Kepri Dapat Dua Unit Mobil Perpustakaan

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mendapat dua unit mobil perpustakaan keliling dari Kepala Perpustakaan Nasional, Dady P Rachananta. Penyerahan dua unit mobil dilakukan pada saat apel PNS (Pegawai Negeri Sipil), Provinsi Kepulauan Riau, Senin (23/2).

Menurut Dady P Rachananta, Kepala Perpustakaan Nasional, kemarin, dua unit mobil perpustakaan ini diberikan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk diserahkan kepada Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun.

''Sejak tahun 2003 kami telah memberikan mobil perpustakaan keliling sebanyak 259 unit mobil. Untuk di Provinsi Kepulauan Riau sendiri kami telah memberikan dua unit mobil untuk di Provinsi sendiri, Kota Batam dan sekarang untuk Kabupaten Bintan dan Karimun,'' ujarnya.

Dady berharap agar mobil perpustakaan keliling yang diberikan Pemerintah Pusat dapat digunakan sebaik-baiknya untuk menyentuh masyarakat agar gemar membaca.

''Tidak hanya untuk masyarakat saja, tetapi kita harus mulai dari pejabat dan pelajar sehingga masyarakat umum juga mulai gemar membaca,'' tukasnya.

Sementara itu Gubernur Kepulauan Riau, Ismeth Abdullah menghimbau agar mobil yang sudah diserahkan ini dapat digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota dalam mengoperasionalkan mobil keliling.

''Tidak semua daerah memiliki perpustakaan, karena wilayah Kepulauan Riau yang luas dengan pulau-pulau. Sehingga informasi kurang menyerap ke daerah-daerah, dengan adanya mobil perpustakaan ini diharapkan bisa membantu memberikan informasi kepada masyarakat,'' ujar Ismeth berharap.

Diakui Ismeth, untuk di Kepulauan Riau kalau sekedar mobil masih kurang menyerap hingga ke daerah. Karena di Kepulauan Riau sendiri ada sekitar 19 pulau terluar. ''Kita membutuhkan setidaknya empat kapal perpustakaan keliling untuk di tempatkan di Kabupaten Anambas, Natuna dan juga Lingga. Sehingga semua masyarakat bisa membaca,'' tuturnya usai menerima mobil perpustakaan.

Tidak hanya itu sempena hari pendidikan 2 Mei mendatang, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menggelar lomba membaca dan menulis untuk tingkat pelajar hingga umum. ''Lomba ini digelar sempena hari pendidikan yang bisa diikuti semua lapisan masyarakat baik pelajar tingkat SD hingga SMA dan juga umum,'' ungkapnya.

Tujuan diadakan lomba tersebut untuk meningkatkan minat membaca di kalangan pelajar dan juga masyarakat. Sehingga merangsang masyarakat Kepri untuk lebih menyukai buku. Disamping itu, juga diberikan berbagai hadiah menarik.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Kepri Dapat Dua Unit Mobil Perpustakaan
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Kepri Dapat Dua Unit Mobil Perpustakaan Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

2 comments:

bintanmelilea said...
This comment has been removed by the author.
bintanmelilea said...

mudah-mudahan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Kepri,ayo kampanyekan Gemar Membaca

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis