UIB, Mengembangkan Intelegensi Siswa


Tentunya bagi pelajar siswa kelas tiga, pasti lagi bingung menentukan ingin kuliah dimana. Tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. Setelah lulus dari SMA/SMK. Di Batam juga memiliki kampus yang berakreditas A dan B. Salah satu pilihan warga Batam yaitu, Universitas Internasional Batam (UIB) yang berlokasi di Sei Ladi berdiri tahun 2000. Dengan mengemban visi menjadi univesitas standar internasional, dengan lulusan yang siap bersaing secara global. Dan menyediakan jurusan yang dibutuhkan pekerjaan dunia.

''Di UIB tersedia tujuh jurusan, dan program studi yang ada di UIB yang benar-benar dibutuhkan pekerja di dunia,'' papar Iman Purwoto ST, Head of Public Relation Departemen UIB. Jurusan yang ada di UIB antara lain, Fakultas Komputer (S1 Sistem Informasi), Ekonomi (S1 Manajemen, S1-Akuntansi, D3 Manajemen Perhotelan), Teknik Sipil dan Perencanaan (S1 Teknik Sipil), Teknologi Industri (S1 Teknik Elektro), dan Hukum (S1 Ilmu Hukum).

Menurut Iman, Fakultas Ekonomi karena di Batam sebagai pusat pertumbuhan ekonomi nasional. Jurusan, Akuntansi hampir di semua bidang membutuhkan, dan jurusan perhotelan, selain Batam sebagai kota industri juga kota pariwisata. Sehingga banyak dibutuhkan.

Jurusan Elektronik di UIB dilatar belakangi, Batam sebagai kawasan Industri tentunya akan membutuhkan tenaga yang profesional dibidang elektro. Sehingga jurusan Elektronik mengembang program studi Elektronik Industri dan Mekatronika. Untuk membuktikan bahwa kampus UIB tidak kalah dengan kampus-kampus ternama di daerah lain. UIB ikut serta dalam lomba membuat robot cerdas secara nasional.

''Tahun ini, kami mengikuti lomba robot cerdas berskala nasional dan mendapatkan peringkat ke tujuh,'' tuturnya.
Ia melanjutkan, hasil yang diperoleh UIB memang belum maksimal, tetapi sudah cukup sebagai tolak ukur dan tahun depan harus ada target dan memperbaiki peringkat.

Selain itu lulusan dari UIB merupakan lulusan yang sudah siap terjun ke dunia kerja. Bagi warga Batam juga sudah bisa berbangga hati memiliki kampus UIB sebagai kampus terbaik di Batam. Karena salah satu lulusan UIB, jurusan Akutansi pernah mendapat peringkat pertama, untuk mendapatkan sertifikasi Akuntansi Public yang bersaing secara nasional dengan lulusan dari Universitas ternama di Jakarta, Surbaya dan Jogkajarta.

''Sistem pengajaran salah satu program unggulan UIB, penguasaan bahasa inggris sangat utama dan penguasaannya harus dalam tingkat advance dengan score 700 untuk TOEIC (Test of Oenglish for International Comunication) dan score 600 untuk TOEFL (Test of English as Foreign Language),'' terangnya.

Sehingga lulusan UIB mampu bersaing dalam dunia kerja secara internasional. Karena sudah menguasai bahasa inggris aktif dan juga kemampuan dalam berorganisasi dan bekerja dalam team. Sebab, sistem pengajarannya tidak hanya sebatas teori yang ada di buku, tetapi juga lebih mengembangkan kemampuan individu mahasiswa.
Tidak hanya bahasa inggris yang menjadi pioritas UIB, tetapi juga kemampuan mahasiswa dibidang computer.
Dan semua bidang studi yang ada di UIB diwajibkan ikut serta menguasai compuer. Karena hampir disemua bidang pekerjaan berhubungan dengan computer.

Bagi mahasiswa UIB yang kemampuan bahasa inggrinya kurang, disediakan aktivitas mahasiswa untuk menunjang agar bahasa inggrisnya sesuai dengan standar UIB. Dan setiap tahun diadakan test bahasa inggris dan nilainya harus meningkat dari tahun sebelumnya.

Soal test, UIB bekerjasama dengan TOIEC dan TOEFL. Sehingga nilai yang dihasilkan mahasiswa benar-benar murni,kemampuan mahasiswa itu sendiri. Karena sistem ujiannya IbT (Internet base Test), yang langsung diberikan dari United State of America secara online.

Sedangkan proses pembelajaran di UIB, Iman menuturkan, dalam proses pembelajaran, dasar kurikulum UIB bebasis kompetensi dan dibagi menjadi dua, yaitu hard skill dan soft skill.
''Hard skill berkaitan dengan bidang ilmu, misalnya jurusan akuntansi harus menguasai seluruh mata pelajaran akuntansi,'' tuturnya.

Ia melanjutkan, sedangkan Soft skill berkaitan dengan kemampuan siswa dalam bekerja secara tim, mengeluarkan pendapat dan berbagai keahlian yang berhubungan dengan jurusan.
Dari segi pengajar, UIB memilih dosen dari lulusan universitas ternama yang disaring melalui test antar kampus, agar mendapat pengajar yang terbaik untuk mendidik mahasisiwa-mahasiwi UIB, untuk menjadikan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja.

Selain itu di UIB ada dua pilihan kelas, yakni kelas reguler dan kelas internasional. Dimana kelas reguler menggunakan bahasa pengantar indonesia dan kelas internasional menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : UIB, Mengembangkan Intelegensi Siswa
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: UIB, Mengembangkan Intelegensi Siswa Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis