Waspadai "Penumpukan" Penyakit

Cuaca yang tidak menentu (hujan, panas disertai angin) seperti sekarang ini, harus benar-benar kita waspadai. Karena dengan kondisi seperti ini, daya tahan tubuh menjadi lemah sehingga gampang terserang penyakit. Bahkan tidak jarang terjadi "penumpukan" penyakit.

"Yang dimaksud penumpukan penyakit adalah beberapa jenis penyakit bisa diderita oleh satu orang. Awalnya, mungkin dia hanya terkena gejala demam berdarah. Tapi selang beberapa hari diperiksa lagi, dia juga menderita gejala typus. Atau bisa juga jenis penyakit lainya," kata Dokter Umum Klinik Spesialis Griya Medika, dr. Waluyo.

Ia mengatakan, penumpukan (komplikasi penyakit, red ini) lebih banyak disebabkan oleh keadaan cuaca yang tidak menentu. "Keadaan cuaca yang berubah dari hujan, panas ditambah angin, membuat daya tahan tubuh kita melemah. Akibatnya lebih rentan terserang penyakit, terutama Demam Berdarah Dengue (DBD), typus danmMalaria, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) dan radang tenggorokan" paparnya.

Padahal kilah dokter berkaca mata ini, penyebab timbulnya penyakit-penyakit ini tidaklah sama. Seperti DBD, ditularkan oleh virus yang menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah, sehingga mengakibatkan perdarahan-perdarahan. typus disebabkan oleh kuman salmonella typosa. Dan malaria disebabkan infeksi protozoa dari genus Plasmodium Masa tunas. "Tapi karena daya tahan tubuh yang lemah tadi, sesorang bisa terserang sekaligus," tegasnya.

Sementara gejala penyakit-penyakit ini lanjutnya, juga berbeda. DBD, demamnya terus-menerus selama tiga hari. Tapi kalau typus, panasnya naik turun, mungkin pagi tidak terasa panas tapi malam hari panasnya naik. "Sedangkan kalau penyakit malaria, panas juga tapi badan menggigil kedinginan," tambahnya.

Masih katanya, di Batam sendiri, kasus seperti sangat banyak ditemui. Tidak hanya golongan usia anak-anak, tapi orang dewasa juga banyak yang terkena. "Kasus yang seperti ini memang banyak saya sekali temui. Ditambah kondisi cuaca seperti sekarang ini yang tidak tentu, kadang hujan, panas dan angin. Khusus untuk penyakit typus, kebanyakan juga disebabkan oleh karena kelelahan," tambahnya.

Apalagi tambah dia, dua penyakit yakni DBD dan Malaria setiap tahun memang selalu datang menyerang. "Kedua penyakit ini, sepanjang tahun selalu ada di Batam. Khususnya di daerah yang dekat dengan laut dan rawa-rawa," tukasnya.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Selalu Jaga Kebersihan

Menumpuknya berbagai penyakit, di tubuh kita, tentu akan menimbulkan rasa cemas. Tapi sebenarnya rasa cemas itu tidak perlu berlebihan. Karena penyakit-penyakit ini bisa dihindari, yakni dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan selalu menjaga kebersihan.

Seperti kita tahu, penyakit seperti DBD dan malaria ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti dan anopheles betina. Kedua nyamuk ini hidup ditempat yang berbeda, dimana aedes aegypti suka ditempat-tempat yang bersih, sementara anopheles lebih menyukai tempat yang kotor. "Sehingga orang yang tinggal dikawasan elit pun tetap bisa terjangkit penyakit ini. Tapi dengan pola hidup yang sehat dan lingkungan yang selalu bersih semua penyakit ini bisa dihindari," kata Dokter Waluyo.

Selain itu tambahnya, juga selalu makan makanan yang bergizi, sehingga daya tahan tubuh menjadi kuat terhadap ancaman virus dan kuman penyakit. "Jaga kondisi badan kita untuk tetap fit. Caranya, berikan pasokan gizi yang cukup serta istirahat yang cukup," ujarnya.

Sementara agar terhindar dari penyakit typus, kita harus menjaga kebersihan makanan. Terus air yang diminum itu harus benar-benar mendidih, yakni pada suhu 100 derajat celcius atau dimasak selama 7 sampai 10 menit. "Bagi yang aktivitasnya padat, jangan terlalu memforsir tenaga. Sisakan waktu untuk istirahat, dan jaga tubuh jangan sampai kelelahan," tambahnya.

Tidak hanya itu lanjutnya, antara pasien atau keluarga pasien juga harus terus menjalin komonikasi, sehingga perkembangan kesehatan bisa diketahui secara detail. "Yang juga tidak kalah penting jangan terlalu cemas atau khawatir menghadapi semuanya ini. Kita waspada, sebenarnya itu wajar. Tapi jangan terlalu berlebihan," katanya.

Mencari tahu lebih banyak lagi tentang berbagai gejala penyakit, juga cara yang baik untuk menhidar dari ancaman penyakit. "Sebab semakin banyak tahu, akan lebih gampang mendapatkan cara mengantisipasinya. Dan yang terakhir, selalu berpikiran positif," tukasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Waspadai "Penumpukan" Penyakit
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Waspadai "Penumpukan" Penyakit Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis