Ahmad Yani : Himbau Masyarakat Perhatikan Kebersihan

Hindari Demam Berdarah Dengue
Perubahan cuaca yang tidak menentu, Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang menghimbau masyarakat Kota Tanjungpinang untuk menjaga kebersihan lingkungan di rumah masing-masing. Hal tersebut untuk menghindari penyakit yang akan mewabah, khususnya Deman Berdarah Dengue (DBD).

''Kita menghimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan kebersihan di lingkungannya. Khususnya, di daerah yang berpemukiman padat penduduk. Karena lokasi tersebut sangat mudah penyebaran terhadap wabah DBD,'' ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani, Rabu (6/5).

Diakui Yani, penyuluhan kesehatan secara rutin dilakukan kepada masyarakat, serta fogging rutin di beberapa lokasi yang berpotensi terhadap penyakit DBD.

Pergantian cuaca saat ini dari musim hujan ke musim kemarau, banyak penyakit yang berpotensi bermunculan di pergantian musim. Serta cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu, menambah potensi jentik nyamuk hidup dan bertumbuh. Sehingga bisa menyebarkan DBD.

Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang beberapa waktu lalu pernah melantik sebanyak 341 Jumatik di tingkat Kecamatan di Kota Tanjungpinang. ''Jumatik sudah kita latih dan juga sudah berjalan. Mengenai kebersihan lingkungan rumah sebenarnya merupakan tanggungjawab masing-masing warga. Apalagi dengan kondisi beberapa warga mengalami kesulitan air sehingga menampung air hujan untuk digunakan. Sebenarnya tidak masalah, asalkan setelah itu ditutup, sehingga nyamuk tidak bersarang dan bertelur di situ,'' jelas Yani.


BACA JUGA : HIT OBAT NYAMUK LINDUNGIN KELUARGA

Mengenai beberapa pasien yang sudah menderita DBD, Yani menuturkan, hal tersebut masih tergolong wajar. ''Karena itu, kembali kami ingatkan untuk menjaga kebersihan rumah. Sehingga tidak terjadi penyebaran DBD,'' tuturnya.

Menurut Yani, lokasi yang patut diwaspadai terhadap penyebaran DBD adalah lokasi padat penduduk. Untuk lokasi tersebut di Kota Tanjungpinang terdapat di Tanjungpinang Barat, Tanjungunggat, serta Tanjungpinang Timur.

Untuk ketiga lokasi tersebut yang penduduknya banyak, Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang menghimbau agar memperhatikan kebersihan lingkungan. ''Kalau sudah ada yang terjangkit di situ, tentunya penyebaran DBD lebih mudah. Karena lokasinya yang padat penduduk,'' pungkasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Ahmad Yani : Himbau Masyarakat Perhatikan Kebersihan
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Ahmad Yani : Himbau Masyarakat Perhatikan Kebersihan Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis