Herpes Genital Bisa Menyebabkan Bayi Cacat

HERPES, demikianlah kalangan medis menyebut penyakit radang kulit yang ditandai dengan pembentukan gelembung atau bintil-bintil yang berkelompok. Ada dua macam herpes yakni herpes genital dan zoster. Penyakit herpes genital ini merupakan penyakit kelamin yang bisa juga menyebabkan kecacatan pada bayi.

Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Sa'da Barira, SpKK, herpes genital itu penyakit herpes yang timbul di daerah genital atau kelamin. "Di kemaluan bagian luar timbul bintil-bintil atau gelembung yang berkelompok. Tumbuhnya di atas kulit, bentuknya memerah dan membengkak," katanya.

Penyebab penyakit herpes genital dikatakan dokter yang biasa disapa Ira ini, adalah virus herpes simpleks. Penyakit ini katanya, lebih banyak menular melalui hubungan kontak kulit dengan penderita. "Karena kebanyakan terjadi di kelamin, maka penularannya juga melalui kontak kelamin atau hubungan seks dengan penderita," jelasnya.

Pun begitu, dokter yang murah senyum ini juga menuturkan virus simpleks ini juga bisa menulari bagian anggota tubuh yang lain. "Seperti mulut. Ini terjadi karena kontak kulit (berciuman) dengan penderita. Bisa juga melalui seks oral," tambahnya.

Mengenai gejala dari herpes genital, dokter yang praktek di Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam ini menyebutkan, timbul rasa gatal dan nyeri di daerah kelamin. Bisa juga luka pada kulit yang terkena virus. "Kalau infeksi pertama biasanya juga disertai demam, sakit tulang dan lemas," terangnya.

Bahaya dari penyakit herpes genital lanjut Dokter Ira, jika diderita oleh ibu hamil bisa menyebabkan cacat pada bayinya. "Jika tidak disembuhkan, penyakit ini bisa menyebabkan bayi yang dilahirkan cacat. Karena virus ini bisa mengenai plasenta," urainya.

Cacat pada bayi yang bisa ditimbulkan sebutnya, bisa cacat mental, cacat mata bahkan hati. "Kalau cacat mental, biasanya ada peradangan di otak atau neurologisnya. Sedangkan hati, bisa timbulkan penyakit hepatitis," jelasnya.

Cara pencegahan atau pengobatan, Dokter Ira menyarankan untuk tidak melakukan kontak kulit dengan penderita. Dan jangan lupa juga untuk selalu meningkatkan daya tahan tubuh. "Yang juga tidak kalah penting, jika menemui gejala ada bintil-bintil air, segeralah periksakan ke dokter atau pusat pelayanan. Sementara untuk, yang telah berulang jika muncul lagi, herpes genital bisa diobati sendiri di rumah dengan menggunakan saleb," tukasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Herpes Genital Bisa Menyebabkan Bayi Cacat
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Herpes Genital Bisa Menyebabkan Bayi Cacat Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

12 comments:

didittrek said...

pencet aja selesai dah.

didittrek said...

pencet aja,selesai dah.

mr. low prices said...

mudah aja kok, jujur sy dah pernah kena herpes genital, dah diperiksain ke dokter, cuman dikasi salep merknya " acyclovir " dioles dibagian yang sakit 3 jam sekali selama 6 hari ga boleh berhenti... pasti sembuh. salepnya mudah didapat di apotek manapun.

Anonymous said...

http://connections.blackboard.com/people/7f7182205e Buy Accutane Online,
http://connections.blackboard.com/people/16ca99c49e Buy Aciphex Order

Anonymous said...

mungkinkah bisa terkena herpes genital selain melalui hubungan seksual?
bisa disembuhkan kah? sehingga tidak pernah muncul lagi dan tidak berbahaya bagi bayi?

Dheny Amk said...

Aq mempunyai Pasien Laki-laki Umurnya 22 tahun katanya timbul gelembung-gelembung berkelompok berair ketika melakukan selesai melakukan Onani. Apakah itu juga penyakit Herpes Genetalia.

Dheny Amk said...

Aq mempunyai Pasien Laki-laki Umurnya 22 tahun katanya timbul gelembung-gelembung berkelompok berair ketika melakukan selesai melakukan Onani. Apakah itu juga penyakit Herpes Genetalia.

Dheny Amk said...

Aq mempunyai Pasien Laki-laki Umurnya 22 tahun katanya timbul gelembung-gelembung berkelompok berair ketika melakukan selesai melakukan Onani. Apakah itu juga penyakit Herpes Genetalia.

Anonymous said...

kalo di vagina gatal-gatal,
trus muncul merah-merah tapi gak disertai panas/demam,

apa itu herpes juga ?

Citra Pandiangan said...

Mungkin bisa disebabkan bakteri, tapi ada baiknya konsultasi ke dokter mbak.... Mudahan aja gak masuk itu ya

Intan memang sendiri said...

kal yg punya penyakit herves gimana dong kl mau punya anak lagi agar tdk terjangkit...dan saat hamil penyakitnya kambuh bagaimana?

Anonymous said...

Having read this I thought it was very informative. I appreciate you finding the
time and energy to put this informative article together.
I once again find myself personally spending a significant amount of time
both reading and leaving comments. But so what, it was still worth it!


My page Newport Beach catering

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis