Stres Menimbulkan Jerawat


Mempunyai masalah jerawat kadang sering dialami setiap orang, baik diusia remaja maupun dewasa. Kadang jerawat yang timbul membuat resah, bila bentuknya kecil terus bertambah besar dan meradang. Sebenarnya ada berapa jenis jerawat ya dan bagaimana jerawat itu bisa timbul?


Ternyata spesifikasi jerawat ada beberapa macam, mungkin sebagian sudah tahu, jerawat batu atau jerawat kecil-kecil. ''Spesifikasi jerawat ada tiga macam, jerawat klasik atau yang sering disebut jerawat biasa, cystic acne yang sering disebut jerawat batu atau jerawat jagung, dan komedo,'' papar Meike, Beauty Consultan Star Beauty and Nail.

Ia menuturkan, untuk jenis jerawat biasa tampilanya sangat mudah dikenali, bentuknya tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan.

Biasanya penyebab jerawat ini timbul pada wajah, pada umumnya dikarenakan stres, hormon dan udara lembap pemicu kulit memproduksi minyak yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Akibatnya pori-pori tersumbat karena terinfeksi dengan bakteri.

Sedangkan cystic acne (Jerawat Batu atau jerawat jagung. Jerawat ini bentuknya besar dengan tonjolan yang meradang hebat, berkumpul hampir di seluruh area wajah. Jerawat batu ini berbeda dengan jerawat biasa yang terdapat hanya di salah satu bagian wajah saja, misalnya di pipi.


''Jerawat batu sering membuat penderitanya hilang kepercayaan diri. Biasanya jerawat ini timbul karena genetik,'' tuturnya.

Genetik yang dimaksud, Meike menjelaskan karena kelenjar minyak yang over-aktif yang membuat pori-pori penuh dengan minyak. Dan pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal, karena tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal. Serta, memiliki respons yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Selain dua jenis jerawat itu, ada juga komedo. Jerawat komedo ini ada jua jenis, yaitu (blackhead) terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam (yang berwarna hitam tersebut adalah penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara). Dan komedo yang tertutup (whitehead), memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit.


''Jerawat-jerawat ini bisa timbul dikarenakan polusi udara, sters dan hormon yang meningkat,'' ungkapnya.

Karena itu cara mengatasinya berbeda-beda, untuk jerawat biasa atau jerawat kecil-kecil bisa menggunakan produk anti jerawat. Dan cuci muka yang bersih setiap hari. Sedangkan untuk jerawat besar, cara mengatasinya harus dari dalam dan besar. Karena pada umumnya jerawat besar sudah terinfeksi kuman.

''Apalagi jerawat besar ini bila pecah, bisa mejalar ke tempat lain yang terkena nanahnya,'' tuturnya.

Ia melanjutkan, karena itu cara mengatasinya selain menggunakan obat oles jerawat, juga harus meminum obat jerawat dari dalam.

Ada beberapa cara untuk pencegahan dan pengobatan tiga jenis jerawat yang menganggu ini. Untuk jerawat biasa, bisa menggunakan sabun wajah yang mengandung benzoyl-peroxida, atau sabun sulfur untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat.


''Untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri, pakailah obat jerawat yang mengandung benzoyl-peroksida,'' paparnya.

Sedangkan jerawat batu, tidak bisa menggunakan obat jerawat yang dijual bebas. Karena obat tersebut tidak akan mampu menangani jerawat jenis ini. Karena itu penderita harus berkonsultasi pada dokter kulit untuk mengobatinya.

''Karena jerawat ini tidak bisa diobati dari luar saja, tetapi harus dari dalam,'' ungkapnya.

Sedangkan jerawat komedo, caranya cuci wajah setiap pagi dan malam dengan pembersih mengandung salicylic-acid atau AHA/BHA (untuk mengelupas sel-sel kulit mati) atau scrub kulit wajah minimal seminggu sekali.

''Gunakanlah kertas minyak untuk menyerap kelebihan minyak di wajah, dan rutin memakai masker untuk kulit berminyak seminggu sekali,'' tuturnya.

Ia melanjutkan, untuk menghilangkan blackheads dengan plester pore strips yang bisa Anda beli di supermarket.

Sementara untuk jenis komedo whitehead, bisa memakai obat jerawat yang mengandung salicylic-acid. Sebelum mengobati jerawat, perhatikan dulu jenis jerawat apa yang sedang diderita. Jangan sampai salah pilih obat dan membuat jerawat jadi terinfeksi. Wajah bersih mulus, tentunya idaman semua orang.


Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Stres Menimbulkan Jerawat
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Stres Menimbulkan Jerawat Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis