Stres Bisa Menyebabkan Maag

Karena kesibukan bekerja dan berkativitas, terkadang rasa lapar tak dihiraukan. Karena dikejar deadline atau pun kejar target. Kebiasaan seperti ini terkadang membuat gejala mag melanda. Apa seh, mag itu sebenarnya?

Radang lambung atau bisa disebut mag adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit. Penyebabnya bisa karena penderita makannya tidak teratur atau sebab lain.

Mag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita mag makan terlalu banyak akan terasa sakit. Sedangkan bagi penderita mag yang sudah parah, penyakit mag tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Mag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang 'kambuh' apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Tetapi mag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, dan jangan jajan sembarangan.

Selain itu, juga bisa menimbulkan mag. Sakit mag timbul pada lambung yang disebabkan terkontrolnya produksi asam lambung. Gejalanya seperti perih pada lambung, terutama pada saat telat makan, perut terasa kembung, sering bersendawa, mual, dan kadang-kadang juga diikuti muntah.

Seringkali asam lambung memang naik sampai ke mulut sehingga mulut terasa asam, namun tidak selalu demikian. Pada penderita sakit mag yang parah, bahkan dapat menyebabkan pingsan. Jika sakit maag tidak segera diatasi, akan timbul gangguan kesehatan lain yang lebih parah, antara lain lambung menjadi luka yang disebut tukak lambung. Semua gejala ini timbul akibat keseimbangan asam lambung yang terganggu.

Penyebab asam lambung terganggu, bisa dikarenakan stres. Karena stres bisa menyebabkan perubahan hormonal sedemikian rupa di dalam tubuh selanjutnya akan merangsang sel-sel di dalam lambung memproduksi asam dalam jumlah berlebihan. Asam yang berlebihan ini menyebabkan lambung terasa nyeri, perih dan kembung, yang lama kelamaan dapat membuat luka pada dinding lambung. Menghilangkan stres juga dapat menghilangkan mag.

Hal lain yang menyebabkan sakit mag adalah makan tidak teratur. Sebagaimana diketahui lambung asam, yang disebut asam lambung, yang sangat diperlukan membantu pencernaan. Tanpa asam lambung, makanan yang dimakan tidak dapat tercerna dengan baik. Sehingga zat-zat gizi tidak dapat diserap secara optimal oleh tubuh.

Jadi asam lambung dalam jumlah seimbang memang diperlukan tubuh, tetapi jika berlebihan akan menimbulkan penyakit. Produksi asam lambung biasanya meningkat pada saat tubuh memerlukannya, yaitu ketika sedang makan. Sebaliknya pada saat tidak memerlukannya produksi asam lambung akan menurun kembali.

Tubuh adalah suatu sistem yang sangat canggih.. Tubuh dapat merekam kebiasaan-kebiasaan buruk dan membentuk suatu pola tertentu yang disebut bioritme. Tubuh akan mempersiapkan diri sesuai dengan bioritme. Tubuh dapat mengingat kapan waktunya kita biasa makan dan bahkan berapa banyak. Pada saat itulah lambung mempersiapkan diri dengan memproduksi asam lambung yang kurang lebih sesuai jumlahnya, agar ketika makanan masuk, lambung dapat mencerna makanan dengan baik.

Jika pola makan tidak teratur, tubuh menjadi "bingung", kapan saat yang tepat memproduksi asam lambung dan berapa banyak yang harus diproduksi. Akibatnya produksi asam lambung tidak seimbang, dan timbullah sakit mag.

Stres dan juga makan tidak teratur dapat dapat memproduksi zat asam dalam jumlah yang berlebihan dan tidak seimbang. Oleh karena itu, coba diusahkan agar dapat makan dengan teratur dan untuk menghilangkan gejala-gejala sakit mag harus menghindari makanan yang pedas dan asam. Sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Demikian pula obat-obat tertentu, misalnya obat pusing, demam dan sakit gigi, ada yang dapat memperparah sakit mag juga harus dihindari.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Stres Bisa Menyebabkan Maag
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Stres Bisa Menyebabkan Maag Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis