Benjolan di Vegina?

Beberapa waktu yang lalu, saya ditanya sama salah satu pembaca blog hal wanita melalui yahoo messenger.... Namun baru bisa terjawab sekarang.

Pertanyaan kurang lebih seperti ini. Saya masih pelajar dan terdapat benjolan pada v (vegina) yang kadang2 muncul tapi tidak ada rasa sakit.

Okay, ada beberapa pertanyaan yang juga di tanyakan kawan saya yang bekerja di bidang kesehatan. Setelah saya menanyakan prihal tersebut. Apa memang di vegina atau di luar vegina?

Itu ada perbedaan, cuma aku lupa apa yang dibahasnya karena bahasa medis. Nah, benjolan pada vegina pada saat buang air kecil kadang2 timbul tanpa rasa sakit maupun bau. Nah, kata kawan itu bisa dikarenakan varises pada bibir vegina.

emmm Varises tidak hanya terjadi di kaki, tetapi juga di bagian tubuh lain, seperti di vagina. Sebenarnya secara anatomi sama saja varises vagina dengan varises di bagian tubuh lain, yakni terjadinya pelebaran pembuluh vena.

Volume darah pada wanita hamil bertambah banyak, bisa sampai 20 persen, sehingga terjadi pengenceran darah. Dengan bertambahnya volume darah dan juga beban tubuh, maka organ-organ yang banyak memiliki pembuluh vena seperti vagina mengalami pelebaran.

Varises pada vagina bisa dicegah dengan konsumsi makanan bergizi seimbang yang kaya akan antioksidan alami serta serat. Varises pada vagina terkait dengan kekuatan otot-otot dan dinding-dinding pembuluh darah ibu hamil.

Jika ibu hamil memiliki tubuh yang sehat, maka otot-otot dan dinding-dinding pembuluh darahnya pun lebih kuat dan sehat. Varises yang terjadi di vagina akan menyulitkan ibu hamil untuk melahirkan secara normal. Kalau kondisinva memang sedemikian sulit, dokter akan menyarankan untuk operasi sesar.

Bisa menetap

Seperti sudah disebutkan, pencegahan jelas lebih baik. Sebab, bila varises telah muncul, kemungkinan akan menetap. Meski ada juga yang 3-4 bulan setelah melahirkan varises akan hilang dengan sendirinya. Tapi kalau ibu hamil memiliki faktor risiko, seperti orangtuanya juga mengalami varises, kegemukan, hamil di atas 40 tahun dan sebagainya, kemungkinan varises akan menetap.

Itu bagi ibu hamil, bagaimana kalau anak gadis apa bisa mengalami varises pada vegina? Kata kawanku bisa. Hal itu dikarenakan pada saat buang air kecil, tanpa sadar suka ngejen sehingga timbul varises pada bibir vegina.

Namun disarankan bila timbul benjolan pada bibir vegina, segera temui dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan juga pengobatannya.

(Informasi berbagai sumber dan juga miss m)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Benjolan di Vegina?
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Benjolan di Vegina? Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

3 comments:

hailey said...

Hi, I came across your site and wasn’t able to get an email address to contact you. Would you please consider adding a link to my website on your page. Please email me back and we'll talk about it.

Thanks!

Hailey William
haileyxhailey@gmail.com

Anonymous said...

Hello I do not agree ...

Anonymous said...

Hello Exactly as you say.

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis