USG Aman Bagi Ibu dan Janin

Pemeriksaan janin dalam kandungan melalui USG sangat penting. Bagi ibu hamil muda, jangan merasa takut saat memeriksakan kandungannya melalui USG. Karena pemeriksaan melalui USG tidak menganggu perkembangan janin. Meman, dokter spesialis kandungan menuturkan, pemeriksaan USG menggunakan gelombang suara ultra sebagai sonar.

''Gambar janin yang terlihat dalam film diambil dari pantulan suara. USG ini berbeda dengan rontgen yang menggunakan sinaar X yang bisa berbahaya bagi janin dalam kandungan,'' terangnya.

Pemeriksaan USG yang dilakukan ibu hamil tentunya sangat bermanfaat, seperti sang ibu bisa mengetahui jenis kelamin bayi atau pun sang ibu bisa melihat dan juga menilai perkembangan janin.

''Melihat perkembangan janin ini termasuk apakah bayi di dalam kandungan ini cacat atau tidak. Sehingga bisa dilihat lebih detail lagi,'' tuturnya. Pemeriksaan USG, lanjut Memen, juga untuk mengetahui letak plaasenta, letak janin serta air ketuban.

Pentingnya pemeriksaan USG bagi ibu hamil agar bisa menentukan sang ibu bisa melahirkan normal atau operasi ceasar. Karena saat melakukan USG, janin bisa dilihat dengan jelas kondisinya. Misalnya saja, janin berada di luar rahim. Otomatis, sang ibu tidak bisa melahirkan normal.

''Pemeriksaan janin dengan USG, sebaiknya dilakukan sejak awal kehamilan yakni saat usia kandungan 0 sampai 28 minggu, dan ada baiknya pemeriksaan USG satu kali dalam empat minggu masa kehamilan bertambah,'' ujarnya mengakhiri.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : USG Aman Bagi Ibu dan Janin
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: USG Aman Bagi Ibu dan Janin Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis