Tingkatkan Pembangunan Kepri, Musrembang

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Provinsi Kepulauan Riau tahun 2009 selama dua hari, hingga hari ini dalam rangka menjabarkan kebijakan publik sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah Daerah.

Menurut Kepala Bappeda Kepri, Suhajar Diantoro, kemarin, dalam sambutannya Musrembang dilaksanakan tiap tahun oleh seluruh pelaku pembangunan dalam menjabarkan kebijakan publik sebagai wujud nyata komitmen pemerintah daerah.

''Komitmen ini melaksanakan pembangunan secara bertahap dan terencana melalui rencana kerja jangka panjang, jangka menengah dan rencana kerja tahunan yang merupakan pedoman dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah sesuai visi, misi dan arah kebijakan pemerintah daerah,'' ujarnya.

Dalam musrenbang ini diharapkan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah menyusun rencana kerja melalui proses koordinasi lintas SKPD dan proses partisifasi seluruh pelaku pembangunan agar tercipta sinkronisasi dan sinergi serta menjamin keterkaitan, konsistensi dalam sistim perencanaan, penganggaran dan pengawasan pembangunan.

''Dengan adanya musrembang ini kita melakukan tahapan dan evaluasi tahun 2009 dan juga sebagai sarana untuk menyusun kegiatan tahun 2010 sebagai rujukan pembangunan ke depan,'' ungkapnya.

Prioritas pembangunan daerah tahun 2010 adalah peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat. Selain itu peningkatan perekonomian daerah melalui pengembangan investasi di sektor industri, pariwisata, pertanian/perikanan dan optimalisasi unggulan daerah. Selain itu juga, pembukaan lapangan kerja baru dan penurunan jumlah keluarga miskin. Mewujudkan tata pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa. ''Priotas lainnya juga diarahkan pada peningkatan kehidupan beragama serta memajukan budaya, kesenian dan peranan perempuan,'' ujar Suhajar.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau, Ismeth Abdullah menuturkan, pembangunan di Kepri dari tahun ke tahun mengalami pembaharuan lebih baik dari berbagai sektor pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

''Untuk pendidikan perkembangan indeks tahun 2007 ke 2008 semakin meningkat dan bagus. Sarana dan prasarana pendidikan serta infrastruktur terus ditingkatkan. Membuka lapangan pekerjaan,'' ungkapnya.

Diakui Ismeth untuk sektor kesehatan masih belum baik, namun akan terus ditingkatkan pelayanan kesejahtraan masyarakat.

''Kita akan terus meningkatkan perbaikan perekonomian, kesejahteraan masyarakat Kepri menjadi lebih baik dengan membuat perencanaan yang lebih matang,'' tukasnya.

Dalam Musrembang yang di gelar di Bintan Pertama Resor dihadiri anggota DPD-RI dapil Kepri, DPRD, Sekdaprov, Asisten, Bupati atau Walikota se-Kepri, Bappeda se-Kepri, Instansi vertikal, Perguruan Tinggi, organisasi profesi, pers, LSM, tokoh masyarakat, paguyuban, lembaga adat dan sebagainya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Tingkatkan Pembangunan Kepri, Musrembang
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Tingkatkan Pembangunan Kepri, Musrembang Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis