Jangan Takut Check Up

Pemikiran mengenai lebih baik tidak mengetahui penyakit daripada mengetahui penyakit masih menjadi "primadona" di masyarakat Indonesia. Rasa takut untuk melakukan pemeriksaan kesehatan masih menjadi TOP LIST, rasa takut pergi ke dokter untuk mengetahui berbagai persoalan kesehatan bagaikan mimpi buruk. Sebenarnya melakukan pemeriksaan kesehatan atau biasa disebut check up kesehatan merupakan hal yang wajib dilakukan, setidaknya kita bisa mengetahui bahwa penyakit itu bisa diatasi sebelum semakin parah.

Beberapa bulan lalu, saya mendapatkan "teman kos" baru, dia baru pindah dari Pekanbaru. Alasannya dia pindah ke Jakarta karena dalam proses pengobatan. Dia memiliki penyakit yang hanya dialami kaum wanita saja. Penyakit Servik. Dia sudah mengetahui empat tahun yang lalu, saat itu sel kanker masih belum berkembang. Dia merasa takut untuk berobat, sehingga dia membiarkan saja penyakit itu ada di dalam tubuhnya. Hingga waktu berlalu dan dia sudah tidak tahan lagi akan sakitnya yang luar biasa. Saat melakukan pengobatan, dia sangat terkejut karena kanker itu sudah menyebar dan stadium 3. Karena sudah terlalu parah, untuk membuang air kecil saja ia merasa kesakitan, badannya pun kian kurus. Sehingga ia memutuskan untuk melakukan pengobatan.

Itu hanyalah satu kisah diantara ribuan kisah yang ada di sekeliling mu ladies. Kenapa kita harus melakukan check up? Wanita  harus melakukan check up (pemeriksaan) secara umum setahun sekali atau setiap tahun. Check up yang dilakukan secara reguler untuk mengetahui penyakit yang ada di dalam tubuh, seperti tekanan darah atau pun berbagai persoalan di dalam tubuh. Sehingga penyebaran penyakit bisa dihambat, jika kita melakukan pemeriksaan secara rutin.

Pemeriksaan secara umum bagi wanita itu, apa saja yang harus diperiksa?

Pemeriksaan kesehatan jantung bagi wanita

Pemeriksaan kesehatan untuk penyakit jantung mungkin termasuk: 
Tekanan darah - memiliki tekanan darah Anda diperiksa setiap dua tahun setelah usia 18. Jika tekanan darah Anda adalah di sisi yang tinggi, atau Anda memiliki riwayat pribadi atau keluarga tekanan darah tinggi, stroke
atau serangan jantung, yang terbaik untuk memilikinya lebih sering diperiksa.

Tes darah - memeriksa kadar kolesterol Anda dan trigliserida. Tinggi tingkat dapat menunjukkan peningkatan risiko penyakit jantung. Jika Anda lebih 45, Anda harus memiliki tes darah ini sekali setiap lima tahun. Jika kamu berisiko tinggi penyakit jantung, Anda harus diuji setiap atau dua tahun.

Cek berat - kelebihan berat badan merupakan faktor risiko yang signifikan bagi banyak kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung dan diabetes. Meminta dokter untuk memeriksa indeks massa tubuh (BMI) dan pengukuran pinggang setiap dua tahun.

Pemeriksaan kesehatan diabetes bagi perempuan 


Tes untuk diabetes meliputi puasa tingkat gula darah. Ini melibatkan mengukur jumlah glukosa dalam darah setelah Anda belum makan selama delapan jam. Tergantung pada tingkat risiko Anda, Anda akan perlu diuji setiap satu sampai tiga tahun.

Anda berada pada risiko tinggi diabetes tipe 2 jika Anda: berusia lebih dari 45 tahun dan obesitas (BMI lebih dari 30) memiliki diabetes gestasional pada kehamilan yang memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS) memiliki riwayat keluarga diabetes yang merupakan Aborigin atau Torres Strait Islander berusia di atas 35 tahun milik kelompok etnis tertentu.

Pemeriksaan kesehatan kanker payudara bagi wanita

Wanita dari segala usia harus mengunjungi dokter dalam seminggu atau lebih jika mereka melihat adanya perubahan payudara. Wanita berusia antara 50 dan 74 tahun yang memiliki tidak ada riwayat pribadi atau keluarga kanker payudara harus memiliki screening mammogram (payudara x-ray) setiap dua tahun. Jika Anda memiliki pribadi atau riwayat keluarga kanker payudara, dokter Anda dapat membantu Anda untuk memutuskan seberapa sering Anda perlu disaring.



Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Jangan Takut Check Up
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Jangan Takut Check Up Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis