Menunggu Hasil Pertemuan Eksekutif -Legislatif

Pembahasan Aset Dilanjutkan 4 November

Hasil rapat pertemuan aset yang digelar tertutup di ruang Wakil Gubernur Kepri, HM Sani bersama Wali Kota Tanjungpinang, Suryatati A Manan dan Bupati Bintan, Ansar Ahmad, Senin (27/10) lalu sudah mendekati titik terang antara dua pemerintahan satu pulau dalam sangketa aset tersebut.

Menurut HM Sani, yang ditunjuk sebagai Ketua mediator penyelesaian Aset, kemarin, hasil dari rapat pertemuan antara kepala daerah kota Tanjungpinang dan kabupaten Bintan dalam pembahasan penyerahan aset telah menhasilkan sejumlah kesepakatan adanya pembagian asset yang akan diserahkan.

''Pembahasan aset berdasarkan hukum pemebentukan UU kota otonomi daerah memang menyatakan seluruh aset yang berada di kota Tanjungpinang harus diserahakan ke kota Tanjungpinang, tetapi dengan adanya surat keputusan menteri, kedua belah pihak sepakat menyelesaikan secara Musyawarah dan mufakat, '' ujarnya.

Diakui Sani, mediasi yang dilakukan kedua pemerintahan dari pertemuaan pertama dan kedua, banyak menemukan titik terang dengan cara pendekatan dari masing-masing kepala daerah.

Pertemuan yang berlansung sekitar 60 menit itu menghasilkan kesepatan bersama mengenai pembagian dan krateria aset-aset yang ada di Kota Tanjungpinang, diantaranya aset umum seperti sekolah dan bangunan perkantoran Mobil dan pemadam kebakaran, aset perusahan daerah, seperti pasar dan kolam renang, serta aset yang akan diserahkan kabupaten Bintan kepada Pemerintah provinsi seperti kantor Gubernur, dan gedung daerah.

''Kedua belah pihak setuju dengan kesepakatan adanya pembagian kategori aset. Sedangkan mengenai aset perusahan, pihak pemerintah kabupaten dapat mengelola dan melakukan imvestasi di pemerintah kota Tanjungpinang, '' ujar Sani.

Masing-masing kepala daerah kabupaten/kota, lanjut Sani, diminta untuk melakukan koordinasi dan pembahasan secara bersama dengan anggota DPRD masing-masing daerah, hingga pembahasan dan penetapannya berdasarkan Perda daerah masing-masing.

Setelah terjadi kesepakatan dan mencapai kata mufakat yang dilakukan antara eksekutif dengan legislatif di kabupaten/kota maka akan diadakan pertemuan kembali yang diperkirakan pada tanggal 3 atau 4 November 2008 nanti.

''Pertemuan nanti untuk menyamakan persepsi dan hasil koordinasi masing-masing kepala daerah dengan anggota DPRD masing-masing kabupaten/kota,'' tandasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Menunggu Hasil Pertemuan Eksekutif -Legislatif
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Menunggu Hasil Pertemuan Eksekutif -Legislatif Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis