Gubernur Serahkan Koleksi Buku Alm Daud Kadir

*Diberi Stample dan Stiker

Perpustakaan Provinsi Kepulauan Riau menerima koleksi buku dari Almarhum Daud Kadir, yang merupakan seniman, sejarawan, budayawan, cendekia asal Daik Lingga Kepri. Penyerahan yang dilakukan istri Sastrawan, Syamsiah langsung diterima Gubernur Kepulauan Riau, Ismeth Abdullah, Jumat (1/5).

Menurut Ismeth Abdullah, buku ini diserahkan ke perpustakaan Kepri berdasarkan amanah dari beliau yang ingin menyumbangkan koleksi buku pribadinya pada Kepri.

''Kita merasa senang menerima koleksi buku ini sebanyak 3163 buku dan buku ini akan diberi stample dan stiker untuk mengingat beliau,'' ungkapnya di perpustakaan Kepri.

Selain itu Ismeth juga berharap agar perpustakaan Kepri akan terus berkembang dan terkenal. ''Perpustakaan kita ini juga akan pindah ke Dompak dan diberi lokasi yang khusus, sehingga memberikan kenyamanan kepada anggota perpustakaan,'' urainya.

Dengan ditambahkannya koleksi buku dari milik Almarhum Daud Kadir, jumlah koleksi buku di Perpustakaan Kepri menjadi lima puluh ribu lebih. Diakui Ismeth, jumlah itu masih lah belum terbilang banyak. ''Ya, seharusnya masyarakat juga boleh menyumbang tidak usah banyak-banyak, satu juga tidak masalah,'' tuturnya.

Mengenai buku yang diberikan, Ismeth menuturkan, akan disesuaikan dengan katalog buku yang ada di perpustakaan. ''Jika buku sastra ya akan dimasukan ke katalog sastra, karena perpustakaan sudah memiliki aturan sendiri,'' ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Ismeth juga memberikan kenangan kepada istri almarhum Daud Kadir di Perpustakaan tersebut. Menerima kenangan dari Gubernur Kepri itu, istri almarhum meneteskan air mata. Karena sudah menyelesaikan wasiat yang dipesankan almarhum suaminya.

Sekilas almarhum Daud Kadir terkenal sebagai sastrawan, budayawan, sejarawan, sekaligus politikus. Di bidang seni, Daud adalah seorang pengarang lagu sekaligus penyanyi dan pemusik. Lagu karangannya yang paling populer adalah Segantang Lada dan Pulau Bintan, dua lagu ini sudah melegenda bagi masyarakat Kepri. Daud meninggalkan seorang istri, Syamsiah dan 4 orang anak, serta 13 orang cucu.

Ismeth juga berharap karya-karya lagu karangan Daud juga akan disumbangkan ke Perpustakaan Kepri.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Gubernur Serahkan Koleksi Buku Alm Daud Kadir
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Gubernur Serahkan Koleksi Buku Alm Daud Kadir Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis