Nambah Wawasan Melalui Internet

Perkembangan teknologi saat ini tidak hanya dinikmati bagi kalangan pekerja saja, tetapi juga di kalangan pelajar di Batam. Salah satunya di SLTPN 3 Sekupang. Bahkan internet dimasukan dalam kurikulum mata pelajaran wajib di sekolah. Saat ini internet di SLTPN 3 dimanfaatkan untuk menambah informasi mengenai pendidikan dan tugas sekolah dengan cepat. Selain memiliki sisi positif, Internet juga mempunyai dampak negatif.

Dampak negatif dari internet yakni bila pengguna khususnya pelajar membuka situs-situs porno. Bagaimana sekolah menyingkapi masalah situs tersebut. Edi Puspa, SE Guru Bidang Studi Komputer SMPN 3 menuturkan, sekolah sudah mengantisipasi dengan mengajarkan moral pada siswa-siswi dan juga memblokir server di sekolah untuk situs-situs yang tidak mendidik.

''Pelajar di SMPN 3 ini diajarkan mengenal internet sejak masih duduk di kelas satu. Pelajaran yang diajarkan mengenai perkenalan internet, mencari data di internet hingga membuat blog di internet,'' ungkapnya.

Sementara itu, Bondan, siswa kelas 3 SLTPN3 Sekupang telah mengenal internet sejak masih duduk di kelas 6 SD. ''Saya hampir setiap hari main internet. Paling sering saya bermain game on-line,'' papar Bondan. Internet, lanjut Bonda, sangat bermanfaat karena bisa membuka situs-situs penting seperti berbagai pengetahun sejarah maupun informasi lainnya untuk menambah wawasan.

Di sekolah, pelajar diajarkan cara membuka situs google, membuat email (electronic mail) dan juga diajarkan bagaimana memasang internet. Hal senada juga diungkapkan Topan. ''Kami diajarkan bagaimana memanfaatkan internet untuk menambah wawasan dengan cara mencari informasi mengenai pelajaran di internet,'' ungkapnya.

Topan melanjutkan, di sekolah juga diajarkan bagaimana awal mula internet hingga berkembang seperti sekarang. ''Saat ini kami sedang belajar membuat lembar kerja dan membuat website,'' tukas Topan.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Nambah Wawasan Melalui Internet
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Nambah Wawasan Melalui Internet Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

4 comments:

keqi said...

memang harusnya internet diperkenalkan sejak dini, lagian sudah banyak kok cd interaktif buat belajar anak2.. tapi mudah2an dari pemerintah sendiri gak lupa bikin kebijakan menyangkut filtering khusus untuk yang belom cukup umur.. ;)

Website Tentang Wanita said...

Setuju banget deh... Pemerintah memang sudah seharusnya mempunyai kebijaksaan tersendiri menyangkut flitering... btw flitering itu apa ya :P

ichal said...

bagus juga pembelajaran sejak dini, tapi tetap mengarahkan adalah hal yang cukup sulit,, menjaga agar tidak menyalahgunakan internet pada kalangan muda.

Website Tentang Wanita said...

nah itu adalah tanggung jawab orangtua, sebagaimana mestinya bukan???

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis