Puskesmas Tetap Buka

Terkait Libur Bersama

Menyambut Hari Raya Idul Fitri,pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan cuti bersama bagi pegawai negeri sipil (PNS), yang berlangsung mulai tanggal 29 September hingga 4 Oktober 2008 mendatang. Khusus untuk Puskesmas dan Rumah Sakit untuk pelayanan tidak tutup total.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, dr Eka Hanasarianto, Kamis (25/9) malam, usai menghadiri acara berbuka puasa bersama Pemerintah Kota Tanjungpinang.


''Unit pelayanan tetap ada yang standby. Tidak dibiarkan kosong, sehinghga kalau ada pasien tetap dilayani petugas yang sedang mendapatkan giliran piket,'' paparnya.

Diakui Eka, sesuai dengan surat edaran rumah sakit dan puskesma libur. Namun untuk mengantisipasi terjadi keadaan darurat, tim mesid


''Untuk Puskesmas dan Rumah Sakit tetap akan melayani pasien karena disana akan disiapkan petugas piket tim medis,'' urainya.

Sehingga sewaktu-waktu ada keadaan darurat. Sudah ada tim medis yang menjaga untuk memberikan pertolongan kepada warga yang membutuhkan. Sementara pada waktu Hari Raya Idul Fitri atau pada waktu umat beragama Islam menjalankan shalat it. Dinas Kesehatan telah menyiapkan mobil puskesmas keliling untuk dibeberapa titik keramaian.

''Pada waktu shalat it, kami telah menyiapkan tim medis untuk melakukan patroli di beberapa lokasi yang ramai, seperti di Mesjid Raya. Untuk petugasnya kami siapkan tiga atau empat orang,'' terangnya.

Lanjutnya, untuk di tiap kecamatan juga disediakan tim medis khususnya mesjid yang banyak jemaahnya saat melakukan shalat it bersama pada waktu perayaan Idul Fitri.

Tidak hanya itu saja, Eka juga menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan pada saat Idul Fitri. ''Biasanya usai merayakan Idul Fitri banyak masyarakat terkena diare dikarenakan tidak menjaga kesehatan dengan memakan berbagai makanan, seperti makan makanan yang pedas-pedas dan minuman bersoda,'' jelasnya.

Eka menghimbau agar masyarakat tidak terlalu banyak makan, terutama yang pedas-pedas sehingga tidak terkena diare. Begitu juga jangan terlalu banyak minuman bersoda.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Puskesmas Tetap Buka
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Puskesmas Tetap Buka Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis