Residence ini menyediakan family park. Dimana tersedia kolam renang, fitnes centre, cafe dan playground,'' pungkasnya.

Saturday, August 25, 2007

UIB, Mengembangkan Intelegensi Siswa


Tentunya bagi pelajar siswa kelas tiga, pasti lagi bingung menentukan ingin kuliah dimana. Tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. Setelah lulus dari SMA/SMK. Di Batam juga memiliki kampus yang berakreditas A dan B. Salah satu pilihan warga Batam yaitu, Universitas Internasional Batam (UIB) yang berlokasi di Sei Ladi berdiri tahun 2000. Dengan mengemban visi menjadi univesitas standar internasional, dengan lulusan yang siap bersaing secara global. Dan menyediakan jurusan yang dibutuhkan pekerjaan dunia.

''Di UIB tersedia tujuh jurusan, dan program studi yang ada di UIB yang benar-benar dibutuhkan pekerja di dunia,'' papar Iman Purwoto ST, Head of Public Relation Departemen UIB. Jurusan yang ada di UIB antara lain, Fakultas Komputer (S1 Sistem Informasi), Ekonomi (S1 Manajemen, S1-Akuntansi, D3 Manajemen Perhotelan), Teknik Sipil dan Perencanaan (S1 Teknik Sipil), Teknologi Industri (S1 Teknik Elektro), dan Hukum (S1 Ilmu Hukum).

Menurut Iman, Fakultas Ekonomi karena di Batam sebagai pusat pertumbuhan ekonomi nasional. Jurusan, Akuntansi hampir di semua bidang membutuhkan, dan jurusan perhotelan, selain Batam sebagai kota industri juga kota pariwisata. Sehingga banyak dibutuhkan.

Jurusan Elektronik di UIB dilatar belakangi, Batam sebagai kawasan Industri tentunya akan membutuhkan tenaga yang profesional dibidang elektro. Sehingga jurusan Elektronik mengembang program studi Elektronik Industri dan Mekatronika. Untuk membuktikan bahwa kampus UIB tidak kalah dengan kampus-kampus ternama di daerah lain. UIB ikut serta dalam lomba membuat robot cerdas secara nasional.

''Tahun ini, kami mengikuti lomba robot cerdas berskala nasional dan mendapatkan peringkat ke tujuh,'' tuturnya.
Ia melanjutkan, hasil yang diperoleh UIB memang belum maksimal, tetapi sudah cukup sebagai tolak ukur dan tahun depan harus ada target dan memperbaiki peringkat.

Selain itu lulusan dari UIB merupakan lulusan yang sudah siap terjun ke dunia kerja. Bagi warga Batam juga sudah bisa berbangga hati memiliki kampus UIB sebagai kampus terbaik di Batam. Karena salah satu lulusan UIB, jurusan Akutansi pernah mendapat peringkat pertama, untuk mendapatkan sertifikasi Akuntansi Public yang bersaing secara nasional dengan lulusan dari Universitas ternama di Jakarta, Surbaya dan Jogkajarta.

''Sistem pengajaran salah satu program unggulan UIB, penguasaan bahasa inggris sangat utama dan penguasaannya harus dalam tingkat advance dengan score 700 untuk TOEIC (Test of Oenglish for International Comunication) dan score 600 untuk TOEFL (Test of English as Foreign Language),'' terangnya.

Sehingga lulusan UIB mampu bersaing dalam dunia kerja secara internasional. Karena sudah menguasai bahasa inggris aktif dan juga kemampuan dalam berorganisasi dan bekerja dalam team. Sebab, sistem pengajarannya tidak hanya sebatas teori yang ada di buku, tetapi juga lebih mengembangkan kemampuan individu mahasiswa.
Tidak hanya bahasa inggris yang menjadi pioritas UIB, tetapi juga kemampuan mahasiswa dibidang computer.
Dan semua bidang studi yang ada di UIB diwajibkan ikut serta menguasai compuer. Karena hampir disemua bidang pekerjaan berhubungan dengan computer.

Bagi mahasiswa UIB yang kemampuan bahasa inggrinya kurang, disediakan aktivitas mahasiswa untuk menunjang agar bahasa inggrisnya sesuai dengan standar UIB. Dan setiap tahun diadakan test bahasa inggris dan nilainya harus meningkat dari tahun sebelumnya.

Soal test, UIB bekerjasama dengan TOIEC dan TOEFL. Sehingga nilai yang dihasilkan mahasiswa benar-benar murni,kemampuan mahasiswa itu sendiri. Karena sistem ujiannya IbT (Internet base Test), yang langsung diberikan dari United State of America secara online.

Sedangkan proses pembelajaran di UIB, Iman menuturkan, dalam proses pembelajaran, dasar kurikulum UIB bebasis kompetensi dan dibagi menjadi dua, yaitu hard skill dan soft skill.
''Hard skill berkaitan dengan bidang ilmu, misalnya jurusan akuntansi harus menguasai seluruh mata pelajaran akuntansi,'' tuturnya.

Ia melanjutkan, sedangkan Soft skill berkaitan dengan kemampuan siswa dalam bekerja secara tim, mengeluarkan pendapat dan berbagai keahlian yang berhubungan dengan jurusan.
Dari segi pengajar, UIB memilih dosen dari lulusan universitas ternama yang disaring melalui test antar kampus, agar mendapat pengajar yang terbaik untuk mendidik mahasisiwa-mahasiwi UIB, untuk menjadikan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja.

Selain itu di UIB ada dua pilihan kelas, yakni kelas reguler dan kelas internasional. Dimana kelas reguler menggunakan bahasa pengantar indonesia dan kelas internasional menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris.

Friday, August 24, 2007

Perhatikan Pertumbuhan Gigi Anak


Pertumbuhan gigi bagi anak-anak yang berusia dibawah 17 tahun sangatlah penting untuk dijaga dan diperhatikan. Karena pada masa-masa itu lah pertumbuhan gigi sangat rawan untuk diperhatikan. Sebab, pada masa itu merupakan masa transisi atau masa pertumbuhan gigi susu menjadi gigi permanen.

drg Darmayani Siregar, Klinik Spesialis Griya Medika menjelaskan, pertumbuhan gigi susu ke gigi permanen ada dua fase atau ada dua pergantian. "Yang pertama fase gigi susu dan yang kedua fase gigi permanen atau tahapan gigi susu menjadi gigi permanen," ujarnya.

Dimana, pada awal pergantian gigi susu menjadi gigi permanen pada usia enam tahun hingga dua belas tahun adalah masa-masa yang rawan. Kenapa demikian? Sebab, pada masa itulah peranan gigi susu akan digantikan dengan peranan gigi permanen. Sedangkan pada usia diatas dua belas tahun, peranan gigi susu sudah digantikan dengan gigi permanen.

"Disinilah peranan orang tua sangat penting, pada masa pergantian gigi susu menjadi permanen namun belum dicabut, akan membuat gigi bertumpuk," ujarnya. Masih katanya, sebelum gigi permanen tumbuh, sudah ada timbul gejala-gejala gigi goyang. Hal itu karena gigi permanen yang mau keluar menggoyangkan gigi susu.

Meskipun gigi susu masih sehat atau tidak berlubang tetap harus dicabut. Sehingga gigi permanen bisa tumbuh dengan baik. Peranan orang tua adalah memperhatikan gigi yang goyang tersebut. Karena bila dibiarkan saja, gigi susu tersebut akan kembali merekat pada gusi. Sedangkan gigi permanen akan tumbuh diantaranya. Sehingga membuat gigi tumbuh menjadi berjenjang atau bertumpuk.

"Pada masa pergantian gigi susu ke gigi permanen ada yang menimbulkan rasa sakit dan ada yang tidak merasa sakit. Bila gigi susu yang sudah goyang dibiarkan saja akan kuat kembali" paparnya. Masih katanya, kasus seperti ini yang paling banyak terjadi di Batam. Padahal gigi susu yang goyang dibawahnya sudah tumbuh gigi permanen.

Karena karakter anak berbeda-beda, ada yang bisa menahan sakit dan ada yang tidak bisa menahan sakit. Bagi anak yang tidak bisa menahan rasa sakit akibat gigi permanen akan tumbuh, bisa terlihat dan segera diatasi alias dicabut. Sedangkan anak yang bisa menahan rasa sakit sebentar akan membiarkan saja, padahal gigi susu tersebut harus sudah dicabut dan membiarkan gigi permanen tumbuh. Bila dibiarkan saja akan tumbuh berjenjang.

Sedangkan persoalan kedua, dan ini merupakan kasus yang sering terjadi. Dimana orang tua meminta dokter gigi untuk mencabut gigi graham susu anak. Padahal gigi graham permanen masih belum terlihat gejala-gejala akan tumbuh. Darmayani menuturkan, meskipun gigi graham susu pada anak sudah berlubang atau rusak, belum boleh dicabut sampai terlihat tanda-tanda akan tumbuh gigi graham permanen.

Bila itu tetap dicabut, sebelum gigi graham permanen tumbuh maka akan menimbulkan pertumbuhan gigi jadi tidak teratur. Hal itu disebabkan, karena gigi graham susu merupakan guide untuk pertumbuhan gigi-gigi permanen. Dikarenakan gigi graham susu sudah dicabut, sehingga tidak ada guide yang menuntun pertumbuhan gigi permanen tersebut.

"Gejala-gejala yang perlu diperhatikan gigi graham permanen akan tumbuh dengan munculnya rasa sakit pada gusi, gusi akan menjadi bengkak dan merah. Fungsi gigi graham susu sebagai guide untuk pertumbuhan gigi, " terangnya. Masih katanya, seperti pada pertumbuhan gigi permanen, gigi graham susu inilah yang mengatur posisi pertumbuhan gigi permanen.

Jika gigi graham susu dicabut sebelum gigi graham permanen tumbuh, akan mengakibatkan pertumbuhan gigi permanen berputar, miring, condong, gigi jadi bertumpuk. Hal ini dikarenakan tidak adanya pemandu di rongga mulut. Sehingga gigi permanen tumbuh dengan tidak teratur posisinya.

Posisi, Tidak Menentukan Jenis Kelamin


Selama ini banyak orang berpendapat, bahwa posisi saat melakukan hubungan seks (intim) bisa menentukan jenis kelamin anak. Tapi, pendapat itu tidak benar, dan tidak ada hubungannya sama sekali.

Hal itu dikatakan oleh Seksolog, dr. Made Tantra Wirakesuma, Dokter Rumah Sakit Harapan Bunda. Ia mengakui selama ini memang banyak masyarakat yang percaya, kalau posisi saat berhubungan seks (hubungan suami istri) bisa menentukan jenis kelamin anak. "Tapi pendapat itu tidak benar. Dan itu hanya mitos. Tidak ada hubungannya antara posisi saat berhubungan dengan jenis kelamin anak yang akan dilahirkan," katanya.

Dokter Made menyebutkan, memang ada beberapa teori yang ditemukan tentang cara untuk menentukan jenis kelamin anak. Seperti, cara untuk mendapatkan anak laki-laki membilas vagina dengan air plus soda, yang tujuannya menurunkan kadar keasaman vagina. Atau untuk mendapatkan anak perempuan, membasuh vagina dengan air plus cuka, yang tujuannya untuk meningkatkan kadar keasaman vagina. Terus ada lagi teori evolusi dan teori lainnya.

"Sebenarnya secara logika teori-teori itu benar dan masuk akal. Tapi tidak menjamin seratus persen kalau anak yang akan dilahirkan itu sesuai dengan jenis kelamin yang diinginkan. Kalau mau mencoba sendiri silahkan! Cuma jangan terlalu yakin. Karena hasil akhirnya tetap yang ada ditangan Tuhan. Yah...kita hanya bisa berharap dan berdo'a," paparnya sambil tersenyum.

Secara teoritis sel sperma laki-laki itu memiliki kromosom seks jenis X dan Y. Sedangkan wanita punya 2 kromosom seks yang sama yaitu X dan X. Bila dalam berhubungan intim, sperma X membuahi sel telur maka terjadilah pertemuan kromosom atau gen X dengan X, sehingga yang didapat adalah bayi perempuan (XX). Sebaliknya bila sperma Y yang membuahi sel telur, maka kromosom Y akan bertemu kromosom X sehingga akan mendapat bayi laki-laki (XY). Jadi intinya, anak laki-laki bisa diperoleh jika sperma Y lebih dulu membuahi sel telur.

Sedangkan untuk mendapatkan anak perempuan maka sperma X yang harus lebih dulu membuahi sel telur. "Mengenai kromosom atau gen X atau Y yang dominan, itu pun juga belum tentu seratus persen benar. Begitu halnya dengan posisi saat berhubungan seks. Juga tidak ada hubungannya sama sekali dengan jenis kelamin anak. Sekali lagi, semua itu tetap kuasa Tuhan," tukasnya.

Ayu, Publik Relation Telkomsel


Saat ini Ayu menjabat sebagai Public Relation Telkomsel se-SumBagTeg, sebelum bekerja di Telkomsel, ibu dua anak ini pernah bekerja diberbagai perusahaan. Bahkan, sewaktu kuliah di Perguruan Tinggi Batam, ia juga sambil bekerja. ''Saya kuliah sambil bekerja, waktu kuliah saya mengambil jurusan Managemen Ekonomi di Batam. Karena saya lahir dan besar di Batam,'' ujar Ayu.

Setelah bekerja diberbagai perusahaan, Ia pun mencoba melamar pekerjaan di Telkomsel. Saat itu sebelas tahun yang lalu, atau sekitar tahun 1996. Saat diterima bekerja, posisi pertama yang ada Seketaris. ''Awalnya di Telkomsel, saya bekerja sebagai seketaris lho.. Selama beberapa tahun menjabat sebagai seketaris. Akhirnya saya di rolling ke bidang billing ( collector ),'' paparnya.

Karena di Telkomsel, semua pegawai akan di rolling ke departemen lain. Sesuai dengan kemampuan pegawai yang diberikan untuk perusahaan atau loyalitas kepada perusahaan. Namun, berbeda bagi wanita berkulit putih itu, untuk karir, ia menuturkan dirinya mengalir begitu saja.

''Untuk karir saya mengalir apa adanya, tidak memasakan diri. Karena di Telkomsel ada rotasi sesuai dengan kemampuan maka selama sebelas tahun di Telkomsel saya sudah pernah tiga kali pindah departemen,'' ujarnya.

Dimana pertama kali ia menjabat sebagai salah seorang seketaris, kedua menjadi billing collector dan hingga saat ini, ia menjabat sebagai PR Telkomsel se SumBagTeg. Posisi ini ia dapatkan tidak mudah dan membutukan proses yang panjang. Karena, ia bersedia bertanya, kalau tidak mengetahuinya.

Tentunya pindah departemen ataupun posisi membutuhkan penyesuaian diri. Karena bidang yang ditanganinya berbeda. Ayu mempunyai tips sendiri untuk hal itu. ''Prinsip saya dalam bekerja tidak malu bertanya, untuk mencari informasi dan mempunyai kemauan untuk bekerja dan belajar,'' terangnya.

Apapun posisi pekerjaan yang diberikan, Ia selalu memberikan yang terbaik. Begitu juga saat ia ditunjuk sebagai PR. Tentunya, posisi ini jauh dari jurusan yang diambilnya. Namun, dikarenakan dirinya memang senang bergaul, tidak membuatnya kesulitan untuk bekerja diposisi PR atau Humas. ''Bekerja di Telkomsel sebagai PR, saya jadi banyak tahu dan wawasan saja jadi bertambah. Karena bertemu berbagai macam karakter orang,'' ujarnya.

Bekerja sebagai PR tentunya tidak mudah, karena itu Ayu terus belajar dan bertanya. Ia menuturkan, dirinya banyak belajar dan mencari tahu dari Internet. ''Saya memang tidak hobi membaca buku, tetapi di internet banyak situs-situs yang menyediakan article yang saya butuhkan,'' katanya.

Disamping bekerja, ia pun tidak lupa untuk tetap berbagi rasa dan pengalaman bersama suaminya. ''Saya selalu curhat dan minta pendapat ma suami, dan ia selalu memberikan solusi yang terbaik dan tidak pernah memihak saya sebagai istri. Kalau saya salah, ya saya disalahkannya,'' pungkasnya.

Whitening Infusion, Terapi Pencerahan Kulit


Miracle Aesthetic Clinik cabang Batam menghadirkan treatment baru, yang diberi nama 'Miracle Whitening Infusion'. Dimana treatment ini berfungsi untuk mencerahkan kulit dan membuat badan segar.

''Whitening Infusion ini terapi mencerahkan warna kulit dengan pemberian bahan-bahan antioksidan dan asam amino, yang dilakukan lewat infus,'' papar Yatmie, Opeational Manager Miracle Aesthetic Clinik cabang Batam.

Manfaat dari terapi ini, Yatmie menjelaskan, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menghambat produksi pigmen kulit, memicu perbaikan kondisi kulit dan sebagai antioksidan yang membantu mengatasi efek radikal bebas akibat beberapa faktor, seperti polusi, stres, zat pewarna, paparan sinar matahari.

Tidak hanya itu saja, terapi ini juga bisa untuk membuat wajah terlihat putuh ataupun wajah terlihat cerah dan dengan tubuh yang segar. Karena isi dari infus yang dimasukan dalam tubuh itu, banyak mengandung vitamin C. Yang berguna untuk memberikan stamina pada tubuh. ''Harga sekali treatmen untuk Whitening Infusion ini Rp550.000,'' ujarnya.

Khusus untuk treatmen Whitening Infusion ini, Yatmie menuturkan, Miracle memberikan promo spesial. Dengan mengambil paket 10 kali perawatan ini akan diberi diskon 15 persen plus satu kali detox whitening facial. ''Promo paket ini hanya berlangsung dari awal Agustus hingga akhir September,'' ungkapnya.

Perawatan ini bisa dilakukan setiap seminggu sekali untuk mencerahkan kulit. Sedangkan untuk perawtan lanjutan bisa dilakukan sebulan sekali. ''Whitening Infusion sejauh ini belum ada efek samping, karena terapi ini aman digunakan bagi siapa saja. Dan bagusnya diatas usia 30 tahun,'' pungkasnya.

Thursday, August 23, 2007

Kutek Orly Buatan USA


Tahan Lama dan Kuku Tidak Kuning

Kuku indah, panjang dan diwarnai merupakan salah satu ciri kas wanita. Namun, jangan sampai salah memilih kutek, karena bisa menyebabkan kuku berubah warna menjadi kuning.

''Kutek buatan USA French Manicure Orly ini berbeda, karena tidak membuat kuku kuning dan tahan lama,'' papar Yeni, Manager Star Beauty and Nail. Ia menambahkan, sekarang ini kutek Orly tersedia dalam kemasan kecil.

Harga untuk kemasan kecil ini Rp60 ribu dan yang ukuran besar Rp110 ribu. Kemasan kecil kutek Orly ini dibuat, bagi yang sering merasa bosan dengan satu warna. Sehingga di buat kemasan kecil. Selain itu juga mudah dibawa kemana saja. Karena ukurannya yang mini.

''Pilihan warna kutek Orly ini sangat banyak, saat ini warna yang sedang trend, warna kuning, biru, merah keungu-ungian dan hijau,'' ungkapnya.

Untuk pembelian 3 kutek Orly ukuran besar di Star Beauty and Nail Mega Mall Batamcentre akan mendapatkan satu botol kutek Orly. Warnanya pun boleh dipilih sesuai dengan keinginan. Promo ini berlangsung hingga akhir bulan Juli.

Willy Salon, Khusus Treatmen Rambut


Berpenampilan menarik memang sangat dibutuhkan setiap orang. Sehingga tidak heran, banyaknya salon yang menangkap peluang bisnis kecantikan dan perawatan yang ada di Batam. Salah satunya Willy Salon yang baru saja melaunching keberadaannya di Nagoya Hill.

''Willy salon ini hadir untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan di Batam dan menjadi trensdsetter di dunia fashion rambut di Batam,'' papar Willy, Pemilik Salon sekaligus Hair Stylish. Ia melanjutkan, willy salon merupakan salon yang posisinya berada untuk kelas menengah atas, dengan kualitas pelayanan yang lengkap untuk perawatan rambut dan tata rambut dengan dukungan produk yang berkualitas.

Willy Salon membidik pelanggan yang berusia diatas 20 tahun dan dengan pekerjaan pelajar, mahasiswa/mahasiswi, eksekutif muda, dan ibu rumah tangga. Dimana Willy Salon menawarkan pelayanan atau servis salpn yang berkualitas terbaik. Dengan adanya re-branding ini Willy Salon akan memberikan nuansa yang baru, seperti tempat yang lebih nyaman, eksklusif dan peralatan yang moderen, serta skill dari hair stylish yang menunjang sehingga bisa memberikan hasil sentuhan penataan rambut yang maksimal.

''Ciri kas Willy salon dari cuttingnya, mulai dari teknik, skill dan produk yang digunakan,'' ujarnya. Soal produk perawatan rambut, Willy Salon menggandeng Wella. Karena produk Wella yang berkualitas baik dan sudah terkenal di dunia fashion rambut.

''Wella mempunyai konsep perwarnaan, pengeritingan, pelurusan dan stylish yang selalu inovatif dalam kreasi trend rambut. Begitu juga dengan konsep System Professional dalam mengatasi dan merawat rambut pelanggan, '' terangnya.

Ia menambahkan, ini sesuai dengan konsep Willy Salon, apa pun masalah rambut Anda, Willy Salon dapat memberikan solusinya. Sementara itu, Inviolata, Marketing Manager Willy Salon menuturkan, produk Wella sudah terkenal dan sangat baik, begitu juga dengan prodyuk System Profesional yang akan merawat rambut yang rusak, kering maupun kulit yang bermasalah dengan ketombe.

''Kami menggunakan produk-produk yang berkualitas tinggi dan bisa dipakai untuk semua jenis rambut dan masalah rambut,'' pungkasnya.

foto : Cipi C

Wednesday, August 22, 2007

Yatmie, Manager Miracle, Mudah Beradaptasi


Yatmie, saat ini menjabat sebagai Manager Operational miracle Cabang Batam. Sebelum bekerja dibidang kecantikan. Wanita berambut panjang ini lebih banyak pengalaman bekerja dibidang perhotelan dan pariwisata. Awal karirnya pun dimulai di salah satu hotel kecil di Batam.

''Begitu lulus kuliah Perhotelan dan Pariwisata di salah satu Akademi di Cilacap, saya mencoba mencari kerja di Batam pada tahun 1994,'' papar Yatmie. Alasannya wanita berkulit putih ini memilih Batam, dikarenakan Batam pada era tahun 1990-an banyak tantangannya. Karena itu, dirinya mencoba memulai karir di Batam. Tidak terlalu sulit mencari kerja saat itu, dikarenakan skill atau keahlian yang sudah dimilikinya saat belajar di Akademi Perhotelan dan Pariwisata.

''Pertama kali sampai Batam, saya mendapat pekerjaan di salah satu hotel kecil di Pelita. Nama hotel tempat saya bekerja pertama kali di Hotel Orchid,'' terangnya.

Dari pengalaman kerja di hotel tersebut, ia kembali mencoba mencari pengalaman baru dengan melamar pekerjaan di salah satu hotel bintang yang ada di Batam. Hingga akhirnya, ia pun diterima bekerja di Hotel Puri Garden.

''Berbagai bidang pekerjaan di hotel sudah pernah saya lalui, dan terakhir saya kerja di Hotel Puri Garden saya menjabat sebagai Assissten Manager Sales and Marketing,'' ujarnya.

Tidak lama kemudian, ia pun mencoba mencari pekerjaan lain. Kali ini pekerjaan yang ia coba diluar dari jurusan yang pernah diambilnya. Dari perhotelan da pariwisata, Yatmie kembali mencoba karir dibidang kecantikan. Karena saat itu, ada lowongan di Miracle. Dan ia pun diterima bekerja di Miracle sekitar tahun 2006 lalu, dengan jabatan langsung sebagai Manager Operational Miracle.

''Kedua pekerjaan yang sudah pernah saya tekuni ini tidak terlalu jauh berbeda. Hanya saja di Miracle target marketnya sudah jelas, tidak seperti di Hotel yang target marketnya lebih umum,'' ungkapnya.

Meskipun jauh dari jurusan yang diambilnya, pekerjaan barunya tidak membuatnya kesulitan untuk beradaptasi. ''Mencoba sesuatu yang baru, awalnya agak kesulitan. Tapi tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi, karena saya dari dulu memang menyukai keindahan dan kecantikan,'' katanya.

Untuk terus bisa eksis di setiap bidang pekerjaan yang ditekuninya, Yatmie mempunyai cara tersendiri. Dimana prinsipnya dalam bekrja yaitu terus banyak belajar dan meningkatkan kemampuan diri, yang tentunya akan memberikan kemampuan untuk orang lain.

''Pekerjaan yang saya tekuni baik di hotel dulu dan sekarang ini sama-sama bertemu dengan banyak orang,'' ujarnya.

Dengan bertemu banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda, Yatmie menuturkan, membuat dirinya semakin lebih dewasa dalam menyingkapi semua masalah yang ada. ''Karena dengan banyak bergaul, maka pengetahuan kita akan terus bertambah,'' pungkasnya.

Tuesday, August 21, 2007

Bistro Godiva di Nagoya Hill, Beli 1 Gratis 1


Bistro Godiva Nagoya Hill memberikan program menarik untuk konsumen yang senang makan di Bistro Godiva, yakni beli satu gelas juice, akan mendapatkan satu burger gratis.
"Promo spesial beli satu gratis satu ini digelar setiap hari Senin hingga Jumat. Jam berlakunya tidak setiap hari, tetapi pada waktu-waktu tertentu saja,'' papar Edy Kho, Pimpinan Godiva Coffee Nagoya Hill Supermall lantai dasar.

Program beli satu gratis satu ini berluka untuk beberapa jenis menu andalan Bistro Godiva yang terletak di Nagoya Hill Supermall Lantai 2. Program ini khusus untuk juice seharga Rp8.000 akan diberi burger gratis. Pilihan juicenya pun beraneka macam rasa. Sedangkan untuk pembelian frenc fires (kentang goreng) seharga Rp6.000 juga dapat gratis burger. "Promo ini hanya berlaku untuk makan di tempat saja," ungkapnya.

Selain menawarkan promo spesial beli satu gratis satu, Bistro Godiva Nagoya Hill juga menyediakan menu makanan yang cukup lengkap. Mulai dari aneka makanan see food, bakso, mie goreng, nasi goreng, mie ayam, hingga nasi sapi dan ayam merica hitam. Begitu juga dengan minuman, tersedia berbagai macam rasa khas Godiva Coffee.

Tidak hanya itu saja, Bistro Godiva Nagoya Hill juga menyediakan tempat untuk konsumen yang senang internet di Best 1 Internet' yang lokasinya berdekatan dengan Bistro Godiva. ''Browsing, chating dan bermain games secara online di Best 1 Internet harganya sangat murah, per jam hanya Rp5.000.

''Kami juga memberikan harga paket untuk internet yakni Rp10 ribu untuk bermain internet selama tiga jam. Harga paket ini khusus untuk hari Senin hingga Kamis,'' tukasnya.

Gusni Amir, Sukses Bisnis Multi Level Marketing


Siapa sangka bisnis Multi Level Marketing (MLM) yang diikuti ibu tiga anak ini menjadi sukses dan berkembang. Bu Herman, terjun ke bisnis MLM ini berawal dari saudara iparnya yang mengajak terjun ke bisnis MLM Sophie Martin.

''Dulunya saya hanyalah ibu rumah tangga biasa, yang kesehariannya mengurus anak dan rumah. Tetapi saat saya terjun ke bisnis MLM Sophie Martin berkat ajakan saudara ipar, saya bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan,'' papar Gusni Amir.

Begitu menjadi member Sophie Martin pada tahun 1999 dalam waktu satu bulan, bisnis yang ditekuni wanita asal Padang itu sukses dan berkembang. ''Hanya dalam waktu satu bulan, bisnis MLM Sophie Martin saya mulai berkembang dan saya ditunjuk Sophie Martin pusat untuk menjadi BC (Bisnis Centre) Shopie Martin di Batam untuk pertama kalinya,'' ujarnya bangga.

Saat ini bisnis MLM Sophie Martin yang dikelola bu Herman ini terus berkembang, sehingga sekarang ini ia telah memiliki lebih dari 1.600 member Sophie Martin yang berada di Batam, Bintan, dan Balai Karimun.

''Saat ini BC Sophie Martin di Batam sudah ada tiga yaitu di Batamcentre, Nagoya dan Sagulung,'' ujarnya. Ia menjelaskan, di Batamcentre yang mengelola saya sendiri. Sedangkan di Nagoya dan Sagulung bukan saya yang mengelola, tetapi dibawah asuhan saya.

Bisnis multi level marketing ini ia tekuni begitu pindah ke Batam. Karena biaya kehidupan di Batam yang tinggi, membuat wanita yang besar di Medan ini harus menambah uang pemasukan. ''Lumayan untuk menambah uang masukan,'' tuturnya.

Awalnya Ia juga sempat bingung untuk menjalani bisnis MLM, namun berkat ketekunan dan niat bisnis yang ia jalani kian berkembang. Apalagi sekarang bu Herman bersama putrinya ingin merambah pasar yang ada di Kepulauan Riau. Hal itu terlihat dengan adanya BC Sophie Martin yang ada di Tanjungpinang dan Tanjung Balai Karimun.

Monday, August 20, 2007

Resto Kediri Hadirkan Menu Baru


Resto Kediri yang identik dengan menghadirkan menu-menu sehat, di bulan Agustus ini kembali menghadirkan menu sehat terbaru. Beberapa menu disajikan dalam rangka Hut RI Merdeka. ''Khusus di bulan Agustus kami menghadirkan menu terbaru, seperti es merah putih, nasi goreng merah putih, sate dwi warna dan pecel lele bakar,'' papar Nana Supriatna, Operational Manager Resto Kediri. Ia menjelaskan, untuk sate dwi warna ini, dua warnanya ini terdapat pada bumbunya yang berwarna merah dan coklat.

Sedangkan untuk nasi goreng merah putih, nasi goreng hasil karya Resto Kediri ini terdiri dari dua macam rasa nasi goreng yang dibentuk menjadi satu. ''Walaupun ini menu baru di Resto Kediri, tetapi rasanya sangat menggugah selera, harganya pun terjangkau. Karena masuk dalam daftar paket HUT RI,'' ujarnya.

Soal harga untuk selama bulan Agustus beberapa menu di Resto Kediri yang berlokasi di Batamcentre diberi harga khusus, seperti nasi goreng merah putih per porsi hanya Rp17.845. Sedangkan untuk es merah putih per gelas berkisar Rp12 ribu. ''Menu baru ini baru akan kami launching pada tanggal 5 Agustus nanti, jadi menu ini baru ada pada tanggal 5 Agustus,'' kata Nana.

Selain menyediakan menu baru, bagi yang gemar makan sup buntut goreng juga terseid di Resto Kediri, dengan harga spesial. Sedangkan menu-menu lainnya, seperti sup bibir ikan, ikan bakar millenium, udang bakar saus madu, sayur asam dan sebagainya, jiga tetap bisa dinikmati.

Jadi tunggu apalagi datang saja ke Resto Kediri bersama keluarga maupun relasi untuk menyantap hidangan disana. Selain tempatnya nyaman, hidangannya juga pas untuk keluarga. Karena porsi untuk sayur tersedia dalam tiga ukuran, kecil, sedang dan besar.

Sand Art dan Window Art


Time Zone bekerjasama dengan Kiddy menghadirkan lima program kreatifitas anak dalam mewarnai. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Time Zone sebagai pusat belajar dan bermain anak. ''Mulai kemarin, di Time Zone Mega Mall sudah ada lima produk terbaru untuk kreatifitas anak dalam mengambar,'' papar Dessy Ery Oktaviana, Center Manager Time Zone Mega Mall.

Produk-produk dibidang mengasah keterampilan dan kreatifitas anak di Time Zone antara lain, sand art, window art, batik art, pluster art, dan fabrik art. Tentunya dalam teknik mewarnai di lima produk ini berbeda.

Untuk Window Art sistem pewarnaan, Paskah, karyawan Kiddy menuturkan, sebelumnya cetakan gambarnya di oven terlebih dahulu dan di dinginkan. Setelah itu anak boleh mewarnai dengan menggunakan tinta khusus yang berbentuk cair.

''Setelah selesai diwarnai, hasilnya akan kembali di oven dan didinginkan. Hasilnya bisa digunakan untuk menghias kamar,'' terangnya.

Berbeda dengan batik art, bila memilih produk batik art, anak akan diajarkan mewarnai dengan kuas khusus diatas kain yang sudah ada desain gambarnya. Batik art ini kurang lebih cara pengerjaannya sama dengan fabrik. Dimana medianya dari kaos.

''Batik art dan fabrik art catnya cat khusus, sehingga bisa tahan lama. Dan anak bebas mewarnai sesuai dengan selera,'' tuturnya. Ia menambahkan, untuk pluster art, anak akan mewarnai patung dengan menggunakan kuas dan cat khusus.

Harga untuk pluster art berkisar Rp40-75 ribu, tergantung dari bentuk dan ukuran patung yang ingin diwarnai. Sedangkan batik art harganya berkisar Rp35 ribu, fabrik art per kaos Rp65 ribu. Dan yang terakhir window art harganya berkisar Rp30 ribu hingga Rp45 ribu.

''Harga-harga tersebut tergantung dari ukuran yang diinginkan. Produk dari Kiddy ini dimaksudkan untuk membangkitkan kreatifitas anak,'' tukasnya.

Perumahan Centre View



PT Centresarana Sejati sebagai developer Perumahan Centre View akan memberikan kejutan kepada konsumen yang ingin membeli rumah Centre View yang berlokasi di Batamcentre. Apalagi konsumen yang membeli perumahan ini akan diberi kejutan uang tunai.

"Uang ini akan kita berikan kepada 17 orang pembeli pertama," papar Meri, Marketing Manager Perumahan Centre View. Ia menambahkan, bonus yang berupa uang tunai sebesar Rp45 juta itu, diberikan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-62.

Perumahan Centre View ini lokasinya sangat strategis, yaitu dipusat kota Batam Centre. Sehingga memudahkan hunian untuk melakukan akses ke Terminal Ferry Internasional, pusat bisnis dan pemerintahan hanya dalam waktu 5 menit saja. Begitu juga untuk melakukan kegiatan ke Jodoh, Nagoya dan sekitarnya hanya memakan waktu lima hingga sepuluh menit.

Kelebihan lain, rumah di Centre View ini hampir semuanya ready stock atau rumah siap huni. Sehingga pembeli bisa langsung melihat seperti apa rumah impian yang akan dihuninya. Untuk bisa memiliki rumah ini, juga tidak sulit.

''Rumah ini bisa dimiliki dengan uang muka atau DP 10 persen, pembeli sudah bisa langsung menempati dan merasakan nyaman dan asrinya tinggal di perumahan Centre View,'' terangnya. Ia melanjutkan, fasilitas yang tersedia di Centre View juga lengkap. Ada taman bermain untuk anak-anak, swimming pool, dan keamanan 24 jam.

Disamping itu, jaringan listrik di bawah tanah dan gerbangnya otomatis dengan sistem komputer. Lingkungan juga sudah terbentuk dan jaminan investasi juga cepat. Untuk tipe, perumahan dengan desain menarik, nyaman dan asri ini cukup beragam. Ada tipe 48, 58, 68, 128, 138 dan 178. Khusus untuk tipe 100 ke atas, terdiri dari dua lantai.

''Struktur bangunan perumahan Centre View juga sangat kokoh. Jadi penguni bisa menambah satu lantai lagi ke atas cukup mencor saja,'' ujar Meri mengakhiri.

Sunday, August 19, 2007

Kiss Bukan Sekedar Bumbu Pacaran


Sudah lama menjalin hubungan dengan sang kekasih, baik pria maupun wanita. Tentunya, sebagaian orang mengatakan 'kiss' atau ciuman merupakan salah satu bumbu untuk mempertahankan hubungan agar lebih romantis dalam menjalin benang-benang asmara.

Menurut para ahli, ciuman, bukan hanya menambah kemesraan hubungan. Namun juga aktifitas yang menyenangjan lahir dan batin, bahkan juga bisa mempercantik dan menyehatkan tubuh.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda juga pernah menambah bumbu manis ini dalam menjalin hubungan Anda dengan sang kekasih.

Yulita (26) salah seorang SPG di Mega Mall menuturkan, ciuman itu merupakan salah satu bumbu untuk menjalin hubungan yang lebih harmonis. Karena, ciuman itu tidak mungkin dilakukan dengan sembarangan orang.

"Sudah hal yang lumrah, bila pasangan berciuman, namun semuanya itu tergantung dari masing-masing individu. Ada yang setuju atau tidak. Semuanya sah-sah saja," tuturnya. Sebab, image tentang ciuman itu berbeda-beda. Ada yang mengatakan 'tabu' untuk dilakukan bila bukan dengan sang suami. Namun, ada juga yang mengatakan, hal ini sudah biasa dilakukan oleh sepasang kekasih. Semuanya itu, kembali dalam diri seseorang, yang mengartikan arti sebuah ciuman.

Sedangkan, Rosa (27) salah seorang casier di Batam Center menuturkan, dirinya paling senang bila di cium di kening oleh kekasihnya.

"Cium di kening itu, kan tandanya sayang. Kalau sudah di bibir, itu lain hal lagi, sudah bukan sayang. Melainkan sudah mengarah yang tidak benar," ujarnya.

Sementara Ronie (26) salah seorang SPG di Nagoya mengatakan, ciuman itu merupakan tanda kasih sayang, yang diungkapkan dengan cara itu.

"Nggak benarlah, bila ciuaman di salah artikan sebagai nafsu. Itu kan tergantung pemikiran masing-masing orang. Karena, ciuman itu mengungkapkan betapa kita sayang sama pasangan kita," ujarnya.

Masih kata pria berkulit putih itu, pria pun tidak semuanya bisa mengobral kata-kata cinta, apalagi sampai berciuman dengan orang yang tidak di cintai.

Apalagi menurut pakar ahli psikolog dan terapis seksologi bila berciuman yang dilakukan bersama orang yang benar-benar Anda sayangi bisa menumbuhkan perasaan tenteram dan kesadaran akan kesenangan fisikPerasaan-perasaan tersebut.

Sehingga pada akhirnya akan menghilangkan kepenatan pikiran dan mempertebal kepekaan tentang keberadaan kita pada saat itu. Karena itu, mungkin tanpa Anda sadari, saat lelah atau tegang, Anda merasa rindu kepada pasangan. Soalnya, kehadiran pasangan dan sedikit kecupan mesra darinya adalah obat mujarab yang Anda butuhkan untuk menghilangkan kepenatan dan ketegangan, minimal untuk sementara.

Bisnis Martabak Premix Hanya Rp8,5 Juta


Termasuk Perlengkapan dan Bahan Baku

Ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan berbisnis? Sekarang ini bisnis francase sedang berkembang dan banyak diminati. Tidak perlu banyak modal untuk membeli francase Hollann Snoep Martabak Premix. Hanya dengan modal awal Rp8,5 juta, Anda sudah bisa menjalankan bisnis Martabak Permix.

''Memulai berbisnis bisa dari usaha kecil dulu, salah satunya bisa memulai menjalani bisnis penjualan Martabak Premix. Dengan menjadi franchase dari Hollan Snoep Martabak Premix,'' papar Michael Hopmans, pemilik Franchase Hollann Snoep Martabak Premix. Ia menjelaskan, dengan modal Rp8,5 juta, Anda sudah bisa menjalani bisnis ini.

Karena harga tersebut sudah termasuk peralatan dan bahan baku untuk 1 bulan operasional. Bahan dan perlengkapan yang didapat yaitu 1 booth martabak ukuran 1,20 m, 1 set kompor martabak besar dan 1 set kompor martabak mini dengan dua api. Serta 1 loyang ukuran 26 cm dan 2 loyang ukuran mini 12 cm.

Selain itu, 1 set utensil dan alat-alat lainnya, 200 pcs mini box dan 50 pcs maxi box. Sedangkan dari segi bahannya yaitu 20 kg tepung martabak premix, toping penunjang sesuai dengan jumlah tepung diatas (keju, coklat, kacang dan sebagainya).

''Harga tersebut juga sudah termasuk seragam untuk operator, training satu hari untuk operator, kunjungan sebulan sekali untuk pengontrolan produk dan 3 bulan sekali pengembangan produk. Serta satu buah banner promosi,'' ujar pria asal Belanda itu.

Francase Martabak Premix ini sudah berkembang di Bandung, dan Jakarta. Karena itu bisnis ini ingin dikembangkan lagi di Batam dan diseluruh Indonesia. Apalagi tepung premix ini berbeda dengan tepung-tepung terigu lainnya.

''Tepung premix ini lebih harum dan pengolahannya tidak membutuhkan waktu lama,'' ujarnya. Ia menerangkan, biasanya penjual martabak membuat adonannya lebih banyak, kalau tepung premix ini adonannya dibuat secukupnya saja dan pengolahannya juga cepat.

Dalam hitungan kurang dari 7 menit mulai dari pengolahan dan masaknya sudah siap. Rasanya juga lebih kenyal dan enak. Bagi yang berminat menjalani bisnis Martabak Premix bisa langsung menghubungi Michael Hopmans di 08157041199.

Kesabaran yang Dibutuhkan


Menghadapi Anak Mengindap Autis

Tidak selamanya anak yang diinginkan sesuai dengan harapan. Bagaimana kalau anak yang sudah ditunggu-tunggu tidak sesuai harapan? Misalnya, anak Anda Autis ataupun idiot. Tentunya, Anda tidak menginginkan hal seperti itu.

Bila itu yang terjadi dalam kehidupan Anda. Jangan salahkan dia, karena dia pun tidak ingin terlahir seperti itu! Andai dia bisa memilih. Tentunya, hal yang pertama adalah mendidik mental orang tua terlebih dahulu agar selalu sabar dan menyanyanginya....

Karena sebagai orang tua, harus bisa menerima kekurangan anak. Dan harus bersabar dalam menghadapi sesuatu. Mungkin dalam hal menulis maupun mengucapkannya sangat mudah. Tetapi dalam hal menjalankan sangat sulit.

Tidak selamanya anak autis tidak bisa melakukan apa-apa. Perlu diketahui juga, anak penyandang autis ada beberapa level hingga 'idot' yang biasa diucapkan orang? Bila Anda tidak bisa menerima kekurangan anak Anda, lalu bagaimana dia bisa tumbuh dan berkembang?

AN INTERNATIONAL MOVEMENT OF PARENT-VOLUNTEERS HELPING MORE THAN 10,000 CHILDREN BEGIN BIOMEDICAL TREATMENT.

Our children are experiencing epidemics of ADD/ADHD, Asperger's, PDD-NOS, and Autism.
We believe these neurological disorders ("NDs") are environmental illnesses caused by an overload of heavy metals, live viruses, and bacteria. Proper treatment of our children, known as "biomedical intervention", is leading to recovery for thousands.
The cause of this epidemic of NDs is extremely controversial. We believe the primary causes include the tripling of vaccines given to children in the last 15 years (mercury, aluminum and live viruses); maternal toxic load and prenatal vaccines; heavy metals like mercury in our air, water, and food; and the overuse of antibiotics.
Generation Rescue is a parent-founded, parent-funded, and parent-led organization of more than 350 families. Our mission is to share the truth with parents about the cause of their child's NDs so they can focus on treatment.

Yang perlu dipahami bagi orang tua yang memiliki anak autis

Pertama, PERIKSALAH.
Tak semua tingkah laku yang kelewatan dapat digolongkan sebagai hiperaktif. Karena itu, Anda perlu menambah pengetahuan tentang gangguan hiperaktif. Yang harus Anda lakukan adalah mengonsultasikan persoalan yang diderita anaknya kepada ahli terapi psikologi anak. Ini penting karena gangguan hiperaktivitas bisa berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik anak, serta kemampuannya dalam menyerap pelajaran dan bersosialisasi. Tujuannya untuk mendapatkan petunjuk dari orang yang tepat tentang apa saja yang bisa Anda lakukan di rumah. Selain itu juga berguna untuk menghapus rasa bersalah dan memperbaiki sikap Anda
agar tak terlalu menuntut anak secara berlebihan. Di sini biasanya para ahli akan memberikan obat yang sesuai atau sebuah terapi.

Kedua, PAHAMILAH.
Untuk bisa menangani anak hiperatif, ada baiknya pula
jika Anda dan anggota keluarga mengikuti support group dan parenting skill-training. Tujuannya agar bisa lebih memahami sikap dan perilaku anak, serta apa yang dibutuhkan anak, baik secara psikologis, kognitif (intelektual) maupun fisiologis. Jika si anak merasa bahwa orang tua dan anggota keluarga lain bisa mengerti keinginannya, perasaannya, frustasinya, maka kondisi ini akan meningkatkan kemungkinan anak bisa
tumbuh seperti layaknya orang-orang normal lainnya.

Ketiga, LATIH kefokusannya.
Jangan tekan dia, terima kaeadaan itu. Perlakukan anak dengan hangat dan sabar, tapi konsisten dan tegas dalam
menerapkan norma dan tugas. Kalau anak tidak bisa diam di satu tempat, coba pegang kedua tangannya dengan lembut, kemudian ajaklah untuk duduk diam. Mintalah agar anak menatap mata Anda ketika berbicara atau diajak berbicara. Berilah arahan dengan nada yang lembuat, tanpa harus membenatk. Arahan ini penting sekali untuk melatih anak disiplin dan berkonsentrasi pada satu pekerjaan. Anda harus konsisten. Jika meminta
dia melakukan sesuatu, jangan berikandia ancaman tapi pengertian, yang membuatnya tahu kenapa Anda berharap dia melakukan itu.

Keempat, TELATENLAH.
Jika dia telah betah untuk duduk lebih lama, bimbinglah anak untuk melatih koordinasi mata dan tangan dengan cara menghubungkan titik-titik yang membentuk angka atau huruf. Latihan ini juga bertujuan untuk memperbaiki cara menulis angka yang tidak baik dan salah. Selanjutnya anak bisa diberi latihan menggambar bentuk sederhana dan mewarnai. Latihan ini sangat berguna untuk melatih motorik halusnya.
Bisa pula mulai diberikan latihan berhitung dengan berbagai variasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Mulailah dengan penjumlahan atau pengurangan dengan angka-angka dibawah 10. Setelah itu
baru diperkenalkan konsep angka 0 dengan benar.

Jika empat fase di atas telah dapat Anda lewati, bersyukurlah, pasti keaktifan anak Anda sudah dapat difokuskan untuk perkembangan jiwanya. Ini juga akan sangat membantu Anda dalam menjaganya. Dan kini, masukilah tahap berikutnya, bagaimana Anda harus bekerjasama dengan dia.

Kelima, BANGKITKAN kepercayaan dirinya.
Jika mampu, ini juga bisa dipelajari, gunakan teknik-teknik pengelolaan perilaku, seperti menggunakan penguat positif. Misalnya memberikan pujian bila anak makan dengan tertib atau berhasil melakukan sesuatu dengan benar, memberikan disiplin yang konsisten, dan selalu memonitor perilaku anak. Tujuannya untuk meningkatkan rasa percaya diri anak.

Di samping itu anak bisa juga melakukan pengelolaan perilakunya sendiri dengan bimbingan orang tua. Misalnya, dengan memberikan contoh yang baik kepada anak, dan bila suatu saat anak melanggarnya, orangtua
mengingatkan anak tentang contoh yang pernah diberikan orang tua sebelumnya.

Dalam tahap ini, usahakan emosi Anda berada di titik stabil, sehingga dia tahu, penguat positif itu tidak datang atas kendali amarah. Ingat, anak hiperaktif rata-rata juga sangat sensitif.

Keenam, KENALI arah minatnya.
Jika dia bergerak terus, jangan panik, ikutkan saja, dan catat baik-baik, kemana sebenarnya tujuan dari
keaktifan dia. Jangan dilarang semuanya, nanti dia prustasi. Yang paling penting adalah mengenali bakat atau kecenderungan perhatiannya secara dini.

Dengan begitu, Anda bisa memberikan ruang gerak yang cukup bagi aktivitas anak untuk menyalurkan kelebihan energinya. Misalnya, mengikutkan anak pada klub sepakbola di bawah umur atau berenang, agar anak belajar bergaul dan disiplin. Anak juga belajar bersosial karena ia harus mengikuti tatacara kelompoknya.

Ketujuh, MINTA dia bicara. Ini sangat penting Anda terapkan. Ingat, anak hiperaktif cenderung susah berkomunikasi dan bersosialisai, sibuk dengan dirinya sendiri. Karena itu, bantulah anak dalam bersosialisasi
agar ia mempelajari nilai-nilai apa saja yang dapat diterima kelompoknya.
Misalnya melakukan aktivitas bersama, sehingga Anda bisa mengajarkan anak bagaimana bersosialisasi dengan teman dan lingkungan. Ini memang butuh kesabaran dan kelembutan.

Mengembangkan ketrampilan berkomunikasi si kecil memang butuh waktu. Terlebih dulu ia harus dilengkapi dengan sikap menghargai, tenggang rasa, saling memahami, dan berempati, ujar Susan Barron, Ph.D,
Direktur Pusat Perkembangan dan Pembelajaran Mount Sinai Medical Center di New York dalam salah satu artikelnya di majalah Child.

Terakhir, SIAP bahu-membahu. Jika dia telah mampu mengungkapkan pikirannya, Anda dapat segera membantunya mewujudkan apa yang dia inginkan. Jangan ragu. Bila perlu, bekerja samalah dengan guru di sekolah agar guru memahami kondisi anak yang sebenarnya. Mintalah guru tak perlu membentak, menganggap anak nakal, atau mengucilkan, karena akan
berdampak lebih buruk bagi kesehatan mentalnya. Kerjasama ini juga penting karena anak sulit berkosentrasi dan menyerap pelajaran dengan baik. Dibutuhkan kesabaran dan bimbingan dari guru bagi anak hiperaktif.

Nah, itulah dasar-dasar pengelolaan jika anak Anda mengidap hiperaktif. Dia tak berbahaya, hanya butuh SENTUHAN dan PERHATIAN LEBIH. Jika itu dia dapatkan, anak Anda akan berubah jadi JENIUS yang bukan tak mungkin, akan mengubah dunia.

Friday, August 17, 2007

Apa Arti Kemerdekaan










Hari ini merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 62. Selama 62 tahun, Indonesia, negeri tercinta kita telah bebas dari penjajah. Namun, apalah arti kemerdekaan bagi segelintir orang?

Kemerdekaan bagi mereka yang sama-sama mempunyai hak untuk hidup tentram dan damai, masih belum terpenuhi. Kenapa? Entahlah, bumi ini milik sapa? Tanah tempat berpijak ini hak siapa? Yang jelas, tanah tempat berpijak adalah milik pemerintah.

Lalu, kemanakah rakyat harus berteduh. Sebagian mereka yang masih tinggal di tanah milik pemerintah di gusur tanpa rasa pri kemanusian. Seperti pada masa penjajahan Belanda dan Jepang beberapa tahun silam lalu.

Jadi, apa arti kemerdekaan sepenuhnya? Tentunya, arti kemerdekaan itu milik mereka orang-orang yang memiliki uang banyak. Bukan rakyat jelata yang tidak mempunyai apa-apa. Karena itulah arti 'Kemerdekaan' saat ini.

foto-foto : Yusuf (Batam Pos)

Semalam di Pengungsian

Polisi Ma, Polisi Ma...

Selasa (14/8) sekitar pukul 23.00 WIB. Di lokasi penggusuran Bengkong Kolam masih terlihat ramai. Di sebuah rumah warga yang masih utuh, dekat lapangan voli, terlihat warga berkumpul. Sebuah televisi ukuran 29 inch dipajang di depan rumah. Warga menyaksikan pemutaran video yang diambil dengan handycam, bagaimana rumah mereka diratakan dengan tanah. Di posko pengungsian, warga juga berkumpul menyaksikan aksi mereka di Kantor Wali Kota Batam dan DPRD Batam, Batam Centre.

Sambil menonton, berbagai komentar keluar dari mulut mereka. Pria, wanita dan anak-anak. Makian, cacian dan hujatan mereka lontarkan kepada aparat yang menganggap mereka seperti maling di rumah sendiri. Bahkan, ada yang menangis tanpa sanggup berbicara. ''Mereka betul-betul biadab,'' kata seorang warga kepada Batam News.

Malam itu, Batam News sengaja hadir bersama para pengungsi itu. Awalnya, kedatangan Batam News sempat dicurigai. Beberapa orang menanyai dengan nada curiga. Sebab, sebelumnya, beberapa orang yang mengatasnamakan partai, pejabat dan organisasi berupaya membujuk mereka. Mereka menolak bantuan dan mengusir. Mereka mengaku tidak percaya lagi kepada pejabat dan pemerintah. Namun, setelah diberi keterangan, warga akhirnya tenang. ''Maaf kalau kami tidak percaya dek, kemarin ada wartawan yang datang kemari. Malah bukan kondisi di sini yang dituliskan tapi malah komentar pejabat,'' kata Saynora seorang warga lain.

Malam hari, kondisi di pengungsian itu masih hancur. Sisa-sisa rumah masih belum dibersihkan. Di antara rumah-rumah yang sudah diratakan dengan tanah itu, dipasangi tiang bendera.

Saat malam makin larut, hanya kelihatan kaum pria saja. Sementara, kaum wanita dan anak-anak dari 33 KK yang digusur tidur di rumah-rumah warga lain. Kaum pria tersebut berkumpul dirumah salah satu warga yang masih utuh. Rumah tersebut dijadikan mereka sebagai tempat pengungsian.

Sesekali terdengar canda tawa mereka kepada koran ini. Bahkan, seorang warga juga memperlihatkan mimik wajah Lurah Bengkong Sadai saat ditanyai warga kenapa penggusuran tersebut terjadi tidak diberitahukan.

Pukul 00.30 WIB, seorang ibu sambil menggendong anaknya mendekati wartawan koran ini. Rahmah nama ibu tersebut, mengatakan sejak terjadi pristiwa itu, anaknya Eka (4) susah tidur. Kalau pun anaknya bisa tertidur ia selalu mengigau ketakutan. "Sambil menunjuk ketakutan anak saya menyebut-nyebut, polisi a, polisi ma," ujar Rahmah.

Saat ini, anaknya jadi trauma melihat aparat. Jangankan melihat polisi, lanjut Rahmah, melihat orang yang memakai baju loreng saja anak-anak korban penggusuran lari ketakutan. Mereka bersembunyi di rumah-rumah warga sambil menyebut polisi.

Selain ketakutan pada aparat, Rahman mengatakan, Eka yang merupakan anak bungsu itu tidak betah tinggal di tempat tetangga, tempat mereka menumpang sementara. ''Pulang ma, pulang. Kenapa rumah kita dirobohkan,'' kata Rahmah menirukan anaknya.

Hal yang sama juga seorang pria bernama Yen. Sampai saat ini, pria itu mengaku masih merasa kejadian yang menimpanya bagaikan mimpi buruk.

Menurut Yen, sehari sebelum penggusuran, mereka mendapat telepon dari seseorang yang mengatakan rumah meraka akan digusur. Tetapi saat itu mereka tidak percaya, karena mereka mengaku belum mendapat pemberitahuan dari lurah. "Kita dapat informasi sekitar pukul 17.00 sebelum penggusuran terjadi, namun ketika kita konfirmasikan tentang kebenaran informasi tersebut dengan lurah, tapi lurah mengatakan tidak tahu," Ujar Yen dengan nada tinggi.

Padahal, kata Yen sebenarnya lurah sudah mendapatkan surat undangan tentang penggusuran tersebut. Mereka bukan hanya kesal dan kecewa kepada lurah tapi juga pada Camat Bengkong. Saat kejadian, camat tidak hadir karena alasan ada rapat di Kantor Wali Kota. "Waktu itu, lurah bukannya menolong warga, tetapi malah pergi ke Polsek Batuampar minta keamanan dari amukan warga," ujarnya lagi.

Malam makin larut di lokasi penggusuran Bengkong Kolam. Tapi para pria masih berkumpul di antara rumah-rumah yang sudah rata.

Sementara para ibu dan anak-anaknya tidur di rumah-rumah warga dan kerabatnya. Saat pagi tiba, masih ada anak-anak yang belum bisa bersekolah lagi. Sebagian anak, terutama yang masih duduk di bangku SD harus libur sementara. Saat penggusuran yang berlangsung cepat dan tiba-tiba itu, sebagian tidak sempat menyelamatkan buku dan seragam sekolah mereka. ''Buku-buku anak saya tertimbun reruntuhan semua. Alhamdulillah ijazahnya masih sempat diambil,'' katanya.

Mereka masih berharap rumah mereka dibangun kembali di lokasi yang sama. Namun, entah sampai kapan realisasinya. Sebab, surat perjanjian yang dibuat dengan unsur pimpinan daerah di Gedung Dewan masih mengambang. Tidak jelas, kapan pembangunan kembali dimulai.

Janji awal untuk menyediakan transportasi bagi anak-anak yang akan sekolah, sampai saat ini belum juga ada.

Belum habis rasa kecewa pada lurah dan camat, warga kembali mengenang bagaimana Ahmad Dahlan yang kini jadi Wali Kota Batam berkampanye di Bengkong Kolam. Warga mengaku saat itu Ahmad Dahlan menjanjikan tidak akan pernah menggusur daerah itu. ''Itu memberi harapan bagi kami. Sampai sekarang TPS (Tempat Pemungutan Suara-red) pun masih tersisa. Kami 100 persen memilih dia. Tapi sekarang apa?. TPS itupun ikut digusur,'' kata seorang warga.

Kini peringatan HUT RI ke-26 yang tinggal satu hari bagi mereka tidak bermakna sama sekali. ''Di saat Indonesia sudah merdeka, kami masih dijajah oleh bangsa sendiri. Penjajahan ini lebih kejam dari zaman Jepang'' kata Azwir, Ketua RT di sana.
"Kemerdekaan itu tidak untuk Bengkong Kolam, tanggal 17 nanti kami hanya bisa mengheningkan cipta sambil merenungkan nasib yang telah menimpa kami," ujar Azwir yang diamini semua warga.

By : Srie
 

Follow mE


Citra Banner

Sample Text

twit

Sample Text

Terimakasih tetap setia membaca blog Hal-Wanita.. Meskipun saat ini blog satu ini jarang di update, namun setiap minggu pengunjungnya masih terus bertambah.

Sampai saat ini, isi blog Hal-Wanita, tidak mengupas tentang kecantikan, fashion maupun kesehatan. Tetapi, diusahakan tiap minggu membahas mengenai problem wanita.

Hal ini dikarenakan, posisi tugas diganti menjadi kuli tinta dibidang pemerintahan, politik, kriminal di Tanjungpinang.... Diharapkan, maklum ya....

Jika membutuhkan informasi lainnya bisa tetap mengirimkan email ke sana ataupun ke facebook. Saya akan mencoba membalas pesan-pesan yang masuk.

Citra Pandiangan
Author

 
Blogger Templates