Peranan Wanita di Politik

Peran perempuan dalam berpolitik mendapat tempat 30 persen di dunia politik. Namun masih banyak perempuan yang tidak berkeinginan untuk terjun ke dunia politik dan lebih memilih pekerjaan profesional, seperti di bidang kedokteran, bisnis, dan PNS. Hal tersebut diungkapkan Hj R Syahniar Usman, Ketua KPPG Provinsi Kepulauan Riau.

Menurutnya, saat ini partai politik sudah memberikan kesempatan bagi perempuan untuk terjun ke kacah politik. ''Kebanyakan perempuan yang berkecipung di partai politik cuma sebagai pengembira saja, seharusnya perempuan yang ingin terjun ke politik harus di sturktur inti,'' ungkapnya.

Apalagi sesuai dengan Undang-Undang menyebutkan peranan perempuan untuk di politik 30 persen dan pria 70 persen. Dengan begitu, para perempuan yang terjun ke parpol bisa menyuarakan keinginan kaum perempuan.

Selain sudah ditetapkan dalam Undang-Undang mengenai jumlah kuota perempuan yang harus terpenuhi dalam kuato partai. Masih banyak partai yang masih belum siap terhadap kader-kader perempuannya. ''Untuk partai politik yang sudah besar sudah mempersiapkan kader perempuannya sesuai dengan kuota,'' tuturnya.

Diakuinya, sistem partai besar sudah mempersiapkan kadernya untuk masuk dalam pengurus inti, seperti wakil ketua, bendahara, atau seketaris.

''Dalam pendaftaran caleg juga sudah dipersiapkan figur yang jelas. Karena perempuan bukan gerhana dan sudah ada di dalam Undang-Undang, sehingga perempuan bisa melangkah dengan baik,'' ungkapnya.

Menurutnya, perempuan bukan gerhana yakni perempuan bukan yang tiba-tiba datang dan pergi dalam dunia politik.

''Perempuan sebelum terjun ke politik harus mengetahui dirinya sendiri dan tujuan untuk terjun ke partai politik,'' tukasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Peranan Wanita di Politik
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Peranan Wanita di Politik Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

3 comments:

Just For Music said...

mas/mbak blognya lumayan di search engine,
kanapa gak di pasangi iklan dari
Kumpulblogger.com. kan lumayan dapat duit

Website Tentang Wanita said...

makasih sarannya, but myuy blog just for fun saja koq. Ngak nyari duit :D Anyway tq ya, ntar di coba deh kapan2...

Anonymous said...

Mba Citra.. terimakasih infonya. Mba,saya mau tanya apakah ada kasus tentang pelanggaran hak wanita dalam bidang politik di Indonesia?

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis