Tingkatkan Pengamanan Pemilu

HUT Satpol PP

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) upacara untuk unit Satpol PP Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar upacara HUT ke 59, sedangkan untuk Provinsi yang ke lima di halaman gedung kantor Gubernur Kepulauan Riau. HUT kali ini bertema Satpol PP konsisten menciptakan kondisi yang tertib, aman dan tentram dalam rangka mensukseskan Pemilu 2009,
Selasa (3/3).

''Hal ini diamanatkan dalam Undang-Undnag Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Darah Pasal 13 dan Pasal 14 pada huruf c diamanatkan bahwa urusan wajib yang menjdi kemenangan Pemerintah Daerah meliputi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat,'' ujar Wakil Gubernur Kepulauan Riau, HM Sani.

Sehingga keberadaan Satpol PP mempunyai peranan penting dan strategis, baik dalam penyelenggaran pemerintah di daerah maupun di tingkat Nasional, termasuk agenda Pemilu 2009.

''Tugas Satpol PP dalam mengamankan program-program Pemerintah Daerah, khususnya dalam penengakkan peraturan daerah sangat diperlukan, sekaligus memantapkan posisinya sebagai salah satu unit kerja di dalam struktur Pemerintah Daerah untuk mendukung suksesnya pelaksaan program,'' urainya.

Sani berharap, tindak kekerasan fisik akan terus mengalami penurunan, seperti saat ini.

Hal itu tidak terlepas dari deteksi dan penanganan dini sebelum ada faktor-faktor yang selama ini sering memicu konflik di daerah telah dapat dikenali dan diselesaikan. Sani tegaskan, tugas Satpol PP cukup berat, karena mengemban fungsi kepolisian khusus yang diatur dalam Pasal 3 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002.

''Dalam menegakkan Peraturan Daerah dan Keputusan Kepala Daerah di lapangan hendaknya bersikap dan bertindak secara profesional. Begitu juga dalam menghadapi masyarakat secara umum. Saya mengajak agar anggota Satpol PP dalam menjalankan kinerja tidak dengan cara yang kasar, seperti memaksa, mengancam, dan menggunakan kekesaran, tetapi dengan cara persuasive, simpatik, dan edukatif sehingga sedapat mungkin dihindari kekerasan,'' jelas Sani.

Usai upacara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Riau, Edi Irawan, menuturkan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi terhadap kinerja bawahannya, sehingga dapat bekerja dengan baik dan sesuai aturan dan sistem pengawasan dan koordinasi.

''Amanat ini akan kita sampaikan kepada Satuan Polisi Pamong Praja tingkat Kabupaten dan Kota untuk melaksanakan kinerja sesuai dengan sistem,'' tuturnya.

Bahkan untuk pengamanan Pemilu, lanjutnya, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan KPU mengenai pengamanan Pemilu yang dibutuhkan.

Bahkan untuk itu, Satpol PP akan menyiapkan satu per tiga pasukannya dalam mengamankan jalannya Pemilu sesuai dengan permintaan. Bahkan kesiapan unit Satpol PP tidak hanya sebatas Provinsi Kepri tetapi juga Kabupaten dan Kota yang ada di Kepri juga telah menyiapkan diri dalam menghadapi Pemilu.

''Personil kami siap mengamankan Pemilu secara bergantian sesuai dengan kebutuan dan permintaan yang diperlukan,'' tukasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Tingkatkan Pengamanan Pemilu
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Tingkatkan Pengamanan Pemilu Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis