Menekan Angka HIV di Tanjungpinang

Dengan Sosialisasi dan Penyuluhan

Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang berusaha untuk menurunkan prevalensi HIV/ADS dengan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan penyuluhan baik di kalangan resiko rendah maupun resiko tinggi. ''Kami terus melakukan upaya pencegahan dan penyuluhan kepada pelajar hingga pekerja seks komersial dan di tempat-tempat hiburan untuk mengurangi tertularnya HIV,'' ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, dr Eka Hanasariyanto, Senin (29/12), usai menghadiri kegiatan MUI di hotel Sempurna.

Menurut Eka, sosialisasi yang dilakukan sangat penting untuk memberikan gambaran mengenai HIV/AIDS untuk semua kalangan baik pelajar maupun dewasa.

Dampak kegiatan yang kerap kali dilakukan Dinas Kesehatan memang tidak serta merta keliahatan hasilnya berdasarkan prevalensi orang yang terkena HIV. Karena penyakit tersebut tidak mudah dideteknsi dan harus diperiksa dengan tes darah. Apalagi untuk mengetahui penyakit itu membutuhkan proses yang panjang.

''Seperti kami perkirakan tahun ini jumlah penderita HIV bertambah dibanding tahun sebelumnya. Untuk angkanya saya tidak ingat, tetapi di tahun 2008 mengalami penurunan dibanding tahun 2007,'' tuturnya.

Diakui Eka, tahun depan program-program penyuluhan dan sosialisasi tetap akan terus dilakukan untuk menekan angka penularan HIV yang hasilnya bisa dilihat lima tahun mendatang.

''Penularan HIV ini tidak hanya dikarenakan hubungan seksual tetapi juga bisa dikarenakan melalui suntikan atau narkoba,'' terangnya.

Karena Dinas Kesehatan terus menerus memberikan penyuluhan khususnya bagi pelajar agar menghindari menggunakan narkoba. Sedangkan bagi orang yang sudah telanjur menggunakan narkoba. Dokter Eka menuturkan, untuk menggunakan jarum yang sekali pakai atau menggunakan yang tablet.

''Bukannya kami mengajarkan mereka menggunakan narkoba yang memang dilarang, tetapi ini dari segi kesehatan. Sama seperti pekerja seks komersial kami menyarankan mereka menggunakan kondom, walaupun itu berarti menandakan setuju dengan adanya portitusi, namun kami melihat dari faktor kesehatan,'' terangnya.

Eka berharap tahun depan dengan program-program penyuluhan dan sosialisasi HIV/AIDS dikalangan resiko rendah

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Menekan Angka HIV di Tanjungpinang
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Menekan Angka HIV di Tanjungpinang Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis