Kabupaten Anambas Resmi Berdiri

Perjuangan rakyat Anambas untuk memiliki pemerintahan sendiri akhirnya terwujud dengan diresmikan Kabupaten Kepulauan Anambas Jumat (26/9). Peresmian Kabupaten pecahan dari Natuna ditandai dengan pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt) Anambas Tengku Muchataruddin langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto.

Peresmian dan pelantikan Plt Bupati Anambas dihadiri Gubernur Kepri, Ismeth Abdullah dan seluruh Bupati dan Walikota yang berada di wilayah Kepri. Termasuk, Bupati Kabupaten Natuna, Daeng Rusnadi serta Wakilnya beserta seluruh unsur Musipida Kabupaten Natuna, serta beberapa tokoh masyarakat Kabupaten Anambas.

Gubernur Kepri, Ismeth Abdullah dalam sambutannya menuturkan pembentukan Anambas sebagai provinsi baru merupakan hasil sebuah kajian panjang. Dari hasil kajian menyimpulkan letak Anambas yang cukup jauh dari Kabupaten induknya membuat masyarakat Anambas rentang kendali pemerintahan menjadi lebih sulit.

Sehingga mengakibatkan pertumbuhan ekonomi menjadi lemah. Selain itu, pengawasan kelautan semakin marak yang menyebabkan aksi illegal fishing semakin merajalela. Dikarenakan posisi Anambas dekat dengan negara tetangga lain. Sehingga dibutuhkan pengawasan ekstra untuk mengatasi berbagai kasus illegal fishing yang menyebabkan negara dirugikan.

''Dari berbagai latar belakang inilah membuat kami mengusulkan kepada pusat untuk segera memekarkan Anambas menjadi Kabupaten baru,'' ujarnya.

Terbentuknya kabupaten yang baru ini diharapkan rentan pemerintahan semakin pendek. Sehingga masyarakat di tujuh kecamatan tersebut tidak lagi mengalami kesulitan. Selain itu dengan adanya pemerintahan baru di Anambas akan mempermudah pengawasan terhadap pulau-pulau terluar Indonesia.

Pemekaran Anambas, lanjut Ismeth, juga memperhatikan kemampuan daerah tersebut untuk dapat menghidupi dirinya sendiri. Saat ini, potensi sumber alam dan pariwisata memungkinkan Kabupaten ini dapat tumbuh menjadi kabupaten yang kaya.

''Dengan adanya sumber daya yang ada, Kabupaten Anambas bisa tumbuh mandiri menjadi sebuah daerah yang makmur,'' harap Ismeth.

Menteri dalam negeri Mardiyanto dalam sambutannya mengatakan pembentukan kabupaten yang baru ini diharapkan dapat mensehjahterakan masyarakat Anambas.


''Pembentukan Anambas ini sudah sesuai dengan janji kami. Dan dengan berpisahnya Anambas dari Kabupaten induknya, diharapkan kabupaten ini dapat bersaing dengan daerah lain,'' ujar Mardiyanto.

Mardiyanto berpesan agar Plt Bupati yang baru untuk segera bekerja membuat perangkat pemerintah di Kabupaten yang baru tersebut. ''Untuk pak Muchtaruddin, supaya bekerja secepatnya untuk mengangkat sekda untuk membantu tugas menjalankan roda pemerintahan ini,'' tutur dia.

Tugas Plt Bupati, lanjutnya, menyusun, menyiapkan tata administrasi perangkat pemerintahan sampai pemerintahan definitive terbentuk. ''Potret keberhasilan suatu daerah bisa dilihat dari awal pembentukan. Karena itu saya sangat berharap Pelaksana Bupati dapat bekerja maksimal mungkin,'' tandasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Kabupaten Anambas Resmi Berdiri
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Kabupaten Anambas Resmi Berdiri Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

7 comments:

Boby Ismando said...

mbak citra, kalo boleh tahu, ibukota anambas yang resmi apa sudah ditentukan? karena kabar terakhir saya dengar masi simpang siur antara tarempa dan letung. terima kasih

Citra Pandiangan said...

Ibukota kabupaten kepulauan Anambas sudah ditetapkan da seperti kabar semula di Tarempa mas..... Makasih kembali, orang sana ya mas?

ujenk said...

mbak saya orang tarempa tapi saya sekarang tinggal dipekanbaru apakah bupati kabupaten anambas sudah ad dan siapa namanya?

karyaku said...

gimana caranya ol ama mbk. sibuk ya?????????
gimana caranya kalo mau jadi honorer dikab anambas mbakkkkkkkkkkkkkkk??////////////

Citra Pandiangan said...

@ Ujenk
Untuk saat ini baru Plt Bupati Anamas di pegang oleh pak Tengku Muktaruddin neh mas, sorry blognya gak bisa di buka, karena ada tulisan seks secara otomatis jd kagak bisa di buka

@ Karyaku
Caranya gampang koq mas citra29111
untuk jadi honorer di Anambas, saya belum dapat info dan kayanya si ada tuk tahun ini or depan. Karena saat ini mereka menggunakan PNS yang memang tugas di Anambas

NATUNA said...

assalamualakum,ma'af ya mbak saya mau tanya ni. kapan ya ada lowongan honor di terempa, saya asli pulau tujuh tapi di sedanau tauakan. kalau ada lowongan kasih informasi ya? thak mbk, safri_alim@yahoo.com.

NATUNA said...

sekarang saya di batam and boleh nggak inta no hp nya ni no hp saya 085668288334

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis