Kepulauan Riau Penghasil Ikan Terbesar

*Galakan Gemar Makan Ikan

Letak geografis Provinsi Kepulauan Riau yang terdiri dari 95 persen yang merupakan lautan dan lima persen yang merupakan wilayah darat, membuat Kepri sebagai pengasil ikan terbesar. Dikarenakan pentingnya mengkonsumsi ikan. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, berasama ibu PKK Provinsi Kepri menggelar galakan gemar makan ikan.

''Kepulauan Riau terdiri dari laut dan kepulauan dan untuk di daerah merupakan penghasil ikan yang terbesar. Karena itu, hasil dari tangkapan ikan bisa diolah menjadi produksi dan ciri khas dari Provinsi Kepri,'' ujar Nuraida, Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kepri.

Makanan laut, seperti ikan, lanjutnya, merupakan sumber protein yang sangat penting bagi tubuh. Dibanding makanan jungfood atau makanan cepat saji.

Selain mengajarkan anak-anak menyukai makan ikan, tentunya hal tersebut juga membantu meningkatkan taraf hidup nelayan yang ada di Kepri. ''Hasil tangkapan ikan ini juga bisa diolah menjadi manisan dan juga hasil tangkapan ini juga bisa dijual keluar negeri, tidak hanya untuk produksi dalam negeri,'' urainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, Amir Faisal menuturkan, kegiatan yang diselenggarakan ibu PKK Seprovinsi Kepri ini merupakan agenda tindak lanjut yang digelar ibu PKK untuk menggalakan gemar makan ikan.

''Protein yang terdapat pada ikan sangat baik bagi pertumbuhan anak. Dengan adanya kegiatan ini, ibu-ibu bisa menciptakan kreasi masakan ikan agar bisa menjadi ciri khas Kepri,'' ungkapnya. Ia menambahkan, seperti masakan ciri khas Cina, Tom syam, sedangkan di Kepri ada ikan pindang.

Selain menggelar seminar, ibu PKK se Provinsi Kepri juga menggelar loma kreasi memasak ikan pindang yang rencananya akan menjadi masakan ciri khas dari Provinsi Kepri.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Kepulauan Riau Penghasil Ikan Terbesar
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Kepulauan Riau Penghasil Ikan Terbesar Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

2 comments:

Devina said...

Bagus banget, seharusnya kegiatan2 ini terus digalakkan ya, jangan sampai kekayaan alam kita dan ciri khas kita justru dimiliki pihak asing (lagi)....

Citra Pandiangan said...

Yup.. mari galakan makan ikan. Mba suka ikan ngak?

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis