Menulis Rensensi Buku

Langkah/Tahap Cara Membuat Resensi Buku dan Unsur/Kerangka Resensi Buku



1. Jenis Buku

Jenis/bentuk buku itu apakah roman, novel, biografi, atau yang lain. Selain itu seorang resentator menyebutkan juga buku termasuk buku fiksi atau nonfiksi.

2. Keaslian Ide

Buku itu apakah benar-benar merupakan karya asli dari pengarangnya atau merupakan jiplakan dari buku lain yang pernah terbit.

3. Bentuk

Bagaimana mengenai bentuk atau format dari buku itu. Apakah bentuknya, kertas, ilustrasi cover, jenis huruf yang dipakai, dan sebagainya.

4. Isi dan Bahasa

Dilihat dari segi isi, resentator perlu memperhatikan unsur-unsur intrinsiknya, yaitu tentang tema, alur, perwatakan, sudut pandang dan sebagainya.
Bahasa dalam buku itu dapat ditinjau dari segi struktur kalimat, gaya bahasa/style, ungkapan dan lain-lain. Apakah bahasa yang digunakan memakai bahasa sehari-hari yang segar tidak menjemukan, mudah dimengerti oleh pembaca, dan sebagainya. Mudah dipahami atau sukar diterima pembaca. Pengujian materi mendapat perhatian juga dari resentator.

5. Simpulan

Akhirnya seorang penulis resensi harus dapat menyimpulkan, apakah buku itu baik dan perlu dibaca atau tidak.
• menulis data buku yang dibaca,
• menulis ikhtisar isi buku,
• mendaftar butir-butir yang merupakan kelebihan dan kekurangan buku,
• menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atau isi buku, dan
• memadukan ikhtisar dan tanggapan pribadi ke dalam tulisan yang utuh.

Sebuah resensi harus memuat hal-hal sebagai berikut :

1. Data buku atau identitas buku

a. Judul buku
Jika buku yang akan kamu resensi adalah buku terjemahan, akan
lebih baik jika kamu menuliskan judul asli buku tersebut.

b. Penulis atau pengarang
Jika buku yang diresensi adalah buku terjemahan, kamu harus
menyebutkan penulis buku asli dan penerjemah.

c. Nama penerbit

d. Cetakan dan tahun terbit

e. Tebal buku dan jumlah halaman


2. Judul Resensi
Judul resensi boleh sama dengan judul buku, tetapi tetap dalam konteks buku itu.

3. Ikhtisar Isi Buku

Dalam meresensi buku, seorang peresensi harus menulis buku yang hendak diresensi. Ikhtisar adalah bentuk singkat dari suatu karangan atau rangkuman. Ikhtisar merupakan bentuk singkat karangan yang tidak mempertahankan urutan karangan atau buku asli, sedangkan ringkasan harus sesuai dengan urutan karangan atau buku aslinya. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat ikhtisar isi buku adalah sebagai berikut.

a. Membaca naskah/buku asli
Penulis ikhtisar harus membaca buku asli secara keseluruhan untuk
mengetahui gambaran umum, maksud, dan sudut pandang pengarang.

b. Mencatat gagasan pokok dan isi pokok setiap bab
c. Membuat reproduksi atau menulis kembali gagasan yang dianggap
penting ke dalam karangan singkat yang mempunyai satu kesatuan yang padu.

4. Kelebihan dan Kekurangan Buku
Penulis resensi harus memberikan penilaian mengenai kelebihan dan kelemahan buku yang disertai dengan ulasan secara objektif.

5. Kesimpulan
Penulis resensi harus mengemukakan apa yang diperolehnya dari buku yang diresensi dan imbauan kepada pembaca. Jangan lupa cantumkan nama kamu selaku peresensi.

***
 Membuat resensi sebuah buku, selain membuka jendela pengetahuan, juga mencerminkan seseorang mahir melakukan analisa dan mendeskripsikannya dalam bentuk uraian pendek, singkat, padat dan jelas dari sebuah buku yang dibacanya. Tetapi, tidak semua orang mahir melakukan resensi buku bukan? Bagaimana dengan Anda?

Ini adalah cara membuat resensi buku sehingga Anda bisa membuat ringkasan buku lebih baik dan memiliki keahlian di bidang tersebut.

Cara Resensi Buku # 1 : Biasakan dengan satu genre buku.

Membiasakan diri dengan genre buku, akan membantu membantu Anda menulis review buku dengan ilmu pengetahuan dan menyiratkan wibawa dibenak pembaca, juga dalam pandangan pembuat buku yang Anda review. Jangan memaksakan diri membuat resensi buku, dimana Anda kurang memiliki pengetahuan dengan genre buku tersebut.

Cara Resensi Buku # 2 : Baca buku sambil membawa catatan

Kemanapun Anda pergi bawalah sebuah catatan. Apakah itu secarik kertas yang diselipkan dalam buku yang Anda baca, maupun buku khusus untuk membuat resensi buku. Jelaskan buku yang And abaca secara singkat. Sentuhlah subjeknya, ruang lingkup, dan pernyataan penting dari sang penulis buku. Deskripsi lengkap tidak diperlukan, karena pembaca hanya menginginkan gambaran umum dari buku yang Anda baca.

Cara Resensi Buku # 3 : Berikan pendapat kritis

Memberikan pendapat kritis dari buku harus didukung dengan contoh-contoh sesuai dengan pengetahuan Anda  atau dengan fakta lain yang telah diteliti. Jelaskan, apa kekuatan utama dari buku tersebut dan kelemahan yang mesti diketahui pembaca.

Cara Resensi Buku # 4 : Gunakan kutipan pendek

Dengan menggunakan kutipan pendek,  dapat membantu pembaca memberikan kepercayaan dengan buku yang Anda resensi. Jika Anda memilih untuk membaca kritikus lain yang telah menulis tentang buku yang sama, pergunakan pendapat Anda sendiri untuk menghindari kesan telah dipengaruhi oleh orang lain.

Cara Resensi Buku # 5 : Mulailah dengan pendahuluan

Yakinlah bahwa, resensi buku yang bagus akan menarik diawal dengan pendahuluan yang menyajikan pendapat Anda tentang buku tersebut. Membuat sebuah cerita penting dalam paragraph awal, akan mendorong pembaca melanjutkan ulasan buku yang Anda resensi. Cukup buat pendahuluan yang singkat. Dengan begitu, pembaca akan tertarik untuk mempelajari mengapa Anda menukilkan pendapat Anda pertama. Buatlah pembaca apakah setuju atau tidak dengan pendapat Anda tersebut.

Cara Resensi Buku # 6 : Tulislah Tubuh Utama Buku

Bagian utama dari tinjauan buku harus memberikan ringkasan isi. Ringkasan harus singkat agar merangsang pembaca memahami pokok utama bahasan dari buku tersebut. Dalam analisis, pergunakan pendapat Anda. Sertakan kutipan dari buku yang relevan. Bertanyalah pada diri sendiri beberapa pertanyaan akan membantu Anda menghasilkan beberapa pertanyaan seperti:  Apa ide utama dari buku ini? Apakah tujuan penulis dengan buku tersebut? Apakah informasi dalam literatur disajikan dengan cara baru dan memuaskan? Apakah penulis membuat informasi yang memadai? Apakah Anda merekomendasikan atau tidak merekomendasikan buku tersebut untuk dibaca?

Cara Resensi Buku # 7 : Buatlah kesimpulan

Kesimpulan dari sebuah resensi buku harus merujuk kembali ke pendahuluan. Pendapat yang sama harus diperkuat dengan contoh-contoh singkat. Ini adalah ringkasan dari semua alasan yang mendukung posisi Anda memiliki kualitas dari pekerjaan yang sudah Anda lakukan. Dengan kesimpulan yang kuat, laporan buku akan review terpadu dari pekerjaan.

Tambahan: Resensi buku harus memiliki bentuk yang pasti. Tidak boleh hanya sekedar kicauan Anda. Paragraf pembuka harus pendek dan harus membuat pembaca tertarik untuk membaca.  Jangan gunakan ungkapan-ungkapan seperti: ‘Saya pikir ……’, ‘Saya percaya bahwa …..’ dalam ulasan Anda. Jagalah kata ‘Aku’ keluar dari tulisan Anda.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Menulis Rensensi Buku
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Menulis Rensensi Buku Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis