PLN Sering Mati, Biaya Operasional Bengkak

Masalah PLN di Tanjungpinang tidak hanya berdampak pada masyarakat dan sektor bisnis kecil saja, tetapi juga berdampak dengan biaya operasional Tirta Janggi Tanjungpinang. Menurut Yasman Andika, PLT Direktur Pelaksana Tugas PT Tirta Janggi, kemarin, biaya operasional listrik di Tirta Janggi naik sekitar 75 juta. Biasanya pembayaran biaya operasional listrik berkisar Rp281 juta, namun sejak sering mati bertambah menjadi Rp367 juta.

''Untuk memompa air dari waduk dan dialirkan ke tempat penampungan air, lalu di salurkan ke rumah-rumah konsumen membutukan tenaga listrik. Karena alat pompa penyedot dan pendistribusian menggunakan listrik,'' ungkapnya.

Dikarenakan listrik sering mengalami mati lampu, menyebabkan tekanan listrik bertambah setiap kali lampu hidup karena peralatan untuk pendistribusian serta pompa air begitu listrik hidup akan dihidupkan.

Dengan seringnya mati lampu karena pihak PLN sedang mengadakan penghematan tidak hanya berpengaruh pada biaya operasional saja, tetapi juga berpengaruh dengan pendistribusian air untuk konsumen. ''Pendistribusian air ini sangat tergantung pada listrik. Karena listrik sering mati membuat aliran air tidak bisa mengalir ke rumah warga. Seharusnya PLN memberikan pioritas pada Tirta Jangi, bila listrik harus padam jangan sampai berjam-jam, cukup satu jam saja,'' harapnya.

Bila terlalu lama mati lampu, lanjutnya, Tirta Janggi tidak bisa beroperasi untuk melayani kebutuhan air bersih kepada konsumen.

Padahal persoalan PDAM ini tidak hanya masalah biaya operasional saja, tetapi juga mengenai banyaknya jumlah konsumen yang harus dipenuhi kebutuhan air bersih. Sedangkan waduk Sungai Pulai tidak bisa memenuhi kebutuhan 50 persen penduduk Tanjungpinang yang sudah menjadi konsumen Tirta Janggi.

''Tugas PDAM menyediakan air bersih dan mengalirkan air bersih. Karena perkembangan kota Tanjungpinang semakin pesat di batu 8 dan batu 9. Sehingga pendistribusian air harus bergantian antara batu 8 dan batu 9 dengan konsumen yang ada di Bukit Cermin dan daerah sekitarnya,'' tandasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : PLN Sering Mati, Biaya Operasional Bengkak
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: PLN Sering Mati, Biaya Operasional Bengkak Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

2 comments:

gadis said...

kalo listrik mati, perekonomian tersendat

Website Tentang Wanita said...

Setuju banget

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis