Bintan Naik-Batam Turun

Jumlah Wisman Kepri

Pengunjung wisata manca negara (Wisman) di Kepulauan Riau mengalami penurunan di bulan Juli dibanding bulan Juni 2008 lalu. Hal itu diungkapkan Aminul Akbar, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Riau, kemarin di kantor BPS.

Data yang dihimpun BPS selama bulan Juli jumlah wisman yang berkunjung di Kepri mencapai 124.795 orang atau mengalami penurunan 11,27 persen dibanding jumlah wisman pada bulan Juni 2008 lalu yang jumlahnya mencapai 151.912. Begitu juga bila dibanding bulan Juli tahun lalu, jumlah wisman mengalami penurunan sebesar 2,18 persen.

''Pengunjung wisman yang terbesar masih melalui pintu gerbang kota Batam dengan jumlah wisatawan sebanyak 85.560 orang atau sebesar 63,47 persen,'' ujar Aminul Akbar.

Terjadinya penurunan jumlah wisman ini faktor utamanya disebabkan dari pintu masuk kota Batam. Karena angka penurunan jumlah wisman selama bulan Juli 2008 di kota Batam sebesar 13,05 persen, kota Tanjungpinang sebesar 15,57 persen dan di Kabupaten Bintan mengalami penurunan wisman sebesar 6,32 persen dan untuk di Kabupaten Karimun sebesar 4,72 persen.

''Selama periode Januari-Juli 2008 kunjungan wisman di Provinsi Kepri telah mencapai 938.409 orang dan terjadi penurunan sebesar 0,86 persen dibanding periode yang sama tahun 2007,'' urainya.

Diakui Aminul, penurunan kunjungan wisman pada periode ini disebabkan terjadinya penurunan di pintu masuk yang ada di kota Batam sebesar 1,67 persen, kota Tanjungpinang 1,32 persen, dan Kabupaten Karimun sebanyak 7,48 persen.

''Berbeda dengan jumlah wisman yang masuk melalui pintu Kabupaten Bintan yang mengalami peningkatan sebesar 5,98 persen,'' terangnya.

Jumlah wisman yang masuk berkunjung di Kepulauan Riau bila ditilik dari kebangsaan masih negara Singapura yang memberikan sumbangsih angka tertinggi. Selama bulan Juli tercatat sebanyak 69.229 orang atau sebesar 51,36 persen dari jumlah wisman yang berkunjung ke daerah Kepulauan Riau.

''Banyaknya pengunjung negara Singapura bisa dikarenakan wilayah Kepri merupakan wilayah berbatasan langsung dan biaya transportasi yang murah,'' ungkapnya.

Sedangkan jumlah wisman negara Malaysia merupakan urutan kedua setelah pengunjung wisman dari Singapura. Jumlah pengunjung wisman asal Malaysia berjumlah 5.134 orang atau 3,81 persen. Setelah Malaysia, Korea Selatan berjumlah 8.594 orang, India, 4.048, Jepang 3.726, Inggris dan negara lainnya.

''Jumlah wisman untuk negara Korea Selatan, CIna, India mengalami penurunan. Sedangkan negara Cina dan Australia mengalami peningkatan, walaupun angkanya tidak terlalu signifikan,'' urainya.

Adanya kunjungan wisman di Kepri tentunya berdampak pada tingkat hunian hotel berbintang yang tersedia di Kepulauan Riau. Untuk tingkat pengunian kamar (TPK) selama bulan Juni 2008 mencapai rata-rata 48,46 persen meningkatkan dibanding bulan Mei 2008 dengan jumlah 46,17 persen.

''Bila dilihat dari klasifikasi hotel, bulan Juni ini yang paling meningkatkan hotel berbintang tiga yang mencapai 63,82 persen dan merupakan tingkat hunian tertinggi dibanding kelas hotel berbintang lainnya. Sedangkan yang terendah hotel berbintang lima,'' tandasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Bintan Naik-Batam Turun
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Bintan Naik-Batam Turun Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis