Kesehatan Merupakan Investasi Utama

Suryatati : Dimulai dari Posyandu

Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan sekaligus sebagai investasi sehingga perlu diupayakan, diperjuangkan dan ditingkatkan oleh setiap individu dan seluruh komponen masyarakat agar masyarakat dapat menikmati hidup sehat dan pada akhirnya dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Demikian sambutan Walikota Tanjungpinang, Suryatati A Manan, dalam acara pembukaan Jambore Posyandu tingkat Kota Tanjungpinang, Senin (20/10) kemarin di Gedung Aisyah Tanjungpinang. ''Kesehatan bukan hanya tanggungjawab pemerintah tetapi juga tanggungjawab bversama,'' ungkapnya.

Menurut Tati, sumberdaya yang sehat dan berkualitas merupakan modal utama dan investasi dalam pembangunan kesehatan.

Sebab kesehatan dan sektor ekonomi merupakan tiga pilar yang sangat mempengaruhi kualitas manusia indeks pembangunan manusia Indonesia tahun 2002 menduduki peringkat 111 dari 175 negara didunia dan merupakan yang terendah diantara negara-negara kawasan Asia Tenggara.

''Pemerintah telah menetapkan arah kebijakan pembangunan kesehatan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2004 sampai 2009. Karena bidang kesehatan mengutamakan upaya preventif dan promotif serta memberdayakan keluarga dan masyarakat dalam bidang kesehatan,'' urainya.

Diakui Tati, salah satu bentuk untuk memberdayakan masyarakat dengan menumbuh kembangkan posyandu.

Sebab posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat dalam peneyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh kesehatan dasar.

''Yang terpenting untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi. Diperlukan upaya pengembangan kualitas sumberdaya manusia dengan mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak dan dapat dilaksanakan secara merata,'' jelasnya.

Apalagi di Kota Tanjungpinang perkembangan posyandu bertambah, dari tahun 2003 hanya terdapat 95 postandu dengan 690 orang kader. Sedangkan ditahun 2007 sampai saat ini sudah terbina 117 posyandu balita dan 22 posyandu lansia dengan jumlah kader sebanyak 997 orang.

Menurut Tati, kader posyandu merupakan tenaga strategis dalam pencapaian visi Indonesia Sehat atau kota wisata sehat tahun 2010.

''Dua bulan lalu, kita telah memberikan bantuan berupa insentif bagi kader dari seluruh posyandu yang ada di kota Tanjungpinang. Diharapkan bantuan tersebut bisa digunakan untuk menambah semangat ibu-ibu dalam mengelola posyandu di wilayah masing-masing,'' tandasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Kesehatan Merupakan Investasi Utama
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Kesehatan Merupakan Investasi Utama Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

1 comments:

infogue said...

Artikel anda:

http://kesehatan.infogue.com/
http://kesehatan.infogue.com/kesehatan_merupakan_investasi_utama

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis