Demam Tinggi dan Timbul Bintik Merah

Penyakit Cacar

Penyakit cacar sudah sering didengar dan baru-baru ini beberapa orang mulai dari anak-anak hingga dewasa terjangkit penyakit cacar. Penyakit cacar dalam bahasa medisnya disebut varisela. Sebenarnya penyakit cacar ada beberapa macam, tetapi kebanyakan orang mengenal penyakit cacar air. Dalam bahasa inggris, penyakit cacar disebut small pox. Penyakit ini disebabkan oleh virus poks (pox virus) dan sangat mudah menular.

Menurut dr Dindin H Hadim, Wadir Yan Medis RS Budi Kemulian, gejala timbulnya penyakit cacar sama seperti gejala sindrom flue, yakni demam panas yang tiba-tiba, badan terasa pegel linu, sakit radang tengkorokan dan sakit kepala.

''Biasanya kalau terserang sakit kepala atau pun demam, tinggal minum obat sesuai dengan sakit yang sedang diderita. Misalnya saja demam, minum obat penurun panas,'' urainya.

Biasanya demam yang menyerang berlangsung selama 2-7 hari. Setelah demam turun, akan muncul gelembung-gelembung berisi nanah dan bagi yang terkena penyakit cacar ini dan sudah sembuh biasanya akan memberikan bekas di kulit. ''Setelah demam mereda akan timbul gelembung yang muncul kecil-kecil dan tidak serentak, yang dimulai dari bagian tubuh penderita lalu menjalar ke anggota tubuh lainnya,'' tuturnya.

Penyakit cacar ini bisa mengenai bayi hingga orang dewasa. Cara menanganinya, bila sedang menderita varisela atau cacar air ini., sebaiknya penderita beristirahat cukup, serta makan makanan yang bergizi dan makan secara teratur. ''Karena kondisi tubuh menjadi lemah. Kalau sudah timbul bintik-bintik merah segera minum obat anti virus cacar. Sehingga bintik-bintik yang timbul tidak membekas,'' ujarnya.

Ia melanjutkan, bintik-bintik cacar bisa membekas, bila terkena virus bakteri dan membuatnya bernanah. Bila bintik-bintik cacar tidak terkena hingga bagian dalam tubuh, hanya bagian luar saja, bintik-bintik cacar bisa hilang dengan sendirinya.

Asal, bintik-bintik yang timbul tidak terkena infeksi bakteri lain yang membuat bintik-bintik cacar berubag menjadi nanah yang bisa menyebabkan bekas yang tidak bisa hilang. Biasanya penyakit cacar diderita sekali seumur hidup. Pencegahan penyakit cacar ini dilakukan sejak anak masih berusia satu tahun dan sepuluh tahun.
''Imunisasi cacar air sudah bisa diberikan setelah anak berusia satu tahun dan diulangi pada saat anak berusia 1p tahun untuk melindunginya saat dewasa,'' terangnya. Bila penyakit cacar sedang mendra anak Anda, maka akan timbul komplikasi selain demam dan timbul bintik-bintik merah, lalu berubah menjadi besar dan air, bahkan nanah.
Anak akan merasa tengorokannya sakit atau dapat terjadi radang paru-paru, biasanya disebabkan oleh infeksi sekunder dan dapat disembuhkan sempurna. ''Pada anak-anak dengan sistim kekebalan tubuh yang normal komplikasi-komplikasi tersebut jarang ditemukan. Ada baiknya, bagi orangtua memberikan imunisasi cacar, sehingga kekebalan tubuh anak sudah terbentuk,'' tukasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Demam Tinggi dan Timbul Bintik Merah
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Demam Tinggi dan Timbul Bintik Merah Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

1 comments:

infoGue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
http://penyakit.infogue.com/
http://penyakit.infogue.com/demam_tinggi_dan_timbul_bintik_merah

anda bisa promosikan artikel anda di www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis