Pengiriman Surat Pribadi Langka

*Kantor Pos Ditingalkan Pelanggan

Sejak dunia komunikasi digital masuk ke Indonesia, kantor pos yang merupakan sarana komunikasi dari satu daerah ke daerah lain mulai ditinggalkan pelanggan. Khususnya pelanggan yang biasa melakukan pengiriman surat pribadi.

Hal tersebut diakui Kepala Kantor Pos Cabang Kota Tanjungpinang, Tedi Permana, di ruangannya, Jumat (13/2). ''Sejak tahun 1990, sudah mulai banyak pelanggan yang meninggalkan kantor pos, khususnya masyarakat yang sebelumnya terbiasa mengirimkan surat pribadi sebagai sarana komunikasi,'' tuturnya.

Sedangkan untuk surat perusahaan, diakui Tedi, masih banyak perusahaan yang menggunakan jasa kantor pos untuk melakukan pengiriman surat, khususnya perusahaan yang bergerak di bidang keuangan atau perbankan.

Ditinggalkannya surat menyurat khusus pribadi ini berarti budaya menulis berkurang. ''Menulis merupakan budaya, bagaimana cara menulis yang panjang dan juga masih dalam sopan santun. Ini mengajarkan pelajar untuk bisa meluangkan pikiran dalam bentuk tulisan yang panjang dan mengajarkan bahasa Indonesia mengenai titik dan koma,'' urainya.

Biasanya, sebelum ada komunikasi digital, seperti internet dan telepon. Setiap akhir tahun atau hari raya besar, seperti Idul Fitri dan Natal, banyak pelanggan dari seluruh Indonesia yang mengirimkan surat maupun kartu lebaran kepada relasi, sahabat maupun keluarga yang lokasinya berjauhan.

Namun sejak ada telekomunikasi yang bisa dilakukan dalam hitungan detik untuk berbicara dengan sanak keluarga maupun kawan yang berada di pulau lain, pengiriman kartu pos sudah mulai ditinggalkan pelanggan. ''Biasanya untuk menyotir surat, kami menggunakan jasa free time mahasiswa untuk melakukan sortir surat. Sekarang tidak lagi, karena sedikit orang yang mengirimkan kartu ucapan,'' akunya.

Menurutnya, budaya Indonesia dalam bidang tulis menulis masih terbilang rendah dibanding luar negeri, yang membiasakan diri sejak dini untuk selalu berkomunikasi lewat surat, khususnya kartu pos.

''Kami terus mengembangkan sayap, di Lagoi telah berdiri kantor pos dan untuk post cardnya sangat laku. Karena orang luar negeri memang sudah terbiasa untuk mengirimkan post card setiap berada di daerah lain,'' tuturnya.

Tedi berharap agar masyarakat masih terus membudayakan menulis surat. Karena untuk menulis surat pribadi sudah langka atau hampir punah.

Namun kantor pos terus berupaya untuk meningkatkan inovasi dan terus melakukan keseimbangan terhadap teknologi moderen. Berbagai pelayanan dan program terus diperbaharui mengikuti perkembangan zaman teknologi. Bahkan sudah ada layanan wesel union di kantor pos yang berbasis layanan online. ''Sekarang orang di luar negeri mau mengirimkan uang ke keluarganya di Indonesia sudah bisa menggunakan wesel union melalui kantor pos, pencairannya pun sangat cepat,'' tuturnya.

Syarat untuk mencairkan wesel union tinggal membawa fotokopi identitas diri dan nomor pin yang dikirim melalui wesel union. Lalu, uang tersebut langsung cair dalam hitungan menit. Selain itu, untuk domestik sesama Indonesia wesel pun juga terus dikembangkan. Bahkan dalam hitungan menit dikirim melalui kantor pos, langsung bisa dicairkan dalam hitungan menit. ''Sekarang tidak perlu menunggu besok atau seminggu untuk bisa mencairkan wesel, satu menit di kirim. Satu menit kemudian sudah bisa dicairkan. Karena sekarang sudah menggunakan sistem online,'' tukasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Pengiriman Surat Pribadi Langka
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Pengiriman Surat Pribadi Langka Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

6 comments:

Anonymous said...

Hai, saya menemukan blog Anda melalui Google ketika mencari pertolongan pertama untuk serangan jantung dan posting Anda terlihat sangat menarik bagi saya.

Anonymous said...

Total Control sepotong Marketing Review-Besar detail yang Anda telah diterima? Di artikel situs. Berharap aku bisa mendapatkan lebih banyak hal di situs web Anda sendiri. Aku akan tiba lagi.

Anonymous said...

Ini adalah artikel bagus untuk dibaca, terima kasih untuk berbagi..

Anonymous said...

Wow! Terima kasih! Saya selalu ingin menulis dalam sesuatu situs saya seperti itu. Dapatkah saya mengambil bagian dari posting Anda ke blog saya?

Anonymous said...

Sangat baik ide

Anonymous said...

Cukup membunuh beberapa di antara waktu kelas di Digg dan saya menemukan artikel Anda . Tidak biasanya apa yang aku memilih untuk membaca tentang , tetapi itu benar-benar layak waktu saya . Terima kasih .

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis