205 CPNS diberi Pelatihan Prajabatan

205 Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Batam penerimaan PNS Tahun 2007 mendapat pelatihan prajabatan calon PNS golongan III, dan Golongan II dan I untuk Tahun 2008, Senin (14/7) di Hotel Comfort Tanjungpinang. Pelatihan prajabatan CPNS akan berlangsung selama 12 hari.

''Pelatihan prajabatan ini akan berlangsung selama 12 hari kedepan untuk golongan II dan golongan I. Sedangkan untuk golongan III akan dilaksanakan selama 14 hari mulai 17 Juli higga 21 Agustus nanti,'' ujar Suyanto, Ketua Panitia Pelaksana Diklat.

Dari 205 CPNS, lanjut Suyanto, Lima CPNS merupakan titipan dari KPUD Tanjungpinang yang dititipkan melalui KPU Pusat untuk diberi pelatihan.

Sementara itu, Wali Kota Batam, Suryatati A Manan menuturkan, untuk memenuhi ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 101 Tahun 2000 tentang pendidikan dan latihan jabatan pegawai negeri sipil bahwa setiap calon PNS sebelum diangkat menjadi PNS disyaratkan wajib untuk mengikuti pendidikan dan latihan prajabatan.

''Pelatihan ini guna memberikan pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintah negara, bidang tugas dan budaya organisasi agar mampu melaksanakan tugas dan peranannya sebagai pelayan masyarakat,'' paparnya.

Suryatati juga menghimbau agar CPNS yang mengikuti pelatihan ini bersungguh-sungguh dalam menerima materi yang diberikan untuk dapat mengubah pola pikir, tingkah laku peserta kepada hal-hal yang lebih baik dalam menjalankan pekerjaan.

Untuk tahun 2008 ini pelatihan prajabatan selama 12 hari kedepan untuk golongan II dan I, sedangkan Golongan III selama 14 hari kedepan merupakan masa pelatihan singkat yang terakhir. Karena untuk tahun depan masa prajabatan CPNS akan berlangsung selama 9 bulan.

''Untuk masa prajabatan yang rencananya akan diubah menjadi 9 bulan ada baik dan buruknya juga, baiknya CPNS makin mendalami materi yang diberikan sehingga bisa mengabdi kepada masyarakat sebagai tugas dari PNS memberikan pelayanan,'' ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Tanjungpinang juga memberikan kesempatan bagi CPNS untuk menyampaikan unek-unek sebelum mengikuti pelatihan yang berlangsung. Dari tiga perwakilan masing-masing golongan menyampaikan uneg-uneg mengenai honor yang kurang selama menjadi honorer, sedangkan untuk pra medis menyampaikan uneg-uneg mengenai pelayanan puskesmas yang kurang karena kurangnya tenaga premedis, seperti dokter.

''Saya merasa senang diangkat menjadi PNS, karena PNS mendapat gaji ke 13,'' ujar Rusdiyanto malu-malu di depan orang nomor satu dijajaran Pemko Tanjungpinang. Pria berkulit sawo matang itu menuturkan akan bekerja lebih giat. Karena sudah diangkat menjadi PNS di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : 205 CPNS diberi Pelatihan Prajabatan
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: 205 CPNS diberi Pelatihan Prajabatan Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis