KPA Tanjungpinang Segera Menyusun Rencana Strategis

Jumlah Penderita terus Meningkat


Penderita HIV/AIDS di Kota Tanjungpinang terus bertambah, untuk itu Komisi Penanggulan AIDS (KPA) Kota Tanjungpinang akan segera membuat program kerja tahunan untuk mengatasi persoalan HIV/AIDS yang terjadi di kota Tanjungpinang.

Berdasarkan data dari KPA untuk perempuan yang dinyatakan positif HIV 34 orang dan laki-laku berjumlah 47 orang. Sedangkan untuk AIDS jumlah penderita pria lebih banyak yakni 16 orang, sementara untuk penderita perempuan berjumlah 12 orang.

Menurut Seketariat KPA Daerah Kota Tanjungpinang, dr Eka Hanasarianto, kemarin, penderita tahun ini sedikit meningkat dibanding sebelumnya. Namun kesadaran masyarakat terhadap virus ini juga sudah baik dibanding sebelumnya.

''Program yang nanti akan kita buat dan susun dalam program rencana strategi pada tanggal 18 Febuari ini, tidak terlalu jauh berbeda dengan tahun lalu. Masih seputar kegiatan konseling, pengobatan, penyuluhan, pendataan dan masih banyak lagi,'' ucapnya.

Eka mengakui untuk dana KPA memang tidak banyak. Karena itu dana KPA dibantu dari Pemerintah Kota Tanjungpinang dan juga dari Global Fun.

''Karena itu dalam penyusunan program rencana strategis, kita akan membahas bersama elemen terkait, yang mana yang akan menjadi pioritas. Sehingga korban penderita HIV bisa berkurang. Karena resiko penderita HIV tidak hanya terjadi pada orang dengan resiko tinggi, tetapi juga ibu rumah tangga,'' ungkapnya.

Meskipun penderita HIV di Tanjungpinang masih kebanyakan penularannya dari berhubungan intim, namun pencegahan penularan HIV juga sudah harus diterapkan dalam kehidupan penderita dengan resiko rendah. ''Kita akan terus memberikan penyuluhan terhadap ibu rumah tangga dan juga pelajar tentang bahayanya HIV/AIDS,'' katanya.

Disinggung di RSUD Kota Tanjungpinang sempat ada satu pasien yang terjangkit HIV/AIDS yang terlantar. Eka menegaskan, jika pasien tersebut berada di rumahsakit, berarti tidak ditelantarkan.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : KPA Tanjungpinang Segera Menyusun Rencana Strategis
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: KPA Tanjungpinang Segera Menyusun Rencana Strategis Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis