Menuju Wisata Bersejarah di Tanjungpinang

Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang Tingkatkan Wisata

Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang terus meningkatkan potensi wisata yang ada di Kota Tanjungpinang untuk menarik wisata domestik maupun wisata manca negara. Apalagi potensi-potensi wisata yang ada di Kota Tanjungpinang kini mulai dikemas dan dijual ke luar negeri, seperti wisata sejarah yang banyak dikunjungi wisata manca negara, khususnya negara Singapura dan Malaysia.

Menurut Wansamsi, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang, Kamis (12/2), potensi wisata pulau Penyengat yang menjadi salah satu potensi wisata bersejarah kini mulai dioptimalkan kembali.

''Kami telah melakukan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan juga Badan Pengembangan Pulau Penyengat (BPPP) untuk menyamakan persepsi dan juga untuk meningkatkan wisata sejarah di pulau Penyengat,'' tuturnya.

Karena selama ini terkesan Pulau Penyengat yang merupakan aset wisata Kota Tanjungpinang dalam pengembangannya menjadi tumpang tindih. Sehingga potensi wisata yang ada di Pulau Penyengat tidak terserap dengan maksimal. ''Kami sudah melakukan konsolidasi dan mengambil kesepakatan bersama untuk mengembangkan wisata sejarah yang ada di pulau Penyengat, untuk even besar Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, sedangkan kami untuk iven-iven kecil yang setiap Sabtu akan kami hadirkan di Pulau Penyengat,'' urainya.

Dikatakan Wansamsi, iven yang dimaksud merupakan pergelaran tari Melayu dan sejarah pulau Penyengat yang akan ditampilkan seminggu sekali dari jam 9 hingga jam 11, sehingga turis yang habis berkeliling di pulau Penyengat bisa menyaksikan pergelaran tari di balai pertemuan.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga mulai melakukan perawatan terhadap bangunan-bangunan bersejarah di pulau Penyengat dan juga taman-taman agar selalu terawat. Selain itu, Pemerintah juga akan menyiapkan berbagai brosur mengenai sejarah penyengat. ''Berbagai cara akan terus kami tingkatkan dan perbaiki untuk meningkatkan potensi wisata bersejarah yang ada di Pulau Penyengat yang terkenal di Kepulauan Riau dari segi sejarah Melayu dan barang-barang bersejarah lainnya,'' tuturnya bersemangat.

Diakui Wansamsi, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam hal ini Dinas Pariwisata Kepulauan Riau berniat untuk membangun musium miniatur Pulau Penyengat dan juga merawat barang-barang atau naskah kuno yang ada di sana sehingga menjadikan potensi wisata sejarah.

''Kami juga akan melakukan tranining terhadap guide atau pemandu wisata yang ada di Tanjungpinang serta memberikan latihan terhadap penjaga makam dan beberapa orang di Pulau Penyengat, sehingga mereka mengetahui sejarah Pulau Penyengat dan bisa menyampaikan kepada turis,'' tukasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Menuju Wisata Bersejarah di Tanjungpinang
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Menuju Wisata Bersejarah di Tanjungpinang Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis