Merawat Perhiasaan

Perhiasan atau asesoris bagi sebagian wanita merupakan bagian dari trend fashion itu sendiri. Sehingga tidak heran, perhiasan merupakan bagian dari koleksinya. Memiliki banyak perhiasaan, baik emas, perak dan sepuhan emas mempunyai cara yang berbeda dalam merawatnya.

''Merawat perhiasan itu penting dilakukan agar asesoris tetap terlihat indah dan tahan lama. Bahan yang digunakan perhiasan pun beraneka macam dan tentunya cara merawat asesoris emas, perak dan sepuhan emas berbeda,'' ujar Paula, Supervisor Madona Accessories.

Menurut Paula, bahan yang digunakan untuk membuat perhiasan menjadi perhatian utama dalam melakukan perawatan.Karena dalam membersihkan perhiasan harus sesuai dengan material bahan yang digunakan. Untuk koleksi perhiasan perak biasanya cendrung menjadi hitam karena teroksidasi. Untuk membuatnya menjadi bersih kembali, caranya sangat mudah. ''Ambil secangkir cuka yang dicampur dengan satu sendok makan soda bikarbonat. Masukkan perhiasan ke dalamnya, kemudian aduk-aduk dan gosok perlahan-lahan. Tinggalkan selama satu jam atau lebih jika perhiasan sudah sangat kotor. Setelah itu cuci dan keringkan,'' urainya.

Dengan begitu, perhiasaan perak Anda akan kembali bersih dan nyaman dikenakan. Sedangkan perhiasan sepuhan emas, tentunya berbeda cara merawatnya dengan perhiasaan emas. Masalah terbesar dengan perhiasan berlapis emas putih atau pun kuning adalah cepat sekali pudar warna keemasannya. ''Untuk mempertahankan warnanya, oleskan cat kuku warna netral atau transparan pada perhiasan. Hal ini tidak hanya akan membuat sepuhan emas bertahan lama, tetapi juga menghasilkan perhiasan lebih bercahaya bagai emas asli,'' tuturnya.

Namun bila perhiasan sepuhan emas sudah mulai memudar warnanya,karena kemakan usia. Sesekali disemprot lapisan emas ke tempat yang menyediakan jasa emas yang menyediakan jasa layanan penyemprotan lapisan emas. Sedangkan untuk perawatan perhiasan emas murni, taruh perhiasan yang terbuat dari emas ke dalam wadah atau mangkuk yang sudah berisi air hangat dan sudah ditambah dengan sedikit sampo dan juga sedikit kunyit bubuk. ''Tinggalkan di dalam air selama 3 menit, bersihkan dengan sikat halus, kemudian cuci dan keringkan,'' ujarnya.

Saat menyimpan perhiasaan, pisahkan antara emas murni, sepuhan emas dan perak. Jangan menyimpan perhiasaan dari bahan material yang berbeda dalam satu wadah. Karena perhiasan emas akan kalah dengan gesekan perhiasan perak. Begitu juga saat memakai perhiasan emas, jangan ditambah dengan perhiasaan perak. ''Perawatan ini ada baiknya dilakukan sebulan sekali, tetapi untuk perawatan sehari-hari, ada baiknya selesai menggunakan perhiasaan langsung di lap, sebelum ditaruh pada box atau tempat penyimpanan perhiasan,'' tukasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Merawat Perhiasaan
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Merawat Perhiasaan Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis