Perawatan Tangan dan Kaki

Spa di Rumah

Tidak mempunyai waktu untuk melakukan perawatan tangan dan kaki ke salon. Sekarang ini perawatan tangan dan kaki bisa dilakukan di rumah. Memang ada bedanya, saat melakukan perawatan kaki dan tangan di rumah dengan di salon. Kalau melakukan perawatan kaki dan tangan di salon, ada seseorang yang mengerjakannya. Anda hanya menerima bersihnya saja. Tetapi kalau dana lagi terbatas, tentunya perawatan kaki dan tangan bisa dilakukan di rumah. Sebelum melakukan perawatan kaki dan tangan atau yang biasa disebut pedicure dan manicure, Anda harus menyediakan beberapa peralatan terlebih dahulu. Sehingga acara pedi-meni di rumah bisa berjalan dengan lancar.

Menurut Meike, Beauty and Consultan Star Beauty and Nail, peralatan yang dibutuhkan untuk perawatan kaki dan tangan di rumah atau pedi-meni di rumah tidak perlu selengkap di salon. Anda hanya membutuhkan peralatan seperti baskom atau ember, sikat kaki dan tangan, gunting kuku, pengosok kaki, garam spa, scrub, masker dan lotion. ''Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan kuku kaki dan tangan bersih dan sehat. Untuk perawatan kaki dan tangan dibutuhkan sekitar 1 jam saja,'' paparnya.

Setelah menyediakan perlengkapan pedi-meni di rumah, tidak ada salahnya sebelum melakukan perawatan Anda menciptakan suasana senyaman mungkin dengan memutar alunan musik favorit dan menghidupkan lilin aromaterapi. Sehingga acara pedi-meni di rumah jadi menyenangkan. Langkah pertama yang harus dilakukan merendam kaki terlebih dahulu. Sebelum merendam kaki, siapkan baskom atau ember kecil. Isi dengan air hangat sebatas pergelangan kaki lalu masukkan 1/2 ons bath salt atau garam mandi .

''Sekarang ini garam spa sudah bisa didapat di tempat-tempat tertentu yang menjual khusus produk kecantikan atau perawatan. Garam spa ini berguna untuk membuat kaki yang lelah menjadi segar dan mempelancar peredaran darah,'' tuturnya. Ia melanjutkan, rendamlah kaki dengan air hangat yang sudah diberi garam selama 10 hingga 15 menit. Garam spa juga berfungsi untuk menghaluskan kulit kering dan mengelupas kulit mati.

Kemudian, gunting kuku. Kuku yang sudah direndam air jadi mudah untuk dipotong dan dibersihkan. Saat menggunting atau memotong kuku kaki, perhatikan bagian kuku yang paling bawah. Karena di sana banyak terdapat bakteri yang menyebabkan kaku bau, bahkan bisa terkena jamur. Setelah membentuk kuku kaki. Scrub kaki dengan menggunakan scrub khusus untuk kaki. Gunanya scrub kaki ini untuk membuang kulit mati.

''Tumit kaki sering pecah-pecah dan kapalan dengan menggunakan scrub tentunya dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di kaki. Lalu, sikat tumit kaki dengan menggunakan pengosok kaki. Alat ini berguna untuk mengatasi kulit kapalan,'' terangnya.

Begitu Anda merasa kulit mati sudah terangkat. Sikat kaki dengan menggunakan sikat kaki pada bagian jari-jari Anda. Karena bagian jari-jari kaki jarang tersentuh. Padahal bakteri di sana sangat banyak. Keringkan kaki Anda, lalu gunakan masker khusus untuk kaki.

''Pada saat menggunakan masker kaki, Anda bisa melakukan pekerjaan rumah atau pun sekedar membaca buku untuk menunggu masker kaki Anda kering. Untuk di rumah, sekarang sudah ada masker yang berbentuk cream, sehingga saat masker kering tidak berjatuhan rempah-rempah masker kaki tersebut,'' jelasnya.

Penggunaan masker kaki ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit, agar masker yang digunakan benar-benar menyerap masuk ke dalam kulit. Fungsi masker kaki untuk memutihkan kaki dan menghaluskan. Setelah masker kering, bersihkan kaki dengan menggunakan air hangat. Lalu, keringkan dan berikan lotion pada kaki. ''Saat menggunakan lotion pada kaki, ada baiknya gerakan tangan naik turun berulang-ulang dengan memberikan penekanan pada jari Anda atau pijat dengan gerakan memijat ke arah atas bawah dararah jari-jari kaki ke arah betis dengan gerakan satu arah,'' paparnya.

Lakukan berulang-ulang, setelah kedua kaki Anda sudah dipijat. Anda pun boleh melakukan aplikasikan cat kuku dengan warna favorit. Sebelum menggunakan kutek pada kaki Anda. Ada baiknya mengawalinya terlebih dahulu dengan menggunakan base coat, cat kuku baru akhiri dengan melapisi top coat. Pemakaian base coat dan top coat akan membuat cat kuku tidak mudah pudar. Biarkan kering dengan sendirinya, lalu bersihkan warna cat kuku yang tidak sengaja teroles di sekeliling kuku-kuku Anda.

''Untuk menicure sama seperti padicure, hanya saja pada bagian tangan tidak menggunakan penggosok untuk mengangkat kulit mati pada telapak tangan Anda. Lakukan perawatan kuku dan kaki dua minggu sekali agar pertumbuhan kuku selalu baik dan terawat,'' tandasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Perawatan Tangan dan Kaki
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Perawatan Tangan dan Kaki Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

1 comments:

Anonymous said...

okk

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis