Bedah Rumah dan Halal Bihalal

HUT Pemko Tanjungpinang

Jumat (17/10), merupakan ulang tahun Pemerintah Kota Tanjungpinang sejak ditetapkan sebagai pemerintah otonomi daerah pada 2001 lalu. Serangkaian acara digelar dalam rangka HUT Pemko Tanjungpinang yang ketujuh. ''Seperti biasa, Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar serangkaian acara. Besok (hari ini, red) kami akan melakukan halal bihalal di kantor Senggarang. Tidak hanya itu saja, juga banyak berbagai kegiatan sosial lainnya,'' ujar Suryatati A Manan, Wali Kota Tanjungpinang, Jumat (17/10) usai menghadiri peresmian Kankanwil di Senggarang.

Tati, sapaan Suryatati menjelaskan, kegiatan bakti sosial ini telah digelar di masing-masing SKPD yang ada.

Berbagai kegiatan yang rencananya akan digelar Pemerintah Kota Tanjungpinang terkait ulangtahun Pemko antara lain, donor darah, bakti sosial dan masih banyak kegiatan lainnya. Termasuk bedah rumah.

Bagi warga Tanjungpinang yang beruntung mendapatkan kesempatan rumahnya di bedah dalam rangka HUT Pemko. Tati berpesan agar warga Tanjungpinang yang mendapatkan bantuan bedah rumah untuk mempergunakan rumah tersebut sebaik-baiknya.

''Rumah yang sudah ada diberdayakan dengan baik,'' pesan Tati kepada warga yang mendapatkan bantuan bedah rumah, saat melakukan peninjauan di salah satu rumah dari 18 rumah yang dibedah.

Dengan adanya bedah rumah yang dilakukan dari APBD Kota Tanjungpinang, Tatik berharap pemilik rumah dapat mencari mata pencaharian untuk biaya hidup dengan lebih giat lagi. ''Pemilik rumah kan sudah tidak perlu memikirkan rumah, tetapi jangan lupa untuk dijaga,'' ungkapnya.

Kata Tati, dengan sudah memiliki rumah yang layak huni, warga yang beruntung bisa memikirkan yang lain untuk kesejahteraan rumah. Sehingga kesejahteraan masyarakat miskin yang ada di Tanjungpinang dapat menuju ke arah yang lebih baik.

Pada kesempatan itu, Wali Kota yang didampingi jajaran unsur muspida Kota Tanjungpinang, meninjau empat rumah dari 18 rumah yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp585.017.900. Sebanyak 18 rumah yang siap dibedah tersebut dibangun dalam rangka memperingati hari jadi Kota Tanjungpinang ke-224 yang jatuh Januari lalu.

Warga Tanjungpinang yang beruntung mendapatkan kesempatan itu, antara lain, Amri, warga jalan Lembah Merpati, Kampung Wono Sari RT 05/ RW 06, Batu IX, Tanjungpinang Timur. Asmah, warga jalan Lembah Prnama Lorong Seraya IV, Tanjung Ayun Sakti, Bukit Bestari. Salma, jalan Matador RT 02/ RW 6, Bukit Cermin, Tanjungpinang Timur. Serta Buku, warga jalan Sungai Ladi RT 02/RW 03, Kampung Bulang, Tanjungpinang Kota.

''Bagi masyarakat yang tidak mampu dan masih belum mendapatkan kesempatan diharapkan bersabar. Pemerintah akan terus berupaya untuk menghadirkan program bedah rumah untuk periode berikutnya,'' ungkap wanita berkulit putih itu.

Program bedah rumah yang dirancang Pemko Tanjungpinang dalam memperingat Ulang Tahun Kota Otonomi yang ke-7 menggunakan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk 18 rumah masyarakat miskin Kota Tanjungpinang.

Sementara itu, Kabag Bina Sosial (Binsos) Tanjungpinang, Adnan menuturkan, bedah rumah tahap kedua direncanakan akan dimulai pembangunannya November mendatang. ''Saat ini kami sedang melakukan pendataan rumah mana yang akan dibedah,'' ungkap Adnan.

Mengenai kriteria rumah yang akan dibedah, lanjut Andan, masih sama dengan kriteria bedah rumah tahap pertama.

Rumah yang mendapat kesempatan untuk dibedah yang memiliki ketentuan antara lain keluarga tersebut berasal dari rumah tangga miskin, status kepemilikan rumahnya adalah rumah pribadi dan tidak lagi layak huni. ''Kami merencanakan satu rumah disetiap kecamatan,'' jelasnya.

Sementara itu, Salmah, salah satu warga Tanjungpinang yang beruntung itu mengucapkan terimakasih. ''Rumah saya kini sudah nyaman untuk ditempati,'' katanya. Salmah berharap tidak hanya dirinya yang tergolong tidak mampu yang mendapatkan kesempatan tersebut. Melainkan juga, warga miskin yang ada di Kota Tanjungpinang.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Bedah Rumah dan Halal Bihalal
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Bedah Rumah dan Halal Bihalal Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis