Sebelum Barang Masuk Lapor Dahulu

Dengan dilaksanakan perdagangan bebas di Batam, Bintan dan Karimun diharapkan dapat memudahkan pengusaha dalam melaksanakan mekanisme perdagangan yang ada di kawasan perdagangan bebas.

Demikian diungkapkan, Ketua Dewan Kawasan, Ismeth Abdullah, belum lama ini. Ismeth menuturkan, pelaksanaan FTZ di kawasan perdagangan bebas akan memudahkan pengusaha, karena aturannya sama, hanya saja yang membedakan mekanisme pelaporan barang masuk dan keluar.

''Dulu pengusaha kalau mau memasukkan barang cukup datang dan melaporkan barang-barang bawaannya. Sekarang, sebelum memasukkan barang, pengusaha terlebih dahulu melapor jumlah dan jenis barang apa yang mau dimasukan,'' ungkapnya.

Pada saat melaporkan barang yang akan dimasukan atau keluar, mekanisma pelaporan yang dilakukan pengusaha tidak akan dipersulit dalam hal birokrasi yang ada di kawasan perdagangan bebas. ''Memang, kalau diperhatikan peraturannya memang kaku. Namun, saya pastikan implementasinya lebih mudah dan fleksibel,'' ungkapnya.

Ismeth juga meminta pengusaha yang ingin memasukkan barang ke kawasan FTZ untuk tidak ragu-ragu lagi. Karena dengan adanya aturan yang sudah ditetapkan, pengusaha tidak perlu ragu-ragu saat mau memasukan dan mengeluarkan barang.

Namun saat mau memasukan barang harus membuat laporan terlebih dahulu, sesuai dengan jenis barang yang mau dimasukan dan jumlah barang yang akan dimasukan ke dalam kawasanan perdagangan bebas. Hal tersebut untuk menghindari penumpukan barang yang kemungkinan bisa menimbulkan penyelundupan.

''Aturan dalam perdagangan bebas tidak susah, karena pada intinya sebelum barang masuk harus dilaporkan terlebih dahulu,'' tegasnya.

Soal masih adanya isu pungli dalam pelaksanaan FTZ, Ismeth menegaskan, pengusaha jangan mau membayar di luar ketentuan pemberlakuan perdagangan bebas. ''Kepada pengusaha, saya sudah pesan untuk tidak perlu bayar. Jangan ada lagi budaya sogok-menyogok. Karena itu harus sesuai dengan mekanisme, jangan sampai sistem yang sudah ada rusak, karena adanya sogok menyogok,'' tukasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul :
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis