Manfaat Ketimun bagi Kecantikan dan Kesehatan

Weekend lagi! Wah, cepat sekali waktu ini berlalu bukan ladies? Apa kabar? Sudah lama, tidak menyapa sahabat ladies. Belakangan ini kondisi di daerah terpencil ini suka buat greget dan kesel. Lantaran, tidak adanya elektronik dan sinyal yang bagus untuk browsing ke blogs sahabat ladies.

Sepertinya, pembahasan dunia wanita masa kini masih seputar kecantikan dan kesehatan. Karena kedua hal ini sangat penting bagi ladies lho dan juga pasti keluarga bunda di rumah. Topik yang dibahas sudah pasti masih menyangkut yang namanya makanan sehat, kali ini ketimun. Nah, ladies bagi ladies ketimun itu buah atau sayur? Tebak sendiri ya......


Yuk, ladies kita cari tahu dulu apa ya manfaat ketimun bagi kesehatan kita? Secara keseluruhan timun sangat baik bagi jantung. Karena timun mengandung pottassium yang mampu mengurangi tekanan darah. Sehingga mengurangi resiko terkena serangan storke. Tidak hanya itu saja, kandungan yang terdapat pada ketimun juga dapat mengatasi pelepasan radikal bebas dari dalam tubuh serta mengurangi rasa sakit.

Bahkan biji ketimun juga digunakan untuk obat sakit kepala sebagai ramuan tradisional. Dimana biji timun ini memiliki efek mendinginkan dan diuretik. Ladies meskipun harga mentimun ini sangat murah tetapi manfaatnya tidak murahan. Karena timun juga mampu mengurangi resiko kanker tertentu, dimana timun mengandung polifenol yang berpotensi mengurangi kanker dan juga kandungan aktif tanaman kukurbitasin ini juga memiliki  sifat anti kanker.


Kerenkan ladies, bahkan ketimun ini juga bisa melindungi tulang. Karena kandungan sumber vitamin K pada ketimun ini sangat baik bagi kesehatan tulang. Sebab witamin K sangat penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang.

 
Ladies, mengkonsumsi ketimun selain bisa dimakan begitu aja dan juga bisa dibuat rujak maupun sayur asem. Emmm, sayur asem ditambah ketimun membuat sayur ini jadi terasa lebih segar saat menyantapnya dengan sambal dan ikan asin plus kerupuk. Ditambah perkedel tempe. Okey, skip dulu menu makan siang hari ini. Ketimun ini juga bisa dibuat dalam bentuk infuse air lho.

Cara membuat ketimun sebagai infus air caranya mudah banget. Ladies, sebelumnya mencuci bersih ketimun. Lalu iris tipis-tipis, kemudian masukan ke dalam toples atau tempat air minum yang memiliki tutup. Kemudian masukan dalam lemari pendingin dan diamkan selama 12 jam, sebelum diminum. Rasakan kesegarannya pada infus dari ketimun satu ini.

Mau tahu manfaat ketimun yang dibuat dalam proses infus air ini?

#Menghidrasi tubuh
Air merupakan sumber penting dalam tubuh. Karena itu infus dari ketimun ini sangat baik untuk  menghindari dehidrasi, ladies bisa mengonsumsi infused water mentimun sekaligus untuk tetap menjaga suhu tubuh, kesehatan kardiovaskular, dan membantu membersihkan racun.

#Kandungan Vitamin dari Infus Timun
Dalam buah mentimun, kandungan yang terdapat adalah  vitamin A, vitamin C dan mineral lainnya yang  baik bagi tubuh. Ladies, nutrisi dalam timun ini sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh sepanjang hari.

#Melawan kanker
Infused water timun ini dipercaya dapat melawan kanker. Karena mengandung banyak vitamin, mineral dan nutrisi seperti cucurbitacins yang berusaha melawan kanker.

#Mengatur tekanan darah tinggi
Timun sangat  tepat dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi. Sebab 4% kandungan kalium dalam mentimun akan bekerja mengatur tekanan darah lho ladies.

#Membuang racun
Infused water mentimun kaya akan kandungan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan membuang racun. Untuk hasil yang maksimal, ladies bisa mengonsumsinya setiap hari.

Bagaimana untuk kecantikan? Tentu saja ladies, timun bisa bisa dijadikan masker yang bermanfaat untuk menyegarkan kulit yang letih dan lesu. Simak yuk, tips singkat bagaimana membuat masker alami dari ketimun satu ini.

Masker untuk kulit berminyak dan berjerawat, masker ini berguna untuk  mengontrol minyak mentimun dan oatmeal ini masker wajah menyegarkan. Sebab, mentimun dapat menyegarkan kulit ladies dan  menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran. Sementara Oatmeal akan mengelupaskan sel-sel kulit ladies dan mengelupaskan  sel-sel mati pada permukaan kulit. Untuk madu sendiri, ladies sudah mengetahui manfaat madu yang dapat  menghaluskan kulit dan mengontrol tekstur kasar dari oatmeal untuk mencegah lebih dari pengelupasan kulit.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker ini adalah:
• 1/2 mentimun
• 1 sendok makan  oatmeal yang dihancurkan
• 1 sendok makan madu

Cara membuat masker:
 Haluskan 1/2 mentimun dalam blender atau food processor. Masukan ke dalam mangkuk kecil yang sudah berisi bahan lain. Kemudian aduk hingga merata. Gunakan ujung jari bersih, memijat lembut campuran ke wajah  dalam gerakan melingkar. Lalu, biarkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas masker wajah dengan air dingin. Keringkan dengan handuk bersih.

Hampir sebagian besar kulit asian adalah kulit jenis kering. Karena kondisi cuaca di Indonesia sangatlah panas. Nah, tidak perlu kuatir. Ini dia masker untuk kulit kering.

Bahan yang dibutuhkan adalah:
• 1/2 mentimun
• 1 sendok makan yoghurt

Cara membuatnya:
 Campurkan bahan-bahan di atas setelah mentimun dihaluskan.  Cuci wajah ladies dengan air hangat untuk membuka pori-pori. Lalu, keringkan dengan handuk dan oleskan masker tadi  dalam gerakan melingkar pada wajah.  Biarkan selama 10 sampai 15 menit. Kemudian, bilas kering masker wajah menggunakan air hangat dulu, kemudian air dingin.  Jangan lupa keringkan wajah dengan handuk bersih yang lembut. Setelah itu gunakan minyak zaitun untuk melembabkan wajah ladies.

Nah, sangat mudah bukan? Bagaimana ladies mau mencoba di rumah? Selamat akhir pekan dan kembali lagi pada waktu dan kesempatan yang ada dan memberikan topik lengkap seputar kecantikan, kesehatan dan keluarga. Sampai jumpa dan Tuhan memberkati kita semua.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Manfaat Ketimun bagi Kecantikan dan Kesehatan
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Manfaat Ketimun bagi Kecantikan dan Kesehatan Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis