Siapkan Strategi dalam Menghadapi UAN

Target Kelulusan Harus Lebih Baik Dibanding Sebelumnya

Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau telah menghimbau Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota untuk mempersiapkan Ujian Akhir Nasional (UAN) Tahun 2009/2010. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Arifin Nasir, Rabu (28/1).

''Kami telah mempersiapkan strategi dalam menghadapi UAN tahun ini, sehingga hasil UAN tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya,'' ujarnya, saat dihubungi Batam News.

Hal tersebut bahkan sudah disosialisasikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota yang ada di Kepulauan Riau. Sehingga target kelulusan UAN tahun ini bisa lebih meningkat dibading tahun lalu, dimana hasil kelulusan di setiap Kabupaten dan Kota sangat memuaskan. Walaupun tidak semua lulus seratus persen, baik ditingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menangah Tingkat Atas (SLTA).

''Kami menargetkan kelulusan UAN lebih tinggi dibanding tahun lalu dan kami optimis tercapai dengan kerjasama guru dan murid dalam mempersiapkan UAN,'' ungkapnya.

Strategi yang disiapkan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau untuk meningkatkan target kelulusan dengan memberikan kisi-kisi soal ujian dalam menghadapi UAN tahun ini. Kisi-kisi soal tersebut dikirim Departemen Pendidikan Nasional. ''Kisi-kisi soal ini harus sampai ke setiap sekolah yang ada di Kepulauan Riau untuk dipelajari dalam mempersiapkan ujian,'' katanya.

Selama bulan Febuari, lanjut Arifin, Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota akan melakukan sosialisasi secara kontinu dalam mempersiapkan ujian ini.

Untuk nilai standar ujian nasional yang ditetapkan Departemen Pendidikan Nasional yakni 5,5 untuk mata pelajaran yang ditetapkan sebagai mata pelajaran UAN. ''Mata pelajaran yang diberikan oleh guru pengajar bidang studi tersebut harus menyelesaikan materi yang ada dibuku. Sehingga murid tidak bingung saat mengisi soal-soal yang ada dalam ujian,'' tuturnya.

Sedangkan masa ujian lima hari, sebelumnya tiga hari. Hal tersebut memudahkan murid dalam mempersiapkan ujian mendatang sehingga lebih siap. ''Ujian lima hari ini memudahkan siswa untuk mempersiapkan mata pelajaran yang diujikan, yang dua mata pelajaran hanya hari pertama, empat hari ujian mata pelajarannya hanya satu. Sehingga pelajar bisa mempersiapkan diri lebih konsen dibanding sebelumnya,'' tandasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Siapkan Strategi dalam Menghadapi UAN
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Siapkan Strategi dalam Menghadapi UAN Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis