Nikah Bertahun-tahun, Romantisme Tetap Perlu,


Setiap orang yang sudah berkeluarga, mempunyai keinginan untuk mempertahankan tali perkawinan sampai usia pernikahan memasuki masa keemasan, kalau bisa lebih dari itu.

Tentunya keinginan dan harapan, tidak bisa terwujud begitu saja. Tanpa melakukan apapun. Mempertahankan hubungan lebih sulit dibanding memulai hubungan yang baru, itu bagi yang pacaran. Bagaimana yang sudah menikah? Tidak bisa begitu saja donk memutuskan tali pernikahan.

Apalagi sebelum menikah sudah ada komitmen bersama, untuk menjaga hubungan sampai maut yang memisahkan. Nah, bagi yang baru menikah, mungkin ini bisa menjadi salah satu referensi untuk bisa menjaga hubungan dalam rumah tangga senantiasa harmonis dan langeng. Sebab Jasarmen Purba dan Christianto anggota DPRD Kota Batam membagi resep dalam menjaga hubungan pernikahan.

Jasarmen Purba sudah menikah dari tahun 1970 dan usia pernikahannya sudah melebihi masa perkawinan perak. Tentunya, mencapai usia pernikahan seperti tidaklah mudah. Begitu juga dengan Chirstianto menikahi sang istri pada tahun 1990, sehingga usia pernikahannya sekarang ini sudah berjalan 15 tahun.

Suka, duka dalam perkawinan tentu saja ada. Bagaimana, dua pria ini bisa melewati berbagai macam problem dalam rumah tangga? Salah satu kuncinya adalah saling pengertian.

Jasarmen menuturkan, dalam berumah tangga saling cecok (bertengkar) hal yang biasa, asalkan saling mengerti dan memahami.

Sebab terkadang, ada saatnya istri marah, suami harus mengalah. Begitu juga sebaliknya. Karena sudah saling pengertian, hal itu tanpa sengaja sudah bisa dilakukan. Sehingga pertengkaran demi pertengkaran bisa dilalui, sampai usai perkawinan tanpa terasa sudah mencapai masa keemasan.

"Dengan saling mengerti, apa kekurangan dan kelebihan saya bisa diterima, begitu juga sebaliknya dan dengan saling pengertian ada hubungan harmonis yang terjalin," ujarnya.

Masih katanya, rasa ego masing-masing pasangan harus dihilangkan dan jangan ditonjolkan dalam pertengkaran.

Kalau sudajh begitu, komunikasi akan berjalan dengan sendirinya dan lancar. Karena dalam berumah tangga, tidak mungkin ada pertengkaran. Sehingga adu mulut dalam rumah tangga adalah hal yang biasa. Namun, jangan sampai lama-lama disimpan. Begitu matahari terbit keesokan harinya, masalah itu sudah tidak ada.

"Besok kembali dengan udara yang bersih dan suasana yang baru," terangnya.

Disamping itu, rasa romantisme juga perlu meskipun usia pernikahan sudah puluhan tahun. "Kita perlu tetap romantis, paling tidak sebagai orang tua, laki-laki walaupun sudah kakek-kakek harus tetap romantis, karena wanita pada umumnya senang dipuji dan disanjung," ujarnya sambil tersenyum.

Masih katanya, dengan mengingat masa dimana pertama kali berkenalan dan mengulang nostalgia atau masa-masa yang bahagia bisa membuat hubungan tetap harmonis.

Apalagi, hal ini bisa menjadi contoh teladan bagi keluarga, terutama anak-anak. Dan kalau bertengkar, jangan sampai memecahkan barang rumah tangga. Sebab, akan memberikan contoh yang buruk. Karena itu marah boleh saja, asalkan masih dibatas yang wajar.

Hal senada juga diungkapkan Christianto. "Dalam rumah tangga harus ada saling pengertian dan kalaupun soal kecekcokan dalam rumah tangga pasti ada," ujarnya.

Masih katanya, tidak ada rumah tangga yang tidak bercekcok dan kebanyakan orang bercerai karena sudah tidak saling cocok satu sama lain.

Pada dasarnya, tidak ada satu orang pun bisa bertahan terlalu lama dalam hubungan rumah tangga, Karena masing-masing orang memiliki sifat yang berbeda. Sehingga sifat saling pengertian itu memang perlu. Dengan kata lain, saling mengalah agar hubungan bisa terjalin dengan baik dan langeng.

Ia menambahkan, rasa romatis dalam hubungan rumah tangga sangat perlu dan penting.

"Kita perlu mengingat hubungan manis pada masa pacaran dan mengingat-ingat kenangan-kenangan yang indah -indah saja," tuturnya.

Katanya, saat ini saya dan istri saya lagi romantis-romantisnya dengan mengingat masa lalu sehingga timbul rasa romantis dan ada energi baru sehingga tambah sayang pada istri.

Meskipun sudah menjalin hubungan pernikahan selama puluhan tahun, honey moon tetap diperlukan agar hubungan pernikahan tidak jenuh dan tetap menjaga rasa saling pengertian dan bisa membuat diri semakin romantis bersama pasangan. Serta jangan biarkan masalah memisahkan perasaan-perasaan yang selama ini sudah Anda curahkan kepada pasangan. Selain itu, tetap jalin komuniasi yang baik bersama pasangan Anda, niscaya hubungan pernikahan Anda akan terus bertahan dalam keharmonisan yang abadi. Sampai maut yang memisahkan.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Nikah Bertahun-tahun, Romantisme Tetap Perlu,
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Nikah Bertahun-tahun, Romantisme Tetap Perlu, Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis