Senam Hamil Bagi Ibu Hamil

Ada kata pepatah banyak cara menuju roma, sepertinya kata pepatah ini juga bisa digunakan bagi wanita yang ingin persalinannya normal. Salah satunya dengan senam hamil. Bagi ibu yang sedang mengandung jika ingin melakukan persalinan secara normal disarankan untuk melakukan senam hamil secara teratur sejak kandungan berusia diatas lima bulan.

Menurut dokter Amir Hakim Siregar SpOG, senam hamil yang dilakukan pada saat usia kandungan diatas lima bulan bertujuan sebagai persiapan mencapai persalinan pada saat kandungan mencapai sembilan bulan.

''Senam hamil sangat berguna untuk melatih otot-otot daerah perut dan juga untuk melatih pernapasan sang ibu pada saat melahirkan kelak,'' ungkapnya.

Latihan yang dilakukan pada senam hamil, tentunya sangat bermanfaat pada saat persalinan. Karena pada senam hamil, para ibu hamil diajarkan cara mengatur nafas. Selain itu, tentunya saat melahirkan, para ibu juga harus menjaga stamina selama 1 kali 24 jam.

''Senam hamil juga sangat bagus untuk menjaga stamina melatih pernapasan ibu. Sangat dianjurkan melakukan senam hamil,'' ujarnnya.

Latihan senam hamil, lanjutnya, sebaiknya dilakukan ibu hamil setiap hari selama 30 menit sampai dengan satu jam. Senam itu bisa dilakukan pada pagi atau siang hari.

Sebelum melaksanakan senam hamil ada baiknya para ibu untuk melakukan tensi terlebih dulu sebelum dan sesudah melakukan senam hamil. ''Lebih baik lagi pada saat melakukan senam hamil, sebaiknya didampingi suami. Hal itu bertujuan agar suami memberikan dukungan kepada sang istri. Juga untuk menjalin kedekatan hubungan suami istri,'' saran Hakim.

Sebaiknya ibu hamil yang memiliki penyakit seperti sakit sesak dan sakit jantung, tidak mengikuti senam hamil atau melakukan senam hamil tersebut. Namun untuk tetap bisa melahirkan normal, ibu hamil yang memiliki penyakit jantung bisa mengganti senam hamil dengan melakukan pergerakan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit setiap hari, yaitu pada pagi dan sore hari. ''Dengan berjalan kaki sangat berguna untuk memperbaiki posisi janin,'' tandasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Senam Hamil Bagi Ibu Hamil
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Senam Hamil Bagi Ibu Hamil Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

5 comments:

Herdin O. T. said...

Waktu istri saya hamil, senamnya rutin mba.. makanya waktu melahirkan lancar..

Memang senam hamil itu baik banget lo..

Website Tentang Wanita said...

wah begitu ya mas... memang kata orang senam hamil itu baik bagi ibu hamil.

infoGue said...

artikel anda ada di:
http://orang-tua-anak.infogue.com/
http://orang-tua-anak.infogue.com/senam_hamil_bagi_ibu_hamil

anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

video senam hamil said...

Info yang sangat bermanfaat untuk para calon ibu.

Jika ibu tidak dapat melakukan senam hamil di luar rumah, sekarang ibu dapat melakukannya sendiri di rumah dengan bantuan instruksi video senam hamil.

Butuh video yoga dan pilates senam hamil? kunjungi http://sport.videounggul.com

Bayu Anggara said...

wah bagus nih infonya, dan semoga kalo istri saya melakukan senam ini nanti bisa melahirkan secara normal. O iya mau tanya apa ada pakaian baju senam khusus untuk ibu hamil ?

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis