Lukman Pimpin Lantamal IV

Setelah terjadi pengeseran untuk tiga komandan di lingkungan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV yang berlokasi di Tanjungpinang, kini giliran Komandan Lantamal IV melakukan serah terima jabatan di Markas Komando (Mako) Lantamal IV. Selama enam bulan lalu Laksamana Pertama TNI AL, Marestio yang menjabat sebagai Dalatamal digantikan oleh Kolonel Marinir, Lukman Sofyan.

Menurut Laksamana Pertama Panglima Koarmabar, Soeparno, dalam sambutannya, kemarin, serah terima jabatan di lingkungan TNI AL merupakan hal yangwajar dan rutin dilakasanakan sebagai bagian dari pembinaan personil.

''Serah terima jabatan mengandung dua makna penting yang merupakan proses kesinambungan kepemimpinan dalam rangka mendinamisasikan organisasi agar senantiasa resfonsif dan antisipasif terhadap tantangan ke depan. Sehingga semakin efektif dari waktu ke waktu. Serta motivasi dan memacu semangat untuk maju dalam tugas-tugas yang diembannya dilaksanakan dengan optimal,'' jelasnya.

Sebagai salah satu komandan pelaksana koarmabar, Lantamal IV mempunyai tugas pokok menyelenggarakan dukungan logistik dan adminstrasi bagi satuan operasional TNI AL, khususnya unsur-unsur yang beroperasi di perairan wilayah barat. Selain itu, tugas Lantamal IV juga menciptakan rasa aman bagi pengguna laut serta melaksanakan pembinaan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara dibidang maritim di wilayah Lantamal IV.

''Seperti kita ketahui wilayah kerja Lantamal IV mempunyai wilayah perairan yang bernilai strategis, baik ditinjau dari kepentingan ekonomi maupun dari kepentingan pertahanan dan keamanan di laut, karena juga merupakan jalur lintas perdagangan internasional serta berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga,'' tuturnya.

Diakuinya, kondisi tersebut mempunyai nilai keberuntungan bagi Indonesia dan disisi lain juga menimbulkan berbagai kerawanan yang akan berpengaruh terhadap keutuhan NKRI.

Sementara itu di tempat terpisah, Laksamana Pertama TNI AL, Marestio menuturkan, pengantinya juga akan menuruskan tugas dan kewenangan yang sama untuk menjaga NKRI. ''Tugas kami mengamankan wilayan perairan yang ada di Indonesia, sesuai dengan wilayah yang ditempatkan. Kapal asing yang masuk ke perairan Indonesia harus mengikuti peraturan yang ada di Indonesia,'' ungkapnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Lukman Pimpin Lantamal IV
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Lukman Pimpin Lantamal IV Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

2 comments:

Herdin O. T. said...

Semua berharap pastinya supaya menjadikan kondisi tetap baik dan mungkin semakin baik...

Citra Pandiangan said...

Yup... I agree

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis