Muspida dan Penyair Puisi Baca Puisi di Jalan

Malam Peduli Kemanusian

Komunitas Penyair Kota (KPK) Tanjungpinang menggelar malam baca puisi Peduli Kemanusian di Tugu Proklamasi di tepi laut, Tanjungpinang. Penggelaran baca puisi kali ini tidak didalam gedung, melainkan di tempat terbuka, Rabu (18/2) malam. Kegiatan yang dihadiri tokoh penyair dan juga muspida serta Wakil Gubernur Kepulauan Riau, HM Sani, Walikota Tanjungpinang, Suryatati A Manan dan Wakil Bupati Bintan, Mastur Taher.

Menurut Teja Alhab, Ketua Panitia Penyelenggara, malam baca puisi kemanusian ini merupakan suatu momentum istimewa untuk merekatkan rasa kepedulian kemanusian universal.

''Dimana solidaritas tidak membeda-bedakan perbedaan manusia sebagai kebangkitan penolakan terhadap upaya pelecehan kemanusian. Karena sejarah panjang yang hitam peradaban manusia takan mungkin diputihkan tanpa ada etikat posirif seluruh warga dunia, khususnya kota Tanjungpinang dan Kepulauan Riau secara umum untuk berkomitmen bersama-sama bergandengan tangan tanpa mempertentangkan dan mencurigai satu sama lain,'' ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepulauan Riau, HM Sani mengungkapkan, pihaknya menyambut baik gagasan peduli kemanusian yang di taja pleh komunitas penyair kota Tanjungpinang.

''Langkah bijak ini pantas ditiru oleh masyarakat yang peduli kemanusian dengan sedikit mengetuk hati nurani, dan puisi menjadi tonggak sebagaimana Tugu Proklamasi yang berdiri kokoh ini, setiap saat bisa memberikan ingatan tulus makna perjuangan para pendahulu kota dalam memerdekakan bangsa ini dari penjajahan,'' urainya dalam sambutan.

Menurut Sani, budaya melayu harus senantiasa mampu bertahan dengan pendukung budaya melayu harus tetap dapat dibedakan sikap dan prilakunya seperti sopan santun bahasa menurut budi pekerti, mengutamakan harkat martabat, serta marwah merupakan nilai-nilai luhur yang sampai sekarang.

Pada kesempatan itu sebanyak 28 penyair serta unsur Muspida dari Kota dan Kabupaten menunjukan kebolehannya dalam membaca puisi. Kegiatan yang baru pertama kali digelar di lapangan terbuka itu cukup menarik perhatian masyarakat setempat. Acara yang dimulai pukul 20.00 hingga 00.00 tidak pernah sepi dari penonton yang menyaksikan acara baca puisi yang dibacakan penyair dan juga unsur muspida.

Acara baca puisi peduli kemanusian diikuti Wakil Gubernur Kepulauan Riau, HM Sani, Wali Kota Tanjungpinang, Suryatati A Manan, Wakil Bupati Bintan, Mastur Taher, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Edward Musahili, Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri, M Yusuf, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tanjungpinang, Datas Ginting Suka, DPD Asal Kepri, Aida Ismeth, Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Kadisnakersos Kota Tanjungpinang, dan sebagainya yang menunjukan kebolehan dalam membaca puisi.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Muspida dan Penyair Puisi Baca Puisi di Jalan
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Muspida dan Penyair Puisi Baca Puisi di Jalan Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis