Pemprov Kucurkan Dana Bergulir

Selasa (3/6), Pemerintah Provinsi Kepri memberikan dana bergulir bagi Usaha Kecil dan Menegah sebesar Rp1,595 miliar untuk 25 koperasi, 31 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) se Provinsi Kepri. Dana yang diberikan berdasar dari APBD Kepri 2008 dan cicilan pengembalian bantuan bergulir 2007.

''Awal Kepri terbentuk UMKM telah banyak berdiri dan lebih terpusat dan terkonsentrasi di Kota Batam. Diharapkan dengan bantuan mengunakan sistim bergulir ini bisa mengembangkan UMKM dan usaha-usaha di bidang lainnya agar tumbuh dan berkembang,'' ujar Ismeth Abdullah, Gubernur Kepri.

Ia melanjutkan, pemprov Kepri terus mendorong dan mendukung kalangan koperasi dan UMKM untuk terus berkembang dan maju, sehingga perekonomian semakin kuat.

Pemberian bantuan pada koperasi dan UMKM se Kepri tiap tahun akan diupayakan peningkatan. Hal ini, sebagai komitment Pemprov Kepri dalam mengembangkan dan memajukan, serta penguatan perekonomian. Sebab itu, Ismeth pun berjanji bantuan bagi koperasi dan UMKM ini akan terus ditingkatkan baik dari besar bantuan mahupun penerima bantuan dana bergulir tersebut.

''Gunakan bantuan ini sebagai semangat memajukan ekonomi masyarakat. Kita akan tingkatkan dari tahun ketahun dan jangan sampai pengembalian macet,'' urai Ismeth. Usaha-usaha lain yang dapat menjadi ladang bagi pengembangan koperasi dan UMKM di Kepri diantaranya dibidang agrobisnis, seperi pertanian sayur-mayur yang punya prospek bagus dan berpeluang eksport. Selain itu, dibidang lain yang juga sangat berpeluang adalah perikanan dan peternakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kepri H Ridwan Hamta menuturkan, program bantuan bergulir ini merupakan pinjaman lunak dengan jangka waktu pengembalian tiga tahun dengan bunga 5,5 persen pertahun.

''Penyaluran dan pembayaran cicilan dilakukan melalui Bank Bukopin. Bunga yang dibebankan 5,5 persen dan sebesar 1 persen diperuntukan bagi asuransi jiwa penerima dana bergulir,'' ungkap Ridwan.

Penyerahan bantuan dana penguatan usaha dan permodalan itu diserahkan langsung Gubernur Kepri H Ismeth Abdullah, bersama Ketua DPD-RI Kepri Hj Aida Zulaikha Ismeth, Wakil Gubernur Kepri H Muhammad Sani, unsur Muspidaprov, Wawako Tanjungpinang H Edward Musalli, Direktur Bank Bukopin Tanjungpinang Bharata, Dirut BI Batam, Dinas Koperasi dan UKM se kabupaten dan kota bertempat di aula Tun Teja Kantor Gubernur Kepri.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Pemprov Kucurkan Dana Bergulir
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Pemprov Kucurkan Dana Bergulir Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis