Puluhan Warga Terluka

Simlulasi RSAL

Sekitar pukul 10.00 WIB, Sabtu (14/3) lalu, dua unit lori yang sedang mengangkut ratusan masa yang sedang berkonvoi terbalik, tepat didepan lokasi Melayu Square, Tanjungpinang. Puluhan warga yang manaiki lori mengalami cedera parah, seperti kaki dan tangan patah, bola mata keluar, dan cedera lainnya. Saat kejadian, suasana benar-benar mencekam.

Setelah dua unit lori terbalik, tidak seberapa lama terdengar bunyi sirine ambulance meraung-raung. Tim medis Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL), Dr Midiyanto Tanjungpinang diturunkan untuk memberi pertolongan pertama. Sedangkan warga yang parah, segera dilarikan ke ruang unit darurat di RSAL. Sementara, warga yang hanya mengalami cedera ringan diberikan pertolongan pertama di sekitar lokasi kejadian.

Kejadian tersebut merupakan gambaran simulasi Penanggulangan Korban Masal yang digelar RSAL, Dr Midiyanto dan Jajaran Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Sabtu lalu. Simulasi dilakukan sempena peringatan HUT RSAL ke-34, tepatnya tanggal 11 Maret 2009.

Perwira Penyelenggara latihan yang juga menjabat Kepala RSAL Tanjungpinang, Mayor Laut (K) dr Ahmad Syaiful SpKJ mengungkapkan, latihan penanggulangan korban bertujuan melatih kesiapan personel kesehatan RSAL dalam menghadapi musibah massal termasuk segala kemungkinan yang terjadi dalam pesta demokrasi pemilu 2009.

Pada saat latihan tersebut RSAL melibatkan 10 mobil ambulance dan diikuti sekitar 135 personel kesehatan terdiri 70 personel RSAL, 5 personel RSUD Tanjungpinang, serta dari jajaran Dinkes Kota. Selain itu ikut pula jajaran Puskesmas dan kalangan mahasiswa Stikes Hang Tuah, termasuk di dalamnya 5 dokter spesialis, 7 dokter umum dan 51 perawat.

''Beberapa kegiatan antara lain pertolongan pertama pada kecelakaan, tekhnik triage, basic live support, management disater, incident command system dan hospital incident command,'' ujar Ahmad Syaiful.

Latihan ini, katanya, diprioritaskan sistem komunikasi koordinasi dan ketrampilan medis penanganan korban masal bagi petugas medis.

Adanya tim kesehatan yang solid, maka jajaran kesehatan kota akan siap bila sewaktu-waktu diperlukan untuk menanggulangi bencana yang terjadi setiap saat.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Puluhan Warga Terluka
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Puluhan Warga Terluka Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis