6 Tips Mengajarkan Anak Gemar Membaca


Hai ladies, kali ini yang berstatus bunda ya. Malam hari ini, admin mau membahas mengenai tips parenting deh. Khusus bagi ladies yang sudah memiliki anak neh. Kita panggil ladies yang sudah punya anak dengan sebutan bunda saja ya. Bagi yang belum, tetap boleh membaca koq untuk bekal di masa depan nanti.

Bunda, menjadi orangtua adalah hal yang menyenangkan, selain bukti buah cinta dari sang kekasih hati. Namun semakin anak bertumbuh kembang, tugas bunda akan semakin bertambah lho. Bukan berkurang! Malam hari ini, admin mau memberikan tips bagi bunda untuk mengajarkan anak gemar membaca. Karena ini merupakan tugas penting bagi bunda untuk masa depan anak.


Seperti sudah kita ketahuin bunda, membaca membuka gerbang jendela dunia. Jika sejak dini anak tidak menyukai membaca. Bisa berabe lho bun, apalagi berdasarkan data belakangan ini, minat membaca di Indonesia sangat buruk, jangan sampai di masa depan angka minat membaca makin menurun ya bunda. Entah, apa jadinya generasi bangsa di masa depan.

Baiklah, ini dia enam tips menarik untuk bunda cara mengajarkan anak gemar membaca dengan riang.

1. Kunci untuk membaca adalah kata-kata

Maksudnya disini bunda, tugas bunda adalah mendengar mereka, berbicara dengan mereka, melihat mereka, dan mencoba menghubungkan mereka dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk membuat kosakata yang lebih banyak lagi bagi anak.

Misalnya, saat bunda berbelanja ke swalayan atau toko mengajak anak untuk berbicara, dalam perjalanan ke sekolah, sebelum tidur. Tujuan berkomunikasi dengan anak baik sekedar mendengarkan dan berkata-kata untuk menjamin kosakata yang lebih kaya bagi anak bunda.

2. Sisihkan waktu khusus setiap hari untuk membaca bersama-sama.

Memang bunda, bunda sudah sibuk bekerja, tetapi bunda menghabiskan waktu khusus bersama anak-anak bunda untuk membaca bersama-sama setiap hari sangat penting lho bunda. Bunda pernah pastinya menonton film televisi atau film keluarga dari negeri seberang. Dimana orangtua baik ibu maupun ayah atau bergantian membacakan buku atau mendengarkan anak membaca buku sebelum tidur.

Tentunya ini bertujuan agar anak bunda terbiasa dengan membaca dan menjadikan hubungan kesenangan membaca bersama orangtuanya. Tidak mesti harus di kamar tidur anak bunda, bunda bisa mencari tempat yang bagus dan menyenangkan agar anak bunda bisa membaca bersama dengan lebih mengasyikan lagi.

3. Baca buku yang bunda suka.

Kesenangan bunda akan menular pada anak lho. Karena itu bunda, baca buku yang bunda suka, lalu anak-anak bunda juga bunda izinkan untuk memilih sendiri buku yang hendak mereka baca.

Saat anak bunda memilih suatu buku dengan cerita pilihan mereka. Bunda tidak boleh mengatakan pilihan mereka tidak bagus atau ceritanya tidak menarik. Bunda harus memuji pilihan mereka.

4. Berhenti sesekali untuk mengajukan pertanyaan pada anak.

Saat bunda sedang membacakan buku cerita pada anak bunda, bunda jangan terfokus pada cerita yang ada di dalam buku saja. Melainkan bunda melakukan interaksi dengan anak bunda, misalnya bunda menanyakan gambar apa ini (jika sedang membaca buku cerita bergambar) atau bunda menanyakan apa yang didengar anak bunda saat bunda sedang bercerita.

Cobalah untuk mengajukan pertanyaan yang membutuhkan lebih dari satu jawaban ya atau tidak. Misalnya saja, bunda bisa mengajukan pertanyaan seperti ini, "Apa yang kakak or dedek pikirkan mengenai kisah selanjutnya?"  atau "Siapa yang paling adek atau kakak suka dalam cerita ini?"

5. Hubungkan cerita untuk hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari bunda.

Misalnya bunda sedang membacakan cerita mengenai seekor anjing,  nah bunda bisa menunjukan semua anjing yang bunda lihat dalam buku cerita itu, tanya pada mereka (anak-anak, red) apakah mereka pernah melihat anjing di sekitar mereka. Lalu tanyakan, Seberapa besar? Warna apa saja anjing itu?  Kira-kira siapa pemilik anjing itu? Lalu, bunda dan anak-anak bisa membuat cerita baru bersama-sama tentang anjing

6. Tips terakhir ini berhenti sesekali dan menunjukkan kata yang menarik dengan jari bunda.

Ucapkan dan biarkan anak mengulanginya. Bagi bunda yang masih memiliki anak yang masih belum bisa membaca, tidak ada salahnya koq. Tidak perlu terlalu memaksakan jika usia anak masih belum mencukupin tetapi tetap bunda mengajarkan anak membaca tanpa paksaan.


Semoga tips diatas sangat berguna bagi bunda yang masih memiliki anak yang masih balita. Mengajarkan anak gemar membaca dan menjadikan kegiatan membaca menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan adalah tugas yang tidak mudah lho bunda. Karena itu, selamat berjuang bunda.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : 6 Tips Mengajarkan Anak Gemar Membaca
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: 6 Tips Mengajarkan Anak Gemar Membaca Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis