Gejala Demam Berdarah

Setiap memasuki musim hujan di daerah teropis, penyakit yang sering mendera masyarakat adalah demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD). Penyakit ini disebabkan virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

''Perlu dicurigai adanya DBD apabila demam dua hingga tujuh hari. Biasanya penderita DBD rata-rata mengalami demam selama lima hari,'' tutur dr Dindin H Hadim, Wadir Yan Medis RS Budi Kemuliaan.



BACA JUGA : HIT OBAT NYAMUK LINDUNGIN KELUARGA

Setelah mendadak demam tinggi selama 2-7 hari dengan 38 °C- 40 °C. Kemudian disertai penurunan trombositopeni, pada hari ke 3 - 7 ditemukan penurunan trombosit sampai 100.000 per mm³. ''Biasa DBD disertai gejala-gajala flu sindrom seperti batuk, sakit kepala, flu, otot terasa pegal-pegal, dan kadang-kadang disertai mual, muntah atau diare,'' ungkapnya.

Rasa sakit pada otot dan persendian, biasanya timbul bintik-bintik merah pada kulit akibat pecahnya pembuluh darah. Penyakit DBD sering salah didiagnosis dengan penyakit lain seperti flu atau tipus. Hal ini disebabkan karena infeksi virus dengue yang menyebabkan DBD bisa bersifat asimtomatik atau tidak jelas gejalanya.

''Pada saat musim hujan seperti ini di Batam, dokter harus lebih waspada terhadap pasien yang sedang terserang demam,'' tuturnya. Bila anak-anak panas, lanjut Dindin, lebih dari satu hari sebaiknya diwaspadai sebagai gejala DBD dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

''Biasanya penyakit DBD sering dianggap sebagai penyakit tipus. Sebaiknya, diperiksa trombositnya, hepatomegali, dan hemokonsentrasi, apakah nilai Hematokrit meningkat,'' jelasnya.

Bila trombositnya, hepatomegali, dan hemokonsentrasi ini ada dalam pemeriksaan laboratium berarti tandanya sudah mederita DBD. ''Walapun belum ada gejala bintik-bintik merah, sudah bisa dinyatakan terkena DBD,'' ungkapnya.

DBD terbagi dalam empat tingkatan, yakni tingkat pertama 1° biasa demam tinggi yang mendadak 2-7 hari (38 °C- 40 °C), tingkat kedua 2° Trombositopeni, pada hari ke 3 - 7 ditemukan penurunan trombosit. Lalu tingkat ketiga 3° Hepatomegali (pembesaran hati) dan tingkat ke empat 4° Syok positif, tekanan nadi menurun menjadi 20 mmHg atau kurang, tekanan sistolik sampai 80 mmHg atau lebih rendah. Berarti pasien menderita DBD dan harus segara ditangani lebih lanjut oleh medis.


BACA JUGA : HIT OBAT NYAMUK LINDUNGIN KELUARGA

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Gejala Demam Berdarah
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Gejala Demam Berdarah Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis