Aktifkan Kembali Pos Kamling

Tingkat kejahatan menjelang Ramadan tentunya akan meningkat. Untuk menghindari kejahatan yang ada di lingkungan masyarakat. Badan Kesbang Linmas dan Pembangunan Masyarakat Kota meminta agar setiap daerah kembali mengaktifkan pos kamling.

''Aktifkan kembali pos kamling untuk menghindari kejahatan, seperti pencurian dan sebagainya. Karena biasanya menjelang Ramadan biasanya kriminalitas meningkat,'' ujar Kepala Badan Kesbang Linmas dan Pembangunan Masyarakat Kota Tanjungpinang, M. Juramadi Esram, kemarin.

Ia menghimbau kepada masyarakat jika berpergian dan rumah ditingal semua untuk menitipkan kepada tetangga atau pak RT agar sewaktu-waktu dipantau.

Hal itu untuk mengurangi kesempatan bagi orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan pencurian. ''Karena itu diperlukan kewaspadaan masyarakat terhadap lingkunganya sendiri. Sehingga lingkungan tetap aman. Kalau berpergian juga diperhatikan barang yang digunakan. Karena kejahatan tidak hanya terjadi pada malam hari tetapi juga pagi dan siang hari,'' ungkapnya.

Untuk meningkatkan keamanan lingkungan, lanjut J Esram, ada baiknya masyarakat sekitar juga peduli terhadap lingkungan yang ada. ''Dengan mengaktifkan pos kamling tentunya melibatkan masyarakat. Sehingga lingkungan masyarakat tetap aman dan nyaman,'' tuturnya.

Diakui J Esram, pos kamling di Tanjungpinang jarang digunakan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Padahal setiap rapat Musrembang selalu masyarakat minta diajukan pos kamling tetapi begitu dibangun tidak dimanfaatkan.

''Memang ada pos kamling yang aktif dan lebih banyaknya pos kamling yang tidak aktif. Karena itu, tahun ini memang kita tidak membangun pos kamling di lingkungan masyarakat. Sampai melihat sejauh mana pos kamling yang dibangun berfungsi dengan baik,'' ucapnya.

Untuk itu, J Esram, tahun ini dan juga perencanaan tahun depan untuk pembanguna pos kamling akan dikaji ulang.

Meskipun banyak masyarakat yang mengajukan untuk membangun pos kamling. Namun begitu pos kamling dibangun. Pos tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. ''Memang dalam menjaga keamanan, masyarakat harus bahu membahu untuk menciptakan lingkungan yang aman. Semua harus elemen harus terlibat di dalamnya, karena itu merupakan lingkungan bersama,'' tukasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Aktifkan Kembali Pos Kamling
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Aktifkan Kembali Pos Kamling Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis