Kiat Tepat Mempersiapkan Anak Tangguh

*Dancow Pareting Center

Dancow Pareting Center menggelar seminar Kiat Tepat Mempersiapkan Anak Tangguh yang diselenggarakan di Planet Holiday, Sabtu (26/4) lalu, dengan pembicara dari pakar nutrisi, psikologi dari Jakarta. Acara ini dihadiri sekitar 300 peserta dari ibu-ibu dan juga guru TK agar membekali anak agar tangguh menghadapi tantangan.

Menurut dr Frieda Mangunsong, M.Ed, Psi, sepanjang hidup anak atau manusia dihadapkan berbagai masalah, seperti penyesuaian diri dengan adik baru, gangguan penyakit, trauma, keluarga pecah, bercerai, sering mengalami kekerasan di rumah, kelas baru, di bullying di sekolah, diperlakukan tidak adil, sewenang-wenang, perbedaan sosial yang menekan di masyarakat, ancaman bahaya, berbagai bencana dan masih banyak lagi.

''Bisa dikatakan bahwa kapan saja, dimana saja anak berada, sebagai manusia, ia akan dihadang berbagai masalah. Karena itu, anak harus dibekali agar tangguh dalam menjalani kehidupan,'' ujarnya.

Sebagai manusia memiliki kapasitas yang mampu mengatasi berbagai kondisi kesusahan atau kesulitan, misalnya saja stresh fisik dan trauma psikologi sejak masa anak-anak, sehingga dewasa, mereka mampu melakukan pemecahan masalah, juga berpikir kritis, kemampuan berinisiatif dan melakukan antisipasi.

''Anak sejak kecil harus diajarkan mempunyai tanggung jawab sosial, tanggung jawab terhadap pilihan yang ia ambil dan keberhasilan mengatasi kesusahan. Orangtua, boleh ikut campur masalah anak, hanya saja harus ada batasan, supaya anak bisa menyelesaikan persoalannya sendiri,'' terangnya.

Biarkan anak bergerak sesuai keinginannya dengan tetap diperhatikan orangtuanya. Karena itu, orangtua harus menunjukan bagaimana berprilaku benar melalui contoh yang dilakukan. Karena pertumbuhan dan perkembangan anak dimulai di lingkungan rumah.

''Anak mencontoh orangtuanya, karena itu orangtua harus memberikan contoh yang baik pada anak. Biarkan anak melakukan merasa mempunyai orangtua yang sayang dan peduli padanya, yang menginginkan anaknya belajar mandiri. Sehingg anak akan tumbuh menjadi pribadi yang disukai dan dicintai oranglain, suka melakukan sesuatu yang baik dan peduli pada oranglain,'' urainya.

Selain melindungi anak, orangtua juga harus bisa mendorong anak agar mampu menyelesaikan persoalan yang sedang ia hadapi. Misalnya saja, memberikan dorongan bahwa si anak mampu menemukan cara-cara menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapinya.

Disamping mendapatkan kiat-kiat berbagai hal untuk mempersiapkan anak tangguh, peserta seminar yang membawa anaknya juga bisa menyaksikan seminar, karena panita juga telah mempersiapkan playground untuk anak bermain, semasa orangtunya mengikuti seminar. Selain itu, peserta yang beruntung juga mendapatkan hadiah menarik dari panitia Dancow dan Nikita.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Kiat Tepat Mempersiapkan Anak Tangguh
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Kiat Tepat Mempersiapkan Anak Tangguh Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis