Cara Jitu Bagi Waktu

Kadang sebagai manusia, kita sering mengeluh kurang waktu, antara bekerja, kehidupan setelah menikah, waktu untuk diri sendiri. Mungkin, ini kerap kali membuat kita merasa emosi. Ternyata banyak cara lo, agar waktu tidak terbuang percuma. Apalagi bagi pelajar maupun wanita yang bekerja.

1. Jadikan waktu belajar di kelas atau di kantor adalah waktu terbaik untuk belajar.
a. Siapkan materi sebelum pelajaran dimulai. Kalau hanya punya waktu sedikit buat membaca seluruh bahan materi, banyaklah bertanya. Ulang sekilas materi terakhir supaya nggak banyak bengong waktu guru menerangkan materi baru.
b. Dengarkan dengan serius apa yang diterangkan guru dan cobalah mengulang kembali materi yang baru didapat versi bahasamu sendiri. Resep ini mujarab buat mencegah sistem belajar kebut semalam karena materinya bakal lama tersimpan di otak kita.
Sedangkan yang sudah bekerja:
1a. Gunakanlah baik-baik waktu bekerja untuk bekerja. Hindari waktu bekerja untuk merumpi atau gobrol dengan kawan sekantor. Yang sama sekali tidak ada urusan dengan pekerjaan saat itu.
1b. Utamakan pekerjaan yang penting atau yang lebih pioritas dahulu, misalnya besok ada meeting. Lebih baik persiapkan materi untuk pertemuan besok.

2. Buat daftar harian.
a. Tulis secara singkat 5 tugas yang harus dikerjakan, baik urusan sekolah atau pribadi, berurut mulai dari yang terpenting.
b. Buat juga cita-cita kecil yang bisa dikerjakan hari ini, misal membaca 5 halaman pelajaran Biologi.
Buat yang sudah bekerja neh, hampir sama. Hanya saja, buat daftar pekerjaan yang akan dikerjaan saat tiba di kantor. Tentunya, proposal apa yang harus dikerjakan, ada janji pertemuan dengan klien. Jangan sampai, sibuk mengerjakan tugas satu, tugas yang lainnya kelupaan. Catatan penting di buku harian penting, untuk mengingkatkan jadwal yang harus dikerjakan.

3. Rencanakan jadwal mingguan.
a. Buat agenda mingguan yang berisi jadwal pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler atau les tambahan, tugas rumah, tidur dan makan. Tulis semuanya supaya terlihat urutan waktunya. Jangan lupa sisakan baris kosong buat kegiatan yang mendadak muncul kemudian hari.
b. Usahakan buat waktu belajar selama dua jam per satu jam pelajaran di sekolah.
Buat yang sudah bekerja, tentunya jadwal mingguan memang sudah ada. Nah, jangan lupa untuk terus cros-cek jadawal yang ada. Jangan sampai, ada pergantian jadwal atau tugas yang kelewatan

4 . Konsentrasi dan fokus.
a. Pada setiap kegiatan, usahakan tetap fokus dan konsentrasi pada materi yang sedang diikuti, misal dengan bersikap aktif.
b. Supaya aliran darah tetap berjalan lancar, istirahatlah selama 5 - 10 menit setiap 30 - 40 menit.
Tentunya konsetrasi dan fokus tidak hanya untuk pelajar saja, tapi juga bagi yang sudah bekerja. Saat bekerja, usahakan pikiran fokus untuk bekerjakan pekerjaan mana yang lebih pioritas. Kesampingkan masalah pribadi.

5. Jalan lurus sesuai jadwal rencanamu. Mulailah berkata 'tidak' pada hal-hal yang dapat merusak alur rencana.

6. Hargai diri sendiri dengan membuat rencana, jadwal dan cita-cita yang sesuai dengan kondisi pribadi.

Selamat mencoba !


Ten Tips for Better Time Management, Learning Centre, Study of Liberal Arts, Purdue and all about stuff

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Cara Jitu Bagi Waktu
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Cara Jitu Bagi Waktu Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis