Kunjungan Wisman Kepri Meningkat

Jumlah wisata mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau di bulan Mei 2008 mengalami peningkatan 16,91 persen atau mencapai 140.033 dibanding dengan jumlah wisman pada bulan April 2008 lalu yang jumlah wisman yang berkunjung sebanyak 119.778.

Menurut data yang disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kepri Aminul Akbar, Selasa (1/7) jumlah wisman yang berkunjung ke Provinsi Kepri pada bulan Mei 2008 sebesar 62,18 persen masuk melalui pintu masuk kota Batam dengan jumlah wisatawan 87.079 orang.

''Dari jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 140.033 di bulan Mei didominasi oleh wisman dari negara Singapura sebanyak 77.681 wisman dan disusul warga negara Malaysia dengan jumlah 22.791 orang,'' paparnya.

Aminul melanjutkan, sedangkan Wisman asal Korea Selatan menduduki peringkat tiga dengan jumlah 9.231 orang. Kunjungan wisman di Kepri memang didominasi tiga negara tersebut sejak bulan Februari 2008 lalu. Namun, wisman dari negara lain yakni India, China, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Australia, Taiwan, Jerman, Belanda, Saudi Arabia, Mesir, Bahrain dan lainnya juga mengunjungi wisata bahari yang ada di Provinsi Kepri yang merupakan provinsi kepulauan. Sehingga wisata yang ditawarkan masih merupakan wisata bahari.

Dengan meningkatknya kunjungan wisman di bulan Mei lalu, tentunya berpengaruh dengan tingkat hunian kamar hotel berbintang. Untuk tingkat hunian kamar hotel berbintang pada bulan April 2008 lalu mencapai rata-rata 50,69 persen dibanding Maret sebesar 45,08 persen.

''Kalau dilihat dari dara klasifikasi tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang lima di bulan April mencapai 66,40 persen. Sedangkan TPK yang terendah merupakan hotek berbintang satu yang hanya mencapai 33,72 persen,'' urainya.

Ditegaskan Aminul, ini merupakan kebalikan dibanding bulan Maret lalu, dimana hotel bintang dua lebih tinggi dibanding hotel bintang 5. ''Kunjungan wisman di Batam termasuk urutan nomor tiga di Indonesia, setelah pertama Jakarta dan Bali. Diharapkan potensi wisata di Kepri terus ditingkatkan untuk menarik minat kunjungan wisman,'' tandasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Kunjungan Wisman Kepri Meningkat
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Kunjungan Wisman Kepri Meningkat Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis