Ajarkan Kebiasaan Makan Sehat Bagi Anak

Memiliki anak adalah suatu anugrah, tetapi bertambahnya usia bisa saja menjadi hal merepotkan. Apalagi urusan makanan. Ladies, bunda, tidak perlu kuatir. Mengajarkan anak makan makanan yang mengandung nutrisi sehat memang diperlukan sejak mereka masih dini. Jadi, bagaimana mengajarkan agar anak menyukai makanan mereka ya?


# Waktu Makan, Waktu yang Menyenangkan 
Ladies, bunda terlalu sibuk denga
n pekerjaan rumah maupun kantor, sehingga lupa menjadikan jam makan anak adalah hal yang menyenangkan. Yuk, ladies, buat waktu makan menjadi menyenangkan dengan melibatkan seluruh keluarga, setidaknya dalam satu hari aja, at least jam makan malam or makan siang. Dorong anak Anda untuk makan secara perlahan, karena perlu waktu 20 menit bagi otak untuk menyadari bahwa perut sudah penuh. Selain itu, rasa dari makanan yang dinikmati akan lebih terasa bila dimakan perlahan-lahan. Jangan makan terburu-buru di depan anak Anda, duduklah dan sisihkan beberapa menit untuk makan dan anak Anda akan meniru Anda.

#Makan Banyak, No Way 
Menu masakan ladies enak banget, anak-anak memang sedang dalam masa pertumbuhan dan mereka memerlukan gizi lengkap dan nutrisi tinggi. Tapi bukan berarti si kecil boleh makan apapun sebanyak yang dia mau. Jangan biarkan anak  makan berlebihan karena bisa menyebabkan obesitas atau diabetes di kemudian hari. Beri anak makanan ringan tiap 2-3 jam untuk mencegahnya makan porsi berlebihan saat jam makan utama. Camilan yang dikonsumsi harus tetap sehat, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, buah-buahan segar atau biskuit gandum. Akan menjadi strategi yang baik apabila Anda melibatkan anak dalam berbelanja, sehingga mereka dapat memilih makanan ringan yang menarik bagi mereka. Hal ini juga merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk mengajari mereka untuk membaca label dan memilih makanan yang sehat.

#Perlakukan Anak dengan Baik
Jangan hancurkan kesenangan masa kanak-kanak mereka, perlakukan mereka sehingga bisa merasakan bagian terbaik menjadi seorang anak. Kita memang perlu menanamkan kebiasaan makan yang sehat dan baik pada anak-anak, tetapi sesekali memperlakukan anak dengan memberikan mereka permen dan makanan manis lainnya tidak akan merugikan mereka selama itu tidak sering dilakukan.

# Jangan Paksa Anak
Ladies sebaiknya tidak memaksa atau mendorong anak Anda untuk makan banyak ketika ia sesekali memutuskan untuk makan lebih sedikit. Tentu saja, makan dengan takaran yang lebih sedikit akan mengurangi nutrisi/vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi dengan dukungan dan didikan Anda, anak dapat memutuskan kapan dan berapa banyak ia harus makan. Sertakan berbagai macam sayuran dalam berbagai warna, buah-buahan, susu, sereal dan kacang-kacangan, sehingga anak Anda tidak akan pernah merasa kekurangan. Kebiasan makan yang tidak berlebihan ini akan terus berlanjut bahkan hingga mereka dewasa.

#Jauhkan Anak dari Pengaruh Media
Kita bisa melihat bahwa sekarang anak-anak dapat dengan mudah dipengaruhi oleh media, ada beberapa iklan yang dapat mempengaruhi pilihan anak-anak. Sebaiknya, cobalah memberikan alasan kepada anak dan bantu mereka dalam memilih produk yang sehat. Penalaran yang logis akan membantu anak Anda dalam membuat pilihan untuk memakan makanan yang sehat.

#Say No To Junk Food
Dengan banyaknya produk-produk camilan dan bahan olahan sekarang ini, membuat anak cenderung mengonsumsi makanan cepat saji seperti nugget, sosis, keripik, fried chicken, dan sebagainya. Sistem pencernaan akan merasa kesulitan untuk memproses makanan dalam jumlah besar sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Sebaiknya jangan terlalu sering mengajak anak ke restoran cepat saji atau ke bagian makanan beku saat ke supermarket. Ada baiknya membiasakan anak untuk ikut Anda berbelanja di pasar tradisional atau toko buah.

#Resep Baru
Variasi adalah bumbu dalam kehidupan. Mencoba resep baru dan libatkan anak Anda dalam proses memasak. Ini juga merupakan salah satu jalan terbaik untuk mengedukasi mereka tentang berbagai macam nutrisi makanan.

#Aktivitas Fisik
Libatkan anak Anda dengan beberapa aktivitas yang melibatkan fisik setidaknya satu jam dalam sehari. Ajak mereka ke taman, jogging, main bola atau kegiatan out door lainnya. Anda juga bisa memasukkan mereka ke kelas dansa ataupun kelas olahraga yang mereka sukai, seperti sepakbola atau balet. Hal ini nantinya bisa membantu mereka dalam menghilangkan stres dan mereka akan memiliki kesehatan yang prima.

#Jangan Memanjakan Anak
Jangan terlalu memanjakan anak Anda dalam mengonsumsi makanan. Anda dapat memberikan mereka keleluasaan dalam mengonsumsi makanan selama sehari dalam seminggu. Hal ini dapat memastikan mereka untuk mengembangkan hubungan yang sehat dan menyenangkan dengan makanan, mereka pun akan lebih menghargai makanan.

(berbagai sumber)

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Ajarkan Kebiasaan Makan Sehat Bagi Anak
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Ajarkan Kebiasaan Makan Sehat Bagi Anak Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis