Hari Pertama Penerimaan BLT Lancar

Lima Kelurahan Sudah Mengambil BLT

Masyarakat Kota Tanjungpinang, khususnya Rumah Tangga Sasaran (RTS) sejak Rabu (18/3) telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan pemerintah pusat terhadap RTS yang ada di Kota Tanjungpinang. Untuk kota Tanjungpinang sebanyak 5.749 RTS di 18 kelurahan yang ada di Kota Tanjungpinang. Pembagian BLT tersebut berlangsung selama tiga hari berturut-turut hingga Jumat (20/3).

Demikian disampaikan Tedi Permana, Kepala Cabang Kantor Pos Tanjungpinang, disela-sela pembagian BLT yang berlokasi di kantor pos, kilometer tiga, Tanjungpinang. ''Pembagian BLT kali ini perdua bulan, masing-masing RTM mendapatkan uang sebesar Rp200 ribu dari Pemerintah pusat,'' ujar Tedi.

Diakuinya, pembagian BLT untuk tahun 2009 ini berbeda dengan tahun 2008 yang diberikan langsung per tiga bulan.

Menurutnya, pihak kantor pos hanya bertugas membagikan uang BLT langsung kepada masyarakat yang sudah di data BPS.

Rabu (18/3) kemarin merupakan giliran dari lima kelurahan yang bisa mengambil dana bantuan langsung tunai yang diberikan pemerintah pusat melalui kantor pos yakni dari kelurahan Kampung Bulang, Tanjungpinang Kota, Tanjungpinang Timur, Tanjung Ayun Sakti, dan Kelurahan Kamboja.

''Melihat masyarakat yang datang mengambil dana BLT diperkirakan 50-60 persen yang sudah datang dan mengambil uang tersebut,'' tuturnya.

Ditegaskannya, masyarakat yang masih belum sempat mengambil bantuan langsung tunai tersebut diberi kesempatan untuk mengambil keesokan harinya.

Mengenai pengambilan BLT tersebut kantor pos telah menyiapkan lima loket pengambilan BLT dan satu loket pengaduan yang buka dari jam 09.00 hingga jam 16.00 WIB. Khusus pengambilan dana BLT dipusatkan di kantor pos yang berada di kilometer tiga. Sedangkan dana yang disiapkan sebanyak Rp1,149 miliar untuk 5.749 RTS.

Sementara itu, Benny Kusmayadi, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau, di kantor pos mengungkapkan, data jumlah RTS yang menerima bantuan langsung tunai dari data BPS yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

''Ada empat belas item indikator penilaian untuk RTS (Rumah Tangga Sasaran) dan ditetapkan tiga bagian sangat miskin, miskin dan hampir miskin,'' tutur Benny.

Ditegaskan Benny, jumlah dana yang diterima RTS sama seperti tahun sebelumnya, hanya saja untuk pembagiannya menggunakan sistem baru yakni tiap dua bulan, sedangkan tahun lalu per triwulan dan jumlah tiap bulan sama Rp100 ribu per RTM.

''Untuk RTM di Kepulauan Riau yang paling meningkat berada di dua kabupaten dan kota yakni Batam dan Lingga, sedangkan di Kota Tanjungpinang mengalami penurunan RTM,'' tukasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Hari Pertama Penerimaan BLT Lancar
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Hari Pertama Penerimaan BLT Lancar Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis